icon
icon
article hero

Mengintip 5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia

AvatarName

Tiara  •  Aug 18, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah akan menggelontorkan dana sebesar Rp 14,4 triliun untuk pemulihan pariwisata di tahun 2021. Hal ini disampaikan dalam pidato Penyampaian RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2021 dan Nota Keuangan di Gedung DPR/MPR pada Jumat (14/8) lalu. Kebijakan ini diambil untuk memulihkan pariwisata dengan fokus pengembangan destinasi wisata di 5 kawasan super prioritas, yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. Beberapa nama dari 5 destinasi super prioritas ini mungkin sudah tidak asing lagi. Namun, belum semua orang pernah berkunjung ke wilayah ini. Untuk itu, tim HHWT akan mengajak kamu melihat lebih dekat 5 destinasi ini agar perencanaan liburan kamu lebih lancar.
1. Danau Toba
 Danau terbesar di Indonesia (dan danau vulkanik terbesar di dunia) ini merupakan hasil letusan gunung  berapi yang terjadi puluhan ribu tahun yang lalu. Danau Toba membentang di 7 kabupaten, yakni Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir. Di tengah danau ini ada Pulau Samosir yang juga menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat terbaik untuk melihat keindahan Danau Toba dari atas adalah lewat Desa Tongging di Kabupaten Karo (sekitar 100 kilometer dari Medan).  Selain itu, kamu pun bisa mampir ke Air Terjun Sipiso-piso yang berada di desa ini. 
2. Borobudur
Candi Buddha yang berada di Magelang ini memang menjadi destinasi wisata favorit, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Candi Buddha terbesar di dunia ini merupakan monumen peninggalan sejarah, budaya, dan agama di Indonesia. Selain mengagumi kemegahannya, kamu pun bisa mengikuti berbagai tur yang tersedia untuk memahami sejarahnya dan menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam di sana.
3. Mandalika
Nama Mandalika semakin dikenal karena menjadi lokasi proyek sirkuit internasional untuk MotoGP di Indonesia. Mandalika juga dikembangkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sehingga berbagai sarana seperti akses jalan dan kelistrikannya telah terfasilitasi dengan baik. Sebelum sirkuit tersebut selesai pun berbagai objek wisata sudah siap menyambut wisatawan, mulai dari Bukit Merese, Batu Payung, Gua Kotak, hingga Pantai Seger.
4. Labuan Bajo
 Ketika bicara soal Labuan Bajo, Taman Nasional Komodo dan Pulau Padar adalah destinasi yang paling populer. Namun, belum banyak yang menyadari bahwa Labuan Bajo lebih dari sekedar komodo dan pemandangan pantai. Beranjak ke dataran tingginya, kamu bisa menemukan Gua Batu Cermin. Gua ini diyakini merupakan gua bawah laut yang muncul ke permukaan akibat perubahan geografis di masa lalu. Di sini, kamu bisa melihat lorong-lorong batu karang serta beberapa fossil makhluk laut yang tertinggal. Tempat lain yang juga menarik adalah Pantai Pink yang hanya bisa ditemukan di 8 lokasi di seluruh dunia. 
5. Likupang
Likupang sendiri merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Jaraknya sekitar 60 kilometer dari kota Manado dan bisa dicapai lewat jalur darat selama sekitar 2 jam. Hingga kini, ada 2 lokasi yang menjadi fokus pengembangan KEK Pariwisata Likupang, yakni Pantai Pulisan dan Pantai Paal. Selain membangun jalan tol, rencananya pemerintah daerah setempat akan merenovasi pelabuhan dan menghubungkannya dengan beberapa lokasi wisata di Likupang. Jika tak ada aral melintang, KEK Likupang akan memiliki resort, akomodasi, serta fasilitas hiburan dan MICE yang akan dibangun secara bertahap. Kelima destinasi ini akan menjadi jajaran tempat wisata favorit baru bagi wisatawan. Pastikan kamu mengunjunginya sebelum terlalu ramai dan jadilah yang pertama liburan ke sana. Simak juga berbagai referensi wisata domestik lainnya dalam artikel berikut ini: