icon
icon
article hero

7 Gunung Terindah di Indonesia untuk Didaki Tahun 2021

AvatarName

Sastri  •  Feb 08, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan Indonesia dikaruniai lanskap alam yang tak ada habisnya, dari garis pantai yang membentang hingga deretan gunung yang menjulang tinggi. Lanskap alam fantastis ini tentu sayang untuk dilewatkan, apalagi bagi kamu yang berjiwa petualang. Jika kamu suka wisata gunung, beruntung rasanya kamu tinggal di Indonesia! Negeri kita punya sederet gunung yang terkenal oleh panorama cantiknya. Beberapa gunung ini bisa jadi bucket list kamu tahun ini, mengingat kondisi pandemi yang belum juga usai. Mendaki gunung dinilai sebagai salah satu aktivitas wisata yang aman dilakukan saat pandemi, mengingat lokasi outdoor dengan sirkulasi udara yang baik. Namun, kamu tetap harus mematuhi protokol kesehatan dengan cermat mulai dari menjaga jarak, mengenakan masker jika berkomunikasi dengan orang lain, serta membawa selalu hand sanitizer. P.S. Beberapa artikel ini akan berguna untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan saat pandemi :) 5 Cara Menjadi Responsible Traveller saat Pandemi Covid-19 Ingin Tetap Travelling saat Pandemi? Pilih 5 Jenis Destinasi Ini Berikut 7 gunung terindah di Indonesia yang bisa masuk dalam bucket list kamu tahun 2021.
1. Gunung Rinjani, NTB
Dengan ketinggian puncak 3.726 mdpl, Gunung Rinjani di Lombok memiliki lanskap alam yang tersohor keindahannya. Sebelum mencapai puncak, kamu akan melewati Danau Segara Anak yang aduhai dipandang mata,serta cantik saat diabadikan dalam kamera. Danau Segara Anak juga menjadi panorama begitu kamu tiba di puncak. Meski butuh waktu cukup lama untuk tiba di Puncak Rinjani, dijamin sepadan dengan usahamu!
2. Gunung Semeru, Jawa Timur
Popularitas Gunung Semeru semakin mencuat usai tayangnya film layar lebar berjudul “5 Cm”. Film ini memang menceritakan lima orang sahabat yang mendaki Gunung Semeru. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memiliki banyak area yang terkenal indah. Ranu Kumbolo adalah salah satunya, danau yang biasa menjadi lokasi istirahat serta kemping. Menyaksikan panorama matahari terbit adalah hal yang wajib dilakukan di sini!
3. Gunung Ijen, Jawa Timur
Jika dua gunung sebelumnya memiliki puncak yang cukup tinggi (dan butuh usaha untuk mencapainya!) lain halnya dengan Gunung Ijen. Gunung yang berlokasi di Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso ini bisa didaki dalam waktu 1-2 jam saja. Kamu bahkan bisa naik “taksi” yang ditarik oleh warga lokal untuk tiba di puncaknya. Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Ijen adalah pukul 01.00 atau 02.00 Wita, untuk melihat fenomena Blue Fire yang unik dan langka. Selain itu, panorama matahari terbit dari atas Gunung Ijen tak ada duanya!
4. Gunung Kelimutu, NTT
Mirip seperti Ijen, Gunung Kelimutu bisa didaki dalam waktu 1-2 jam. Bahkan, Kelimutu memiliki jalur dan tangga untuk kita naik sampai puncaknya! Meski mudah dicapai, panorama dari puncak Gunung Kelimututidak ada duanya. Tiga buah kawah yang berbeda warna menghiasi pandangan, dengan semburat matahari yang perlahan muncul dari ufuk timur. Sungguh momen magis yang tak boleh kamu lewatkan!
5. Gunung Gede, Jawa Barat
Jika ingin refreshing di gunung yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, kamu bisa menyambangi Gunung Gede. Gunung ini berada pada kawasan Taman Nasional Gede Pangrango yang mencakup tiga wilayah yaitu Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Di Gunung Gede, ada beberapa area yang menjadi favorit pra pendaki. Antara lain Alun-alun Suryakencana, Telaga Biru, Kandang Badak, dan Air Terjun Cibereum
6. Gunung Bromo, Jawa Timur
Gunung Bromo berlokasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang didiami oleh Suku Tengger dengan kearifan dan tradisi lokalnya. Gunung Bromo memiliki lanskap yang sangat cantik dengan hamparan pasir yang dramatis. Selain mendaki Gunung Bromo dan melihat kawah besarnya, kamu juga bisa menyewa mobil Jeep, motorcross atau naik kuda untuk pengalaman tak terlupakan berkeliling padang pasir.
7. Gunung Prau, Jawa Tengah
Gunung Prau yang berada di kawasan Dieng, Jawa Tengah, memiliki ketinggian puncak 2.565 mdpl. Tak butuh waktu lama untuk trekking hingga puncak Gunung Prau. Namun, panorama matahari terbit serta lanskap yang cantik akan langsung menghipnotismu begitu sampai di puncak! Dari puncak Gunung Prau, kamu juga bisa melihat panorama Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang tak kalah memesona.
Have Halal, Will Travel telahmemulaievent virtual pertama kami di tahun ini, Hello Spring Festival! Mulai tanggal 5 - 19 Februari 2021, HHWT mengajak kamu turut serta dalam kemeriahannya. Selain itu, kamu pun berkesempatan memenangkan berbagai hadiah dari Lucky Draw dan Grand Lucky Draw! Langsung saja buka halaman ini untuk mendaftarkan diri! Kamu yang mendaftarkan diri berkesempatan untuk memenangkan hadiah Lucky Draw berupa empat voucher GrabFood senilai Rp 200.000. Dalam satu minggu, akan ada dua pemenang yang terpilih untuk mendapatkan masing-masing satu voucher.Jangan lupa untuk mengikuti terus rangkaian acara Hello Spring Festival setiap hari karena ada Grand Lucky Draw yang sudah menunggu. Ada dua voucher staycation satu malam di hotel Pullman Jakarta Thamrin dan Pullman Jakarta Central Park senilai jutaan rupiah!Selain memenangkan hadiah, kamu pun bisa mengikuti berbagai acara seru di festival ini. Salah satunya adalah live show bersama Klook, JR West, dan Singapore Tourism Board. Simak terus informasinya di website dan media sosial HHWT, jangan sampai kamu ketinggalan! Simak jadwal live show selengkapnya di halaman ini!Langsung saja daftar dan ajak keluarga serta teman-teman kamu untuk bergabung di Hello Spring Festival!