icon
icon
article hero

10 Gaya Foto Unik Yang Harus Kamu Coba Saat Liburan

AvatarName

Tiara  •  Feb 23, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Ili. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Oke, kamu sudah berada di lokasi yang keren dan kamera pun sudah siap memotret. Tapi, pose seperti apa ya yang bagus? Selain pose tersenyum simpul andalan, banyak juga yang bingung ketika harus berfoto. Padahal, lokasinya sudah sangat mendukung 🤔 Kredit: Giphy Inilah waktunya bagi kamu untuk bereksperimen dengan berbagai pose ketika berfoto. Meskipun kami tidak sekeren Tyra Banks (padahal mau banget), inilah beberapa pose rekomendasi kami yang bisa kamu coba ketika kamu berlibur nanti!
1. Pakai kacamata hitam
Kacamata hitam bukanlah sekedar aksesoris. Benda ini juga bisa membuat kamu langsung terlihat lebih keren! Apapun modelnya, baik itu aviator, cat-eye, atau bentuk kupu-kupu, kacamata ini bisa membuat kamu lebih percaya diri. Bawalah kacamata hitam kemanapun kamu pergi, entah itu ke bandara, bersantai di pantai, ataupun sekedar jalan-jalan di kota. Jadi kamu tinggal memakainya setiap kali ingin berfoto di lokasi keren yang kamu temui.
2. Terus bergerak
Jangan hanya diam ketika difoto, buatlah pergerakan supaya fotomu terlihat lebih hidup! Jika kamu khawatir akan jatuh atau kikuk, mulailah dari hal yang kecil. Misalnya dengan berjalan perlahan saat difoto. Meski awalnya mungkin terlihat agak kaku, lama-lama pose kamu akanterlihat semakin alami. Jika kamu sudah menguasai langkah tersebut, cobalah pose berlari kecil atau bahkan melompat. Ketika kamu telah menguasai ketiganya, foto liburanmu akan terlihat fantastis! P.S. Simak tips fotografi ini untuk membuat foto liburanmu semakin keren!
3. Foto dengan makanan yang kamu suka
Tunggu dulu! Sebelum kamu menyendok pasta atau menjilat es krim yang kamu pesan, jangan lupa untuk memotretnya terlebih dahulu. Berfoto dengan makanan yang kamu pesan bukan hanya menjadi bagian dari kisah perjalanan, namun juga jadi alasan yang tepat untuk berfoto! Angkat dessert-mu tinggi-tinggi atau berfotolah saat gigitan pertama. Cara ini juga membuat waktu makanmu lebih menyenangkan 😉 
4. Pakai beberapa properti tambahan
Coba deh, iseng-iseng lihat ke dalam tas atau kantongmu. Kamu bisa menemukan beberapa benda yang bisa kamu jadikan properti foto. Mulai dari tiket masuk wahana sampai buku favorit, properti ini bisa membuat fotomu lebih menarik. Gunakan properti yang cocok dengan liburanmu, misalnya topi lebar ketika kamu sedang berlibur di pantai Maldives. P.S. Temukan alat yang cocok dengan gaya liburanmu dengan berbagai pilihan kamera berikut ini!
Lalu, bagaimana kalau kamu tidak punya benda yang bagus untuk difoto? Gampang, lihat sekelilingmu dan temukan benda yang bisa kamu gunakan. Bukan hanya untuk mencari properti pendukung foto, kamu pun bisa mengeksplor daerah tersebut lebih dalam. Siapa tahukamu juga menemukantempat-tempat tersembunyi yang menarik di daerah itu. P.S. Penasaran dimana foto di atas diambil? Cek saja panduan berikut ini!
5. Meniru momen ikonik
Buatlah foto yang tidak terpikirkan dengan meniru adegan dari film atau video musik! Misalnya mengangkat tanganmu seperti Rocky di Philadelphia Museum Art atau menyeberang jalan seperti sampul album Abbey Road dari The Beatles. Selain membuat foto lebih istimewa bersama teman-teman, hal ini juga menyenangkan karena bisa jadi tebak-tebakan bagi yang melihatnya 😉 P.S. Mantapkan pose dan fotomu dengan berfoto di lokasi shooting film sungguhan seperti yang satu ini!
6. Memanfaatkan lingkungan di sekitarmu
Perhatikan sekelilingmu dan temukan sudut atau pemandangan alam yang bisa jadi latar belakang fotomu. Jangan takut untuk bereksperimen! Biarkan kreativitasmu mengalir dan cobalah beberapa kali dengan ide yang berbeda. Salah satu pose andalan yang sering digunakan adalah ilusi seolah menyentuh bangunan seperti Menara Pisa atau Museum Louvre. Yaa, mungkin kamu akan sedikit terlihat konyol saat berpose. Tapi hasilnya benar-benar sebanding untuk di-upload ke Instagram 🙂 P.S. Bermimpi liburan ke kota cinta? Beberapa atraksi di Paris ini akan membuatmu semakin mantap berlibur ke sana!
7. Tertawa lepas
Saatnya menyimpan senyum andalanmu dan menggantinya dengan tawa lepas saat difoto. Kalau dipikir-pikir, ketika berfoto dengan pose ini akan timbul pertanyaan: Apa yang harusditertawakan? 😮 Percaya deh, mulailah dengan tertawa palsu. Awalnya memang agak konyol sih, tapi lama-lama tawamu akan semakin alami! Jika kamu beruntung, fotografer bisa membantumu tertawa dengan bercanda agar kamu tertawa sungguhan.
8. Angkat kedua tanganmu
“Posisi tangannya gimana ya?” Sering dengar pertanyaan ini? Sama, kami juga 😆 Seringkali, kita lupa memposisikan tangan saat difoto sehingga membuatnya tampak kaku. Jadi, tips dari kami adalah dengan mengangkat lengan dan membuatnya sibuk. Mainkan rambut (atau hijabmu), buat tanda peace, atau bentuk tanda hati. Dengan begitu banyak pilihan ini, kamu bisa meninggalkan posisi tanganmu yang kaku. P.S. Buat foto semakin keren dengan aplikasi yang wajib kamu punya untuk memotret indahnya Gunung Fuji.
9. Duduk manis
Berpose untuk foto liburan yang sempurna bisa melelahkan 😅 Jika kamu sudah capek tapi belum juga mendapatkan foto yang sesuai, cobalah pose duduk! Di kursi, di tangga, atau bahkan di lantai. Pose duduk bisa membuat fotomu berbeda, atau bahkan lebih baik!
10. Menatap matahari terbenam
Meski tidak ada yang salah dengan menatap matahari terbenam secara harfiah, yang kami maksud di sini adalah berpaling dari kamera dan memandang ke kejauhan 😁 Pose ini cocok untuk si pemalu yang tetap ingin memiliki foto liburan yang menarik. Cobalah untuk melihat ke berbagai arah, atas, bawah, kiri, kanan, atau di antaranya!Pose ini membuat foto kamu semakin alami karena tidak melihat kamera. Mencoba berbagai pose untuk berfoto itu tidak menakutkan. Kamu hanya perlu berani dan berlatih. Nah, dengan ide-ide di atas, saatnya untuk memulai petualanganmu dan memotret foto liburan yang keren.