icon
icon
article hero

Melihat Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang Bersama Chef William Wongso

AvatarName

Tiara  •  May 29, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan informasi saat artikel dipublikasikan. Kemampuan memasak chef selebritis Gordon Ramsay kembali tertantang lewat ujian memasak rendang khas Padang. Untuk menguasai resep makanan paling enak di dunia ini, Ramsay berguru kepada legenda kuliner Indonesia, William Wongso. Tak hanya itu, Ramsay juga langsung melakukannya di kampung halaman rendang di Padang, Sumatera Barat. Itulah sekelumit kisah yang akan ditayangkan pada seri Uncharted dari National Geographic nanti. Benar, kunjungan Gordon Ramsay ke Padang pada Januari 2020 lalu adalah bagian dari proses pengambilan gambar untuk episode seri tersebut. P.S Beberapa destinasi wisata di Indonesia akan segera dibuka kembali, termasuk Bukittinggi dan Padang Panjang!
Kredit: National Georaphic
Belajar dari William Wongso
Selama 3 hari kunjungannya di Padang, Ramsay bertemu dengan William Wongso untuk belajar tentang masakan Indonesia, khususnya rendang. Dalam wawancaranya bersama Kumparan,  William Wongso mengaku sudah dikontak oleh tim Uncharted sejak September tahun lalu. Usai berdiskusi, akhirnya Sumatera Barat dipilih menjadi lokasi untuk mengeksplorasi kebudayaan dan makanan Indonesia. "Aku bilang untuk kejutan pertama kita harus bikin sesuatu y ang kira-kira ada perpaduan budaya lokal dan mudaya makan, terus ada sedikit pariwisatanya iru yang jadi tema utamanya," ungkapnya kepada Kumparan , Selasa (26/5). Menurut William, Indonesia memiliki ratusan jenis rendang yang berbeda. Dalam proses pengambilan gambar yang lalu, ia mengajarkan Ramsay untuk memasak rendang dengan bumbu lengkap. Tidak lupa, ia pun memberikan tips untuk memasak rendang dengan alat masak yang lebih modern.  Hasilnya? Ramsay menyelesaikan tantangan dan menyajikan rendang Padang buatannya sendiri. "Ini soal mendorong batas kemampuan diri sendiri. Mungkin saya tidak bisa membuat rendang yang sempurna dalam 7 hari, tapi saya lumayan senang dengan hasilnya. Dia (William) punya pengalaman yang begitu banyak dan menjadikan saya seorang chef  yang lebih baik," ungkap Ramsay dalam sinopsis yang dimuat di National Geographic. P.S Tahukah kamu bahwa rendang dan makanan lainnya bisa awet selama berbulan-bulan jika disimpan dengan benar? Cek resepnya di sini!
Persiapan serius
Tidak main-main, Ramsay mengirim 2 orang sous chef  untuk melakukan riset tentang rendang terlebih dahulu. Bukan sekedar memasak, Ramsay juga belajar untuk menyiapkan bumbu rendang dengan cobek dan ulekan. Ia pun membeli bahan dan bumbu untuk memasak rendang di pasar Bukittinggi yang kerap dikunjungi wisatawan. Keseriusan yang sama pun ditunjukkan oleh tim produksi Uncharted. Tim berisi 20 personil ini berhasil menyelesaikan proses pengambilan gambar di bawah waktu yang ditentukan. Menurut William, proses shooting terasa begitu alami dan lancar. Usai produksi selesai, tim Uncharted pun langsung melanjutkan perjalanan ke India.
Menjelajahi sisi lain Sumatera Barat
 Tidak hanya belajar memasak rendang, Ramsay pun turut menjelajahi kekayaan kuliner Sumatera Barat. Kali ini, Ramsay ditemani oleh penulis makanan Ade Putri Paramadita.  Dalam kunjungannya ke Padang ini, Ramsay berkesempatan mencicipi durian Padang dan kue bika. Kue bika adalah kue khas Padang yang dibuat dari kelapa, dibungkus daun jati, dan dibakar di atas bara api. Sementara itu, Ramsay ternyata tidak suka durian! Setidaknya begitulah yang disampaikan oleh William Wongso dalam wawancaranya bersama Kumparan. Tak hanya menjajal kulinernya, Ramsay juga diajak untuk mengenali budaya Sumatera Barat dengan menjala ikan bersama para nelayan dan mencoba balap kerbau Pacu Jawi. P.S Kue Bika bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Begitu juga dengan 10 oleh-oleh khas daerah ini! Episode Uncharted kali ini diharapkan dapat mengharumkan dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia. Rencananya, episode ini akan ditayangkan di saluran televisi National Geographic pada tanggal 7 Juni 2020 di Amerika Serikat dan tanggal 29 Juni 2020 di Indonesia.