icon
icon
article hero

7 Destinasi yang Tepat untuk Kamu yang Ingin Mencoba Solo Traveling

AvatarName

Tiara  •  Sep 28, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Solo traveling sering kali diidentikkan dengan destinasi eksotis dan penuh tantangan. Faktanya, solo traveling bukan soal kemana kamu pergi, tapi bagaimana kamu menikmati perjalanan tersebut seorang diri. Kalau kamu punya rencana solo traveling tapi belum tau mau kemana, beberapa destinasi berikut ini bisa menjadi pilihan. Selain mudah dijangkau, destinasi ini pun menawarkan pengalaman lengkap yang cocok untuk seorang solo traveler!
Domestik
Yogyakarta
Kota ini adalah salah satu destinasi favorit para solo traveler. Selain relatif murah (baik penginapan maupun makanannya), Yogyakarta juga menyimpan segudang pengalaman yang siap menyambut kamu. Keramah-tamahan masyarakatnya akan membuat kamu betah. Sementara kekayaan budaya dan alamnya memanjakan kamu dengan pesona yang bersahaja.
Bali
Kamu mungkin sudah berkali-kali ke Bali, namun coba deh mengeksplor Bali sendirian. Kamu akan merasakan sensasi kebebasan yang berbeda ketika menyusuri pantai atau menghidup sejuknya udara di Ubud. Bali juga ideal karena dikenal ramah turis dan menjadi international hub untuk para traveler dari seluruh dunia.
Lombok
Bergeser sedikit, solo traveling ke Lombok juga merupakan pilihan yang menarik. Pulau Seribu Masjid ini menyimpan keindahan alam yang lengkap, mulai dari Gugus Gili hingga puncak Rinjani. Lebih baik lagi, mayoritas penduduk Pulau Lombok adalah Muslim. Jadi, tidak sulit untuk menemukan makanan halal dan tempat ibadah di sana. 
Labuan Bajo
Tanah Flores adalah destinasi impian banyak orang, termasuk para solo traveler. Jangan berhenti di pantai dan pulaunya saja, kamu pun bisa mengekplor dataran tinggi Flores dengan mengunjungi sejumlah desa adat yang ada di sana. Jangan khawatir, meski berada nun jauh di timur, keramah-tamahan masyarakat Flores akan membuatmu serasa di rumah.
Internasional
Singapura
Singapura adalah tempat yang ideal untuk memulai solo traveling internasional kamu. Jaraknya relatif dekat, masyarakatnya berbahasa Inggris, dan sistem transportasinya pun sangat teratur. Dengan demikian, kamu bisa jalan-jalan dengan mudah di sana. Untuk  kamu yang suka belanja, ada banyak pilihan mall dan pusat perbelanjaan internasional yang bisa kamu kunjungi!
Jepang
Siapa sih yang tidak ingin ke negeri sakura ini? Solo traveling bisa jadi cara untuk menyiasati anggaran sekaligus menikmati Jepang dengan cara berbeda. Kini, sudah banyak panduan solo traveling ke Jepang ramah Muslim yang bisa kamu jadikan pedoman. Pokoknya, jangan sampai rasa takut karena tidak bisa bahasa Jepang mengurungkan niat kamu untuk solo traveling ke sana.
Korea
Negara yang satu ini juga jadi favorit para solo traveler , terutama pecinta K-Pop. Selain mampir ke beberapa spot K-Pop ikonik, kamu pun bisa berkunjung ke situs bersejarah dan tempat wisata alam di Korea. Sama seperti Jepang, sudah banyak panduan solo traveling ramah Muslim di Korea yang bisa kamu ikuti. Masih ragu mulai solo traveling? Simak dulu informasi seputar solo traveling dan pilihan destinasi lainnya dalam artikel berikut ini: