icon
icon
article hero

10 Hidden Gem di Indonesia yang Wajib Kamu Jelajahi Tahun 2021

AvatarName

Sastri  •  Dec 24, 2020

icon

Kondisi yang tertera di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Bukan rahasia lagi, Indonesia rasanya tak akan habis untuk dijelajahi. Dari Sabang sampai Merauke, selalu ada tempat baru untuk dieksplorasi. Dengan terus mengunjungi tempat-tempat baru, kamu akan lebih mengenal Nusantara dari berbagai sisi. Kamu akan menemukan fakta bahwa logat daerah bisa berbeda antara satu desa dengan desa lain. Bahwa soto adalah makanan yang sangat banyak ragamnya, tersebar di seluruh penjuru negeri. Bahwa tiap suku di Indonesia punya garis keturunan dari berbagai bangsa di dunia, yang kemudian menetap dan menghasilkan identitas sendiri. Kamu akan paham bahwa kekayaan alam Indonesia adalah hal yang tidak boleh dieksploitasi. Satwa endemik harus dilindungi. Kecintaanmu terhadap negeri akan bertambah berkali-kali lipat seiring kamu mengunjungi tempat baru! :) Untuk tahun 2021, kami merangkum 10 hidden gem di Indonesia untuk masuk dalam bucket list kamu. Ini daftarnya!
1. Banyuwangi
 
Menyandang julukan “Sunrise of Java”, Banyuwangi adalah kabupaten di ujung timur Pulau Jawa yang kerap terlewat oleh wisatawan. Padahal, dengan 1 jam naik kapal feri dari Bali (atau road trip dari kota asal!) kamu bisa menjelajahi wilayah yang serba ada ini. Serba ada bisa dijabarkan sebagai: penuh wisata alam, kuliner, sejarah, budaya, serta belanja. Kekayaan alam Banyuwangi tak ada duanya, dari Gunung Ijen sampaiPantai Pulau Merah yang jadi lokasi kompetisi selancar kelas dunia.
2. Mandeh
Untuk destinasi satu ini, wisatawan kerap menyebutnya sebagai “Raja Ampat-nya Sumbar”. Terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Mandeh menyuguhkan wisata bahari yang aduhai indahnya. Letaknya tak jauh dari Kota Padang, hanya sekitar 2 jam perjalanan. Kamu bisa menikmati indahnya alam, snorkeling, diving, sambil memuaskan hasrat wisata gastronomi di Sumatera Barat. Tambo ciek!
3. Pulau Banyak
Pulau Banyak terletak di Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Menuju ke sini memang butuh perjuangan (sekitar 10-15 jam perjalanan laut) namun kami yakin, perjuangan itu akan terbayar lunas! Island hopping adalah aktivitas wajib di sini. Kamu bisa menikmati keindahan Pulau Palambak, Pulau Panjang, Pulau Rangit, dan beberapa pulau mungil lainnya yang tak berpenghuni. Perairan di Pulau Banyak luar biasa jernih dengan biota laut yang sangat terjaga.
4. Borobudur
Mungkin banyak dari kamu yang sudah pernah mengunjungi Borobudur, namun apakah kamu pernah menjelajah kawasan di sekitarnya? :) Borobudur dikelilingi oleh lanskap alam yang aduhai indahnya, dengan Perbukitan Menoreh yang berderet apik jika dilihat dari kejauhan. Sejarah dan budaya yang kental juga bisa kamu rasakan di sini. Salah satu cara terbaik menjelajah kawasan Borobudur adalah dengan tur naik VW Safari.
5. TN Meru Betiri
 Taman Nasional Meru Betiri terletak di Kabupaten Banyuwangi. Kawasan ini memiliki luas sekitar 58.000hektar dan dicanangkan sebagai Taman Nasional pada 2016. Salah satu spot paling terkenal di sini adalah Teluk Hijau yang tersembunyi, dengan keindahan alam bahari yang tiada dua! Banyak turis asing yang jauh-jauh menyambangi TN Meru Betiri untuk melihat langsung penyu bertelur di Pantai Sukamade. Ini adalah salah satu tempat konservasi penyu yang masih alami dan jauh dari komersialisme pariwisata.
6. Gunung Kerinci
Eits, jangan sedih dulu, kamu tidak perlu mendaki Gunung Kerinci hingga puncaknya untuk bisa menikmati kawasan ini. Gunung Kerinci yang memiliki tinggi 3.805 mdpl merupakan gunung tertinggi di Sumatera, dan menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat. Di kaki Gunung Kerinci, kamu bisa menikmati Perkebunan Teh Kayu Aro yang merupakan kebun teh tertua di Indonesia! Kamu juga bisa mendaki Gunung Kerinci (tenang, tidak perlu sampai puncak!) untuk menikmati keindahan Danau Kaco dengan air sebening agar-agar warna biru.
7. Pulau Rhun
Pulau mungil nan cantik yang terletak di Maluku ini menjadi saksi sejarah penjajahan Belanda. Kamu bisa menemukan istana mini yang dulu merupakan tempat tinggal Joen Pieterzoen Coen, Gubernur Jenderal Hindia Belanda pertama di Indonesia. Di sini juga kamu bisa menemukan rumah peninggalan Sutan Syahrir, Dr Cipto Mangunkusumo, serta Bung Hatta. Lengkapi kunjunganmu dengan menikmati suasana khas pulau tropis di timur Indonesia, dengan warga lokalnya yang sangatramah!
8. Kepulauan Natuna
Natuna yang masuk dalam kawasan administratif Provinsi Kepulauan Riau benar-benar merupakan hidden gem yang masih sepi wisatawan. Pulau-pulau di Natuna masih sangat alami, dengan penduduk yang sangat ramah, dan makanan laut yang luar biasa segar. Kamu bisa island hopping dan mengunjungi beberapa destinasi wsata seperti Pantai Cemaga, Tanjung Senubing, Taman Batu Alif, Pulau Senua, dan Wisata Mangrove Semitan. Sama seperti Pulau Banyak, lamanya perjalanan lautmu akan terbayar lunas begitu sampai di Natuna!
9. Bukittinggi
Kota yang identik dengan Jam Gadang ini memang cukup dikenal oleh turis, namun belum banyak wisatawan domestik yang mengeksplorasinya dengan baik. Bukittinggi adalah kota mungil dengan beragam suguhan wisata: alam, kuliner, budaya, serta belanja. Kamu bisa menikmati Nasi Kapau, yang memiliki menu berbeda dengan Nasi Padang pada umumnya. Jelajahilah Ngarai Sianok, Goa Jepang dan Goa Belanda, serta Danau Maninjau yang berlokasi tidak jauh dari pusat kota. Benar-benar kota semua ada!
10. Labengki
Labengki yang terletak di Sulawesi Tenggara disebut-sebut sebagai “Raja Ampat-nya Sulawesi”. Tak heran, kawasan perairan ini memang menyuguhkan tempat wisata alam yang seperti tak ada habisnya. Mulai dari Gua Allo, Pantai Lasolo, Pantai Pasir Panjang, Puncak Khayangan, sampai Blue Lagoon yang berwarna biru toska siap menyambut kedatanganmu tahun depan!