icon
icon
article hero

5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan Jika Harus Terbang di Musim Hujan

AvatarName

Tiara  •  Jan 21, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kondisi cuaca saat ini, ditambah dengan kejadian nahas yang menimpa pesawat Sriwijaya Air baru-baru ini, tak ayal menimbulkan kekhawatiran tersendiri ketika naik pesawat. Padahal, mengutip dari Travel and Leisure, Department of Transportation (DOT) Amerika Serikat memiliki data bahwa transportasi udara merupakan yang paling aman dengan rasio kecelakaan 1:9.821. Agar naik pesawat saat pandemi (dan cuaca buruk) tetap aman, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.
Doa naik pesawat
Sebelum bepergian, hendaknya kamu memanjatkan doa. Salah satu doa naik pesawat yang biasa dibaca adalah doa bepergian yang berbunyi sebagai berikut:
"Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun. Allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho. Allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli."
Jika kamu masih merasa cemas, kamu bisa membaca dan mengulang-ulang doa berikut ini:
"Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola'id daini, wa gholabatir rijali."
Pilih maskapai yang aman
Jangan lupa untuk memilih keamanan dan keselamatandi atas segalanya. Jika memungkinkan, pilihlan penerbangan yang menerapkan social distancing di tempat duduknya. Kamu bisa memilih metodeonline check in dan mencetak boarding pass di mesin mandiri yang ada di bandara untuk mengurangi kontak dengan orang asing selama perjalanan.
Bawa perlengkapan sanitasi
Jangan lupa untuk membekali diri dengan peralatan kebersihan. Tidak perlu bawa banyak peralatan, cukup hand sanitizer, semprotan antiseptik, ataupun tisu basah. Ingat, setiap pesawat sudah melalui proses didinfeksi dan sterilisasi setiap kali akan digunakan. Jadi, cukup bawa peralatan ini untuk kebutuhan sendiri.
Ambil antrian terakhir
Antrian masuk pesawat adalah salah satu momen di mana kamu harus berdekatan dengan orang lain. Supaya lebih aman, kamu bisa mengambil antrian terakhir untuk masuk pesawat. Dengan demikian, kamu bisa menjaga jarak aman dengan penumpang lain ketika masuk pesawat. Jangan khawatir tidak kebagian bagasi kabin karena barang bawaan bisa kamu letakkan di bawah kursi.
Gunakan masker standar medis
Jangan main-main soal masker karena benda ini bisa menyelamatkan nyawa. Sebagus apapun masker dan aksesoris yang kamu miliki, lebih baik menggunakan masker medis untuk menjamin keamanan. Kamu pun bisa memakainya berlapis dengan masker kain. Perlindungan pun akan semakin baik jika kamu mengenakan face shield selama bepergian dengan pesawat. Meski kondisi saat ini sepertinya sedang tidak mendukung, kamu tetap bisa bepergian dengan aman. Dengan persiapan yang baiksecara fisik maupun mental, perjalanan pun bisa dilakukan dengan  lebih tenang. Simak juga tips traveling lainnya dalam artikel berikut ini: