icon
icon
article hero

Enak Banget, Warga Jepang Punya Paspor Vaksin Agar Bebas Karantina

AvatarName

Tiara  •  Jul 26, 2021

icon

Apa itu paspor vaksin?

Paspor vaksin adalah adalah dokumen yang bermanfaat. Vaksin Covid-19 yang telah didapatkan oleh pemegang paspor tercatat dalam dokumen tersebut. Awal tahun lalu, paspor vaksin menjadi perbincangan hangat karena digadang-gadang bakal menjadi salah satu syarat bepergian selama pandemi. Kendati demikian, belum banyak negara yang benar-benar menerapkan sistem paspor vaksin ini.

Paspor vaksin Jepang

japan street
Pemerintah Jepang mengumumkan bahwa sudah ada lima negara yang menyetujui penggunaan paspor vaksin Jepang untuk masuk ke negaranya. Kelima negara tersebut adalah Austria, Bulgaria, Italia, Polandia, dan Turki. Para pemegang paspor vaksin Jepang dibebaskan dari karantina dan larangan masuk di negara tersebut. Hal ini diharapkan dapat merangsang kenaikan kedatangan di negara tersebut, termasuk untuk keperluan bisnis. Selain kelima negara tersebut, Korea Selatan pun menerima paspor vaksin tersebut sebagai salah satu persyaratan dokumen agar pendatang terbebas dari karantina. Begitu pula dengan Estonia.
japan street
Dilansir dari sumber ini, warga negara Jepang bisa mulai mengajukan permintaan paspor vaksin mulai hari ini, Senin (26/7). Baca juga: Ada Masjid Baru di Jepang, Dibangun Oleh Komunitas Islam Indonesia!

Cara mendaftar paspor vaksin Jepang

 Selain dokumen identitas, warga Jepang yang ingin mendapatkan paspor vaksin harus menyiapkan bukti vaksinasi dan paspor. Paspor vaksin ini akan memuat nama, tanggal lahir, nomor paspor dan jenis serta waktu vaksinasi. Informasi ini tertera dalam bahasa Jepang dan bahasa Inggris. 
shizuoka japan
Pengajuannya pun beragam. Misalnya kota Shizuoka hanya menerima pendaftaran lewat surat, sementara Tokyo juga menerima pendaftaran langsung bagi kebutuhan darurat. Paspor vaksin ini akan memiliki dokumen fisik, namun pemerintah Jepang tengah mempertimbangkan untuk menerbitkan versi digitalnya.

Paspor vaksin di negara lain

france eiffel tower
Jepang bukanlah negara pertama yang menerapkan paspor vaksin. Baru-baru ini, Perancis juga memutuskan untuk menggunakan paspor vaksin sebagai dokumen wajib untuk beraktivitas. Masyarakat yang ingin mengunjungi tempat umum seperti bioskop atau klub malam diwajibkan menunjukkan bukti vaksinasi penuh atau tes negatif Covid-19.
paspor vaksin inggris
Sementara itu, paspor vaksin pun tengah dipertimbangkan sebagai salah satu syarat untuk menonton pertandingan Premier League di Inggris. Seiring dengan rencana pembukaan kapasitas stadion hingga lebih dari 20.000 penonton, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson meminta agar para fans sepakbola ini dapat menunjukkan paspor vaksin saat datang ke stadion. Namun, hal ini masih dalam tahap pembicaraan antara pihak-pihak terkait, terlebih menyangkut apakah orang belum divaksin akan dilarang memasuki stadion. Simak juga informasi seputar Jepang dan perjalanan internasional lainnya dalam artikel berikut ini:

Ayo Vaksin! Negara Ini Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Karantina

6 Pengalaman Traveling "Once in A Lifetime" yang Wajib Kamu Coba

Potterhead Wajib Coba! Ini Rute Road Trip ala Film Harry Potter

 5 Cafe Bertema Unik di Jepang, Negara Venue Olimpiade 2021