icon
icon
article hero

7 Hal yang Akan Membuat Kamu Bermimpi Sedang Travelling di Australia Saat Ini

AvatarName

Tiara  •  Nov 20, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Artikel ini adalah terjemahan. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulis oleh Cheng Sim di halaman ini. Ada banyak alasan untuk jatuh cinta pada Australia. Dengan kota-kota yang ramai, pemandangan alam yang indah, serta penduduk lokal yang ramah, tidak heran jika Australia menjadi salah satu destinasi ramah Muslim favorit di dunia. Meski saat ini kita belum bisa ke sana, tetap terbayang keseruan yang bisa kita lakukan di Australia. Sambil mencari inspirasi, mari ingat kembali beberapa pengalaman menarik yang ditawarkan oleh Australia.
1. Road trip dengan pemandangan spektakuler Great Ocean Road
Kredit: Great Ocean Road Marketing Bayangkan serunya road trip di Great Ocean Road, salah satu jalur terindah di dunia, sambil ditemani pemandangan seperti ini. Hanya 90 menit berkendara dari Melbourne, kamu akan tiba di Great Ocean Road. Jalur ini membentang di pesisir barat daya Victoria, menyuguhkan pemandangan lautan biru yang berpadu dengan hijaunya pepohonan sepanjang perjalanan.
Kredit: Tourism Australia Ada sejumlah titik populer yang bisa kamu kunjungi di sepanjang Great Ocean Road. Mulai dari pesona Twelve Apostles yang megah sampai ombak yang berdebur di Loch Ard Gorge, setiap titik menyajikan pemandangan tersendiri yang bisa kamu nikmati sambil bercengkrama dengan penduduk lokal. Jangan khawatir kalaukamu belum pernahroad trip, karena menyewa mobil di Australia cukup mudah. Ada sejumlah penyewaan mobil yang tersedia, seperti Avis, Europcar, Budget, Thrifty, dan Hertz. Tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan bujet kamu. Inilah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menyewa mobil di Australia. Jangan lupa untuk mengecek kembali setiap poin kesepakatan yang tertera sebelum menyewa mobil.
  • Kamu harus memiliki SIM internasional berbahasa Inggris. Kalau tidak ada, kamu harus menyediakan SIM yang telah diterjemahkan.
  • Usia minimal untuk menyewa mobil bisa berbeda-beda tergantung perusahaan sewa. Kalau kamu berusia di bawah 25 tahun, ada biaya tambahan yang harus dibayarkan.
  • Setir mobil di Australia ada di sebelah kiri. Supir dan seluruh penumpangnya wajib mengenakan sabuk pengaman. 
  • Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa membaca panduan ramah Muslim HHWT untuk menjelajahi Great Ocean Road Melbourne!
Makanan halal terdekat RAWR Bar Status halal: Menyediakan pilihan vegan and vegetarian Jam operasional: Kamis sampai Senin pukul 9.00-14.00 (Selasa dan Rabu tutup) Alamat: 4/57-63 Great Ocean Rd, Apollo Bay VIC 3233, Australia Website | Facebook | Instagram
2. Mengagumi indahnya terumbu karang di Great Barrier Reef
Kredit: Nomad Sport Fishing Australia Great Barrier Reef adalah surga bawah laut Australia. Kabar baiknya, lokasi ini bisa dijangkau hanya dengan naik ferry dari Cairns.Saking besarnya, koleksi terumbu karang terbesar di dunia ini bahkan bisa dilihat dari luar angkasa! Fakta unik: Tahukah kamu, Great Barrier Reef adalah kampung halaman Marlin dan Nemo dalam film Finding Nemo!
Kredit: Tourism Whitsundays Great Barrier Reef telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1981 dan menjadi salah satu tempat paling indah di Australia. Kamu pun bisa menikmati pengalaman snorkeling unik di Great Barrier Reef bersama Dreamtime Dive & Snorkel. Bersama pemandunya yang merupakan orang Aborigin asli, kamu bisa belajar lebih mendalam tentang gugusan terumbu karang ini. Ini juga merupakan satu-satunya program di Great Barrier Reef yang mengajak kamu mencoba alat-alat tradisional Aborigin dan menikmati pertunjukan tari dan alat musik didgeridoo. Lebih baik lagi, program ini sudah termasuk makan siang buffet dengan pilihan makanan vegetarian.
Kredit: Tourism Australia Lanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Museum of Underwater Art yang dibangun khusus untuk pelestarian dan restorasi terumbu karang. Lokasinya berada di pesisir Townsville dan merupakan satu-satunya museum seni bawah air di belahan Bumi selatan. Kamu akan tercengang ketika melihat semua instalasi seni dan patung yang ada di dalam Great Barrier Reef Marine Park ini. Sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan!
3. Makan seafood paling segar dan enak di Australia
Dengan kekayaan lautnya, Australia dianugerahi dengan aneka jenisseafood yang berlimpah. Kalau kamu punya lidah petualang, ada beberapa restoran seafood ramah Muslim yang bisa kamu coba.
Kredit: Tourism Australia Mulailah dengan makan tiram segar di Aptus Seafood, South Melbourne Market. Pasar seafood segar yang berjarak sekitar 10 menit berkendara dari pusat kota Melbourne ini dikenal menyajikan udang, udang karang, hingga tiram sejak 1969. Kalau kamu mampir ke sini, jangan lupa coba tiram Kangaroo Island atau Sydney Rock. Status halal: Menyediakan pilihan seafood Jam operasional: Rabu jam 8.00-16.00, Jumat jam 8.00-17.00, Sabtu dan Minggu jam 8.00-16.00 (hari Senin, Selasa, dan Kamis tutup) Alamat: 322-326 Coventry St, South Melbourne VIC 3205, Australia Website | Facebook
Gerai seafood lain yang juga harus kamu coba adalah Kailis Fish Market Cafe yang ada di Fremantle Market. Jaraknya sekitar 30 menit dari pusat kota Perth dan terkenal akan fish and chip-nya yang renyah serta seafood platter yang nikmat. Makanan di sini semakin enak jika dimakan sambil menikmati pemandangan dermaga. Status halal: Menyediakan seafood yang dimasak terpisah dari bahan-bahan non halal Jam operasional: Setiap hari jam 11.00-20.00 Alamat: 46 Mews Rd, Fremantle WA 6160, Australia Website | Facebook
4. Memotret satwa liar Australia yang menggemaskan
Satu hal yang membuat satwa liar di Australia istimewa adalah merekatidak bisa ditemukan di wilayah lain di dunia. Kalau kamu ingin berinteraksi atau melihat lebih dekat satwa-satwa ini, ada beberapa pilihan yang bisa kamu masukkan ke dalamwishlist. Selfie bareng quokka di Rottnest Island
Mulailah petualangan ini di Rottnest Island yang merupakan rumah dari hewan paling bahagia di dunia, yaitu quokka! Untuk menuju ke sana, kamu bisa naik Rottnest Ferry dari Fremantle atau ferry dari Elizabeth Quay di kawasan bisnis Perth.  Hewan nokturnal ini biasanya tidur seharian. Jadi, kalau kamu melihat ada yang sedang bangun, langsung saja ajak berfoto! Jangan takut, mereka jinak kok. Di pulau ini, quokka jauh lebih populer daripada Chris Hemsworth ataupun Hugh Jackman yang pernah berfoto bersama mereka. Makanan halal terdekat The Lane Cafe Status halal: Menyediakan menu vegetarian Jam operasional: Setiap hari jam 7.00-16.30 Alamat: Maley St, Rottnest Island WA 6161, Australia Facebook Melihat parade penguin di Phillip Island
Kredit: Phillip Island Nature Park Seiring terbenamnya matahari, sekelompok penguin berbondong-bondong pulang ke pantai Phillip Island. Hanya dengan 90 menit berkendara dari Melbourne, kamu sudah bisa tiba di tempat favorit turis dan penduduk lokal ini. Penguin-penguin ini seharian mencari ikan di laut. Ketika senja datang, para penguin lucu ini kembali ke daratanuntuk bersembunyi dari predator. Supaya dapat tempat duduk terbaik, sebaiknya kamu datang satu jam sebelum para penguin tiba. Mereka juga cukup sensitif, jadi kamu tidak boleh memotret atau merekam video. Untuk melihat para penguin lebih dekat, kamu bisa melihatnya dari area Underground Viewing. Makanan halal terdekat Woolamai Kebab Status: Halal Jam operasional: Rabu dan Kamis jam 16.00-19.30, Jumat jam 16.00-20.00, Sabtu jam 12.00-20.00, Minggu jam 12.00-19.30 (Senin dan Selasa tutup) Alamat: Shop 6, 18/13 Vista Pl, Cape Woolamai Website | Facebook Mengunjungi satwa liar khas Australia di Kangaroo Island
Kredit: Tourism Australia Kangaroo Island adalah tempat terbaik untuk bertemu dengan semua satwa khas Australia. Ada sekitar 150 jenis satwa khas Australia yang tinggal di sini, termasuk koala dan wombat. Untuk menuju ke pulau ini, kamu cukup naik ferry Kangaroo Island Sealink dari Cape Jervis. Cape Jervis sendiri bisa dicapai dengan 90 menit berkendara dari Adelaide atau naik layanan shuttle dari Adelaide ke Cape Jervis dengan harga AUD 16 (sekitar Rp 164.000) untuk anak-anak dan AUD 29 (sekitar Rp 297.000) untuk orang dewasa (sekali jalan). Inilah surga bagi para pecinta binatang! Di Kangaroo Island Wildlife Park, kamu bisa memberi makan penguin, menggendong wombat, dan bertemu dengan koala! Hanya ada tiga wilayahdi Australia yang memperbolehkan pengunjung berinteraksi dengan koala, yaitu Queensland, Australia Selatan, dan Australia Barat. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini! Selain itu, kamu pun bisa ke Stokes Bay untuk melihat kanguru Western Grey yang tersebar di beberapa wilayah suaka alam seperti Hanson Bay dan Paul’s Place. Para kanguru ini bebas berkeliaran di tengah alam yang indah. Karena itu, Kangaroo Island juga sering disebut sebagai kebun binatang Australia, namun tanpa pagar. #HHWT Tip: Kalau kamu pergi ke Adelaide, kamu bisa berkunjung ke Adelaide Central Mosque yang merupakan masjid permanen pertama dan tertua di Australia.
5. Menjelajahi keajaiban alam Australia
Tidak sulit menemukan pemandangan seindah kartu pos di Australia karena alamnya memang benar-benar Indah. Selain keajaiban alam seperti Great Barrier Reef dan Great Ocean Road, ada beberapa tempat tersembunyi yang patut dijelajahi.
Kredit: Tourism Australia Kalau kamu suka naik gunung, langsung saja datang ke Blue Mountain National Park dan susuri jalur pendakian Three Sister (cocok untuk pemula!). Lokasinya bisa dicapai dengan 90 menit berkendara dari Sydney. Jalur pendakiannya membentang sejauh 800 meter (pulang pergi) dan kamu bisa tiba di lokasi formasi batu yang terkenal itu dalam 25-45 menit saja. Three Sister bukan sekadar keajaiban alam, namun juga bagian penting dari budaya orang Aborigin. Menurut legenda setempat,ketiga batu ini melambangkan 3 saudara yang berubah menjadi batu.
Kredit: Tourism Australia Untuk pengalaman musim gugur yang berkesan, kamu bisa jalan-jalan di Adelaide Hills yang berjarak sekitar 20 menit dari pusat Kota Adelaide. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah akhir Maret sampai bulan Mei, di mana dedaunannya berubah menjadi kemerahan. Jangan ragu untuk bertegur sapa dengan para penduduk lokal yang juga tengah menikmati pemandangan ini.
Kredit: Tourism Australia Orang Australia juga suka berselancar di Surfers Paradise Gold Coast yang termahsyur di dunia. Suasana di sini begitu santai dengan penduduk lokal yang tengah menikmati suasana. Jangan takut kamu tidak cocok dengan para surfer, cukup nikmati cerahnya matahari selayaknya orang Australia.
6. Menikmati serunya Great Walks of Australia
Kredit: World Expeditions/Great Walks of Australia Dengan hutan yang rimbun, pesisir pantai yang indah, serta pantai di halamannya, ada begitu banyak alasan untuk menjelajahi alam Australia. Suatu hal yang ingin sekali kita lakukan bukan? Kalau kamu sudah berpengalaman dalam mendaki, kamu pasti akan suka Great Walks of Australia yang memakan waktu sekitar 3-6 hari. Ada beberapa rute Great Walks yang harus kamu coba, seperti Seven Peaks Walk di New South Wales, Arkaba Walk di Australia Selatan, Cape to Cape Walk di Australia Barat, atau Freycinet Experience Walk diTasmania. Kalau kamu berencana mengatur sendiri Great Walks ini, simak duludaftar Great Walks of Australia sebelum memasukkannya ke wishlist kamu.
Kredit: Tourism Australia Kalau kamu senang jalan-jalan sambil mendengarkan cerita, ada banyak pilihan tur dengan pemandu di Australia. Kamu akan diajak menyusuri padang rumput, pantai, dan berbagai lokasi lainnya. Dengarlah cerita di balik Twelve Apostle Lodge Walk yang ada di dekat Melbourne, Kangaroo Island Wilderness Trail di Adelaide, ataupun Spicers Scenic Rim Trail di Brisbane. Tidak ada orang yang bisa berkisah tentang Australia selain penduduk lokalnya sendiri.
7. Beli suvenir yang berkesan untuk orang tersayang
Mengingat kembali mal, pertokoan, dan pasar yang ramai rasanya membuat kita ingin belanja untuk oleh-oleh. Asyiknya, ada banyak pilihan suvenir yang unik dan ramah Muslim.
Kredit: @thehoneycake di Instagram Kalau kamu suka makanan manis, kamu akan suka kue madu di Fremantle Market Perth, coklat dari Margaret River Chocolate Factory Australia Barat, atau Yarra Valley Chocolate di Melbourne. Kamu juga bisa beli lip balm madu Beechworth di Royal Arcade Melbourne sebagai oleh-oleh (hemat bagasi karena kecil!). Kandungan 100% madu Australia di dalamnya mampu melembabkan bibir secara menyeluruh. Kalau kamu ingin membeli oleh-oleh yang unik (bukan magnet kulkas), ada banyak pasar akhir pekan di Australia yang menjual produk kerajinan lokal. Kamu bisa bertolakke Queen Victoria Market Melbourne, Adelaide Central Market, atau Fremantle Market dekat Perth dan sebagainya. Sambil menunggu perbatasan Australia terbuka untuk lebih banyak pengunjung internasional, tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk bermimpi dan merencanakan liburan kamu ke Australia! Tetaplah mencari inspirasi tentang Australia agar ketika saatnya tiba, kamu sudah siap snorkeling di Great Barrier Reef, selfie bersama quokka, dan menaklukkan jalur Great Walks of Australia seperti yang kamu inginkan. Kamu pun bisa mencari inspirasi lebih banyak dengan panduan liburan di Australia yang ramah Muslim! Artikel ini dipersembahkan oleh Tourism Australia.