icon
icon
article hero

8 Hal Seru (Plus Makanan Halal!) Yang Wajib Dicoba Saat Liburan ke Gold Coast

AvatarName

Tiara Fitriyani •  May 24, 2022

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.Pemerintah Australia telah kembali membuka pintunya bagi para wisatawan, termasuk dari Indonesia, sejak 21 Februari 2022. Artinya, kamu sudah bisa melanjutkan rencana liburan yang tertunda! Kamu cukup memenuhi syarat masuk Australia yang berlaku. 
Kredit: Faris Kassim di UnsplashSalah satu destinasi wisata di Australia yang wajib kamu kunjungi adalah Gold Coast. Destinasi ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati suasana liburan yang nyaman. Udaranya bersih dan sejuk (seperti ber-AC!), alamnya indah, dan begitu banyak aktivitas menarik yang bisa kamu coba di sana.Selama dua tahun terkurung pandemi, Gold Coast terus berbenah diri dan menyiapkan berbagai atraksi baru untuk wisatawan. Lebih baik lagi, Gold Coast juga punya banyak pilihan makanan halal yang bisa kamu nikmati selama liburan!Berikut adalah sederet tempat wisata dan aktivitas menarik yang wajib masuk dalam daftar untuk liburan ke Gold Coast yang berkesan!#HHWT Tip: Simak juga pilihan destinasi wisata ramah Muslim lainnya yang juga patut masuk dalam wishlist kamu!

8 Hal Seru Yang Wajib Dicoba Saat Liburan ke Gold Coast

1. Skydiving di Surfers Paradise

Kredit: ScootUntuk kamu penggila adrenalin, saatnya mencoba serunya skydiving di pantai Surfer’s Paradise yang memukau! Kamu akan diajak naik helikopter melintasi pantai dan terjun bebas (didampingi instruktur ahli!) dengan kecepatan lebih dari 200 kilometer per jam selama kurang lebih satu menit. Setelah parasut terbuka, kamu bisa melayang-layang sambil menikmati pemandangan garis pantai yang luar biasa. 
Kredit: QueenslandAda banyak penyedia jasa skydiving di Surfer’s Paradise. Biasanya, satu helikopter hanya dapat menampung 3 pasang penumpang. Jadi, jangan ragu untuk mendiskusikan kebutuhan kamu sebelum memesan sesi, ya.

2. Melihat paus di alam terbuka

Kredit: Scoot Salah satu alasan utama untuk liburan ke Gold Coast adalah karena di sinilah kamu bisa melihat langsung paus bungkuk dari dekat! Paus raksasa ini bermigrasi dari lautan Antartika yang dingin ke tempat yang lebih hangat untuk berkembang biak. Biasanya, paus-paus ini bisa ditemukan di lautan Gold Coast sekitar bulan Mei hingga November (inilah waktu yang tepat untuk segera memesan tiket ke sana!). Jika beruntung, kamu bahkan bisa melihat gerombolan paus Orca yang menggemaskan! #HHWT Tip: Untuk menikmati pemandangan ini, kamu cukup memesan tur dari penyedia jasa wisata lokal (salah satunya Whales Paradise). Selain melihatnya, kamu pun berkesempatan untuk foto bareng paus saat mereka muncul di permukaan!

3. Currumbin Wildlife Sanctuary

Kredit: ScootAustralia memang dikenal sebagai surganya satwa, tak terkecuali Gold Coast. Selain melihat paus, kamu pun bisa bercengkarama dengan berbagai hewan endemik Australia saat liburan di sini.Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Currumbin Wildlife Sanctuary. Di sinilah kamu bisa memberi makan dan bermain bersama kangguru dan koala yang lucu. Selain itu, kamu juga bisa melihat Tasmanian Devil sungguhan (hewan ini terancam punah!). Selain itu, kamu pun bisa menikmati berbagai atraksi satwa bersama keluarga, mulai dari atraksi burung-burung yang unik hingga memangkas bulu domba. #HHWT Tip: Taman ini luas banget! Kamu bisa naik kereta mini untuk berkeliling areanya. Sopirnya pun ramah dan punya banyak cerita tentang cagar alam ini. 

4. Lamington National Park 

Kredit: ScootLamington National Park adalah salah satu taman nasional yang ada di Gold Coast. Membentang seluas lebih dari 21 ribu hektar, cagar alam ini bisa dinikmati dengan berbagai cara.Salah satu aktivitas populer di Lamington National Park adalah trekking. Di sini, kamu bisa jalan santai di walking track McPherson Range dimana kamu bisa menikmati pemandangan hutan, sungai, hingga air terjun yang indah.
Credit: Scenic Rim#HHWT Tip: Salah satu atraksi paling menarik di taman nasional ini adalah O’Reilly’s Tree Top Walk, sebuah jembaran gantung setinggi 15 meter di mana kamu bisa melihat pemandangan hutan yang mengagumkan!

5. O'Reilly's Rainforest Retreat 

Kredit: ScootCara lain untuk menikmati Gold Coast secara menyeluruh adalah dengan menginap di tengah alam terbuka. O’Reilly’s Rainforest Retreat menyediakan paket lengkap untuk liburan yang berkesan, mulai dari akomodasi nyaman di tengah rimba, aktivitas alam penuh petualangan, hingga piknik dengan makanan lezat!Ada berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, termasuk trekking, mengamati burung, hingga camping. Tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu!

6. Glamping di alam terbuka

Kredit: ScootKalau kamu masih ragu untuk mencoba menjelajahi alam terbuka, glamping bisa jadi pilihan! Salah satu lokasi glamping terbaik di Gold Coast ada di Lamington National Park, tepatnya di Nightfall Camp. Selama menginap, kamu akan ditemani gemericik aliran Christmas Creek dan udara sejuk yang menenangkan. Meski berlokasi di tengah hutan, tendanya mewah dan nyaman (bahkan ada bathtub-nya!). Usai trekking tipis-tipis atau berenang, kamu bisa kembali ke tenda yang nyaman untuk beristirahat.Bukan hanya Nightfall Camp, ada banyak pilihan lokasi glamping di Gold Coast yang tidak kalah menarik!#HHWT Tip: Kamu bisa minta staf penginapan menyiapkan makanan bekal untuk trekking, jadi bisa sekalian piknik!

7. Taman bermain seru 

Bukan hanya alamnya yang indah, wisata di kawasan urban Gold Coast pun tidak kalah menyenangkan! Taman bermain bisa menjadi pilihan utama untuk menghabiskan liburan yang menyenangkan di Gold Coast, terutama jika kamu pergi liburan bersama keluarga.
Kredit: ScootPilihan kami jatuh kepada Dreamworld yang merupakan taman bermain terbesar di Gold Coast. Akhir 2021 lalu, Dreamworld baru saja kedatangan wahana baru, yakni Steel Taipan.Bukan sembarang wahana, Steel Taipan adalah sebuah rollercoaster dengan jalur sepanjang 1,2 kilometer yang penuh kelokan dan putaran. Wahana berteknologi Jerman ini melaju dengan kecepatan hingga 105 kilometer per jam dan gaya gravitasi 3,8 G. Sudah terbayang serunya?#HHWT Tip: Lihat juga rekomendasi tempat wisata keluarga di Gold Coast yang dijamin seru!

8. Pilihan makanan halal

Jangan khawatir soal makanan selama liburan di Gold Coast. Ada banyak pilihan makanan halal yang bisa kamu nikmati. Berikut ini adalah beberapa yang menjadi favorit HHWT!
Kredit: @shirazgoldcoastKamu bisa makan di Shiraz saat mengunjungi Surfers Paradise. Menyajikan makanan khas Iran, kamu bisa menikmati Fesenjan, kebab, dan minum teh sambil ditemani Baklava. Jangan khawatir, restoran ini sudah mengantongi sertifikat halal.
Kredit: @baliinparadise17Kalau kamu kangen masakan Indonesia, kamu bisa mampir ke warung Bali In Paradise. Menyajikan aneka menu nasi dengan lauk khas Indonesia seperti ayam bakar, ayam goreng, sampai iga bakar, makanan di sini semuanya halal. Selain restoran, kamu juga bisa menemukan sejumlah toko daging halal di Gold Coast. Jadi, kamu juga bisa memasak makanan spesial dengan bahan-bahan halal selama liburan di sana!#HHWT Tip: Habis makan, enaknya belanja! Tengok dulu panduan brand yang lebih murah kalau kamu beli di Australia.
Kredit: ScootKabar baiknya, kini terbang ke Gold Coast semakin terjangkau dengan Scoot. Kamu bisa terbang ke Gold Coast dari Jakarta, Surabaya, Bali, dan Manado dengan harga spektakuler, mulai dari Rp 1.400.000Harga spesial (sudah termasuk pajak!) ini adalah penerbangan satu arah dan berlaku untuk pemesanan tiket tanggal 16-31 Mei 2022 dengan periode perjalanan mulai dari 30 November 2022. Rute ini juga terkoneksi dengan Singapura dan Kuala Lumpur.Scoot sendiri merupakan maskapai berbiaya rendah dengan penilaian bintang 5 dari Skytrax Covid-19 Airline Safety Audit. Saatnya mewujudkan liburan impian kamu ke Gold Coast yang tertunda bersama Scoot!Artikel ini dipersembahkan oleh Scoot dan Destination Gold Coast.