icon
icon

5 Doa Kuat Yang Dibutuhkan Tiap Muslim Untuk Kesejahteraan Dan Perlindungan

AvatarName

Makna Sinatria  •  Mar 26, 2020

icon

[Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Sepertinya wabah coronavirus (COVID-19) telah berlangsung selama lebih dari 3 bulan dan beberapa minggu terakhir, kami melihat situasi semakin memburuk di seluruh dunia. Selain penutupan kota, pembatasan perjalanan dan lintas perbatasan, beberapa negara di dunia (termasuk Singapura dan Malaysia) harus menutup fasilitas umum, termasuk masjid.  Dengan adanya ketidakpastian dan kepanikan, otoritas agama juga mengeluarkan fatwa tentang ditiadakannya sholat Jum'at/sholat jamaah dan penutupan masjid. Dan fatwa-fatwa ini dibuat berdasarkan bukti tekstual agama dan hadits Nabi. Catatan: Kalian bisa melihat beberapa fatwa yang dikeluarkan otoritas keagamaan Indonesia, Singapura dan Malaysia pada situs web mereka.  Di Indonesia, MUI telah mengeluarkan fatwa Nomor 14 Tahun 2020 yang mengatur mengenai penyelenggaraan ibadah selama darurat nasional COVID-19 ini. Fatwa tersebut menyatakan bahwa seluruh Muslim yang berada pada daerah dengan penularan tinggi, diperbolehkan untuk meninggalkan sholat Jum’at atau jamaah sholat wajib lainnya di masjid, dan menyelenggarakannya di rumah masing-masing. Bahkan, fatwa ini juga menyatakan bahwa pengurusan jenazah terpapar Covid-19 terutama dalam memandikan dan mengkafani harus dilakukan sesuai dengan prosedur medis dan dilaksanakan oleh pihak berwenang (tanpa mengabaikan syariat). Fatwa ini bisa dilihat pada website MUI. Sembari berdoa dan berharap situasi ini akan membaik,kita sebagai Muslim dapat memperkuat iman dengan selalu berdoa. Tentu saja sambil mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan dan mematuhi batasan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dan yang paling penting, amat penting untuk tetap tenang dan mengingatkan diri bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak dan kebijaksanaan Allah SWT. Terlebih lagi, Allah SWT telah berjanji untuk menjawab doa kita kepadaNya:  Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu” (QS Ghafir, 40:60). Sebelum kita berdoa untuk diri sendiri, marilah berdoa juga untuk saudara kita yang sakit. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda,
“Barangsiapa menjenguk orang sakit yang ajalnya belum tiba, lalu berdoa di sampingnya sebanyak tujuh kali, yaitu ucapan yang artinya: Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan Arsy yang agung, agar memberimu kesembuhan, maka Allah akan menyembuhkan dari penyakitnya.” (HR Abu Daud)
Nabi kita tercinta juga berdoa kepada Allah SWT setiap kali beliau menghadapi kesulitan dan inilah 5 doa yang bisa kalian baca untuk kesejahteraan dan perlindungan dari penyakit. Catatan: doa dan pengingat ini kami dapatkan dari artikel Muslim SG. Cari tahu lebih banyak artikel tentang Islam di situs web mereka.
1. Doa untuk perlindungan dari segala bentuk kejahatan 
Kredit: Muslim SG Transliterasi: "Bismillahil-lazi la yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa la fis-sama’i wa huwas-sami’ulaleem" Terjemahan: “Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (HR Abu Daud). 
2. Doa untuk pengampunan dan kesejahteraan 
Kredit: Muslim SG Transliterasi: "Allahumma inni as’alukal-’afwa wal ‘afiyah fid-dunya wal-akhirah" Terjemahan: “Ya Allah, kami mohon ampunan kepada-Mu dan limpahkan kesejahteraan agama dunia dan akhirat” (HR Ibnu Majah). 
3. Doa untuk perlindungan total
Kredit Muslim SG Transliterasi: "Allahummah-fazni min baini yadaiya, wa min khalfi, wa ‘an yameeni, wa ‘an syimali wa min fauqi, wa a’uzu bi’azomatika an ughtala min tahti" Terjemahan:“Ya Allah, jagalah aku dari depan, belakang, kanan, kiri, dari atas, dan aku berlindung pada keagungan-Mu agar tidak tersambar dari bagian bawahku” (HR Ibnu Majah). 
4. Doa untuk perlindungan dari segala bentuk kejahatan yang membahayakan
Kredit Muslim SG Transliterasi: "A’uzu bikalimatillahit-tammaati min syarri ma kholak" Terjemahan: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan—ya niscaya tidak akan ada yang memudharatkannya” (HR Tirmidzi). 
5. Doa untuk perlindungan dari penyakit
Kredit Muslim SG Transliterasi:  "Allahumma inni a’uzubika minal baros, wal junuun wal juzzam, wa min sayyi’il-asqam" Terjemahan: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari penyakit lepra, gila, kusta, dan dari segala penyakit buruk lainnya” (HR Abu Dawud) Kami harap 5 doa ini bisa membantu kalian untuk tetap kuat dan selalu bertaqwa dalam situasi ini. Ada baiknya kalian membaca doa-doa inisetiap hari, terutama pada pagi dan siang hari. Kalau saat ini kalian sedang cari cara untuk mendekatkan diri pada Allah,berikut adalah 10 cara mudah untuk melakukannya. Selain doa-doa ini, tiap Muslim juga punya kewajiban untuk bertanggung jawab secara sosial dan menjaga kebersihan pribadi. Baca 13 tips kebersihan yang bisa kalian lakukan tiap hari!  Semoga Allah SWT melindungi kami dan orang-orang terkasih dari segala macam penyakit berbahaya dan mari berdoa semoga situasinya menjadi lebih baik, InsyaAllah. Sementara itu, tetap berhati-hati dan jaga diri.  Catatan: doa dan pengingat ini kami dapatkan dari artikel Muslim SG. Cari tahu lebih banyak artikel tentang Islam di situs web mereka.