icon
icon
article hero

Sambut Ramadhan, Ini Kumpulan Doa Pendek untuk Bulan Penuh Berkah

AvatarName

Sastri  •  Apr 12, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Bulan Suci Ramadhan sudah tiba, saatnya memperbanyak ibadah untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Umat Muslim bisa memanjatkan doa-doa sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Bergabunglah Bersama Hello Ramadan!
Diselenggarakan mulai tanggal 7 April sampai 13 Mei 2021, bergabunglah bersama Hello Ramadan 2021, sebuah acara virtual HHWT yang bertujuan untuk membawa kemeriahan dan perayaan Ramadhan serta Hari Raya ke manapun kamu berada! Bergabunglah dengan deretan acara menarik, tantangan harian, bazar virtual, dan berbagai hadiah sepanjang bulan Ramadhan. Klik tautan ini untuk mendaftarkan diri dan dapatkan kesempatan lebih besar untuk memenangkan berbagai hadiah Grand Draw! Berikut beberapa doa pendek yang cocok dipanjatkan saat bulan Ramadhan:
Doa menyambut bulan Ramadhan
اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ Allahuma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya’baana, wa baarik lanaa fii Romadhoona Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban. Serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan”.
Doa memasuki bulan Ramadhan
Saat memasuki bulan Ramadhan, Rasulullah SAW berdoa kepada Allah SWT agar disucikan dari hal-hal buruk. Doa ini diriwayatkan oleh Iman At Thabarani dan Imam Ad Dailami. اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī. Artinya: "Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) BulanRamadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan."
Doa melakukan permohonan
Bulan Suci Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk meminta atau memohon kepada Allah SWT. Hal ini diriwayatkan dalam hadis dari Imam Dawud. Disebutkan dalam hadis tersebut doa permohonan Rasulullah SAW. هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ مرتين، آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ ثَلاث مرات، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ذَهَبَ بِشَهْرِ كَذَا ، وَجَاءَ بِشَهْرِ كَذَا Hilālu rusydin wa khairin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka, (3 kali), alhamdulillāhil ladzī dzahaba bi syahri kadzā, wa jā’a bi syahri kadzā. Artinya : “Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini,” (HR Abu Dawud). P.S. Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, beberapa informasi ini juga akan membantumu: