icon
icon
article hero

Duduk Manis dan Menghabiskan Sore di Ling Ling Dim Sum & Tea House Jakarta

AvatarName

Tiara  •  Jun 26, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Mencari dimsum enak di Jakarta memang gampang-gampang susah. Makanan yang satu ini bukan hanya jadi favorit karena rasanya yang enak, tapi juga karena variannya yang beragam. Mengingat dim sum adalah makanan oriental, tidak heran jika beberapa variannya terbuat dari bahan non halal. Karenanya, begitu tim HHWT mendengar ada sebuah kedai dim sum cantik nan nyaman yang menyajikan dim sum halal, kami pun langsung bergerak!
Lokasi dan cara menuju Ling Ling Dim Sum & Tea House
Kedai dimsum enak di Jakarta ini berada di kawasan Cikajang yang ramai. Lokasinya berada tepat di seberang kedai es krim Honest Spoon atau Kopi Kalyan. Terselip di antara deretan kedai kopi dan restoran yang ada di sini, kamu akan dengan mudah menemukannya karena fasadnya yang khas dengan jendela tinggi dan lampu neon di bagian kiri atasnya. Areanya terbagi 2 dengan mayoritas indoor dan beberapa kursi  serta meja bulat di area outdoor.  Sejauh ini, belum ada transportasi umum yang lewat sini, tapi lokasinya tidak jauh dari Halte Transjakarta Blok M dan Stasiun MRT Blok M atau ASEAN. Dari sana, kamu bisa menjangkaunya dengan transportasi online dengan mudah.
Suasana di sana
 Area dalamnya terbilang luas dengan deretan kursi panjang di sisi kanan dan beberapa meja persegi di tengah. dindingnya dilukis dengan berbagai warna dan beberapa gambar rubah kecil yang menjadi ciri khas Ling Ling (ambil tempat duduk di sisi ini kalau kamu ingin dapat foto yang bagus!). Ruangannya cukup sejuk dan toiletnya sangat bersih, tersedia pula koneksi WiFi yang cukup stabil untuk membantu kami bekerja selama di sini. Sayangnya, tidak ada tempat untuk shalat di sini. Kamu bisa shalat di masjid terdekat yang berjarak sekitar 350 meter dari Ling Ling. 
Saat kami mampir, Ling Ling tengah menerapkan pembatasan kapasitas pengunjung menjadi hanya setengahnya. Selain itu, Ling Ling pun menyediakan hand sanitizer di pintu masuk dan mengganti buku menu dengan QR Code yang bisa diakses secara digital oleh tamu.
Makanan dan minuman
Sesuai namanya, Ling Ling menyajikan aneka dim sum, baik menu yang sudah tidak asing seperti hakau dan siomay, aneka bakpao dan cheung fan, dan beberapa menu modern yang mungkin hanya bisa ditemukan di sini seperti Lemon-Tarragon Crab Dumpling dan mantau dengan kental manis rasa earl grey. Selain dim sum, ada pula beberapa pilihan makanan utama yang tidak kalah menarik seperti Ayam Nanking, Nasi Hainam, dan beberapa jenis hidangan mi yang unik.
 Pilihan kami kali ini jatuh kepada Prawn & Beancurd Cheung Fan, Green Tea Custard Bun, Crispy Corn Salted Egg, dan Chicken & Yuzu Noodle Soup. Sejujurnya, keempat menu ini sukses membuat perut kami senang. Isian rasa teh hijau yang creamy tapi ringan berpadu dengan roti yang lembut dan tidak terlalu manis. Sementara itu, dibalik presentasi jagungnya yang terbilang unik, ternyata rasa telur asinnya pas banget! Tidak terlalu asin, ada rasa manis yang sangat samar, dan segar pedas dari potongan cabai dan daun kari.
Namun, bintang sesungguhnya dari menu yang kami pesan adalah cheung fan dan sup mi! Cheung fan ini berisi udang segar yang terasa manisnya, dibalut kulit tipis yang renyah, dan diselimuti adonan putih tipis nan lembut yang terbuat dari tepung beras. Manis, renyah, dan lembutnya bersatu dengan saus gurih, bayangkan saja seperti apa enaknya. Sup mi pun tidak kalah sedap. Kuah kaldu ayamnya agak kental, gurih, dan ada sentuhan segar dari yuzunya. Minya tipis dan kenyal (kami suka banget!), jadi tidak membuat begah. Saus pelengkap yang disediakan Ling Ling pun unik, yakni Chili Garlic Soy, Chili Oil, dan Chili Lime Sauce.
 Untuk minumannya, ada beberapa pilihan teh, minuman dingin racikan sendiri (rasanya unik!), hingga minuman boba. Pesan 2 atau 3 jenis dim sum, lalu duduk ditemani teh hangat untuk dinikmati bersama orang tersayang. Begitulah salah satu cara menikmati dim sum enak di Jakarta. Tidak terasa, matahari semakin condong ke barat dan hari pun mulai gelap. Kami pun beranjak pamit dari Ling Ling Dim Sum & Tea House dengan perut kenyang dan hati yang senang. Bisa dibilang, restoran ini bukan hanya cocok untuk bersantap, namun juga untuk berganti suasana kerja (seperti kami) atau acara spesial seperti traktiran. Satu hal yang perlu menjadi catatan adalah jumlah personil yang melayani tamu tidak terlalu banyak. Jadi, mungkin kamu perlu sedikit bersabar ketika kondisi restoran lebih ramai. Selebihnya, kami sangat menikmati pengalaman bersantap di Ling Ling Dim Sum & Tea House. 
Ling Ling Dim Sum & Tea House Status halal: Hanya menyajikan makanan dan minuman halal (sedang melakukan proses sertifikasi Halal MUI). Harga: Mulai dari Rp 20.000 Alamat: Jalan Cikajang No. 72 Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Nomor telepon: +6221 2793 9069 dan +62813 1758 5021 Instagram Simak juga inspirasi liburan lokal lainnya dalam artikel berikut ini: