icon
icon
article hero

Ingin Tetap Travelling saat Pandemi? Pilih 5 Jenis Destinasi Ini

AvatarName

Sastri •  Feb 04, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan Pandemi Covid-19 membuat agenda perjalanan kita sedikit banyak tertunda. Jangankan rencana ke luar negeri, travelling dalam negeri pun kerap batal akibat pandemi. Sementara kita dianjurkan untuk tinggal di rumah aja, beberapa dari kamu mungkin merasa sangat penat akibat karantina berbulan-bulan lamanya. Tak heran mulai banyak orang yang travelling ke beberapa kota terdekat. Kita tidak bisa menghakimi orang yang travelling sebagai pihak yang salah. Namun akan selalu baik apabila kita fokus kepada kebutuhan dan prioritas diri sendiri, serta menerapkan protokol kesehatan dengan sangat teliti meski sedang tidak travelling. Jika kamu memilih untuk melakukan perjalanan di masa pandemi, 5 jenis destinasi ini bisa jadi pilihan. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, selalu mengenakan masker, dan menggunakan terus hand sanitizer. Jangan lupa untuk tetap menjadi responsible traveller selama pandemi Covid-19 ini ya :)
1. Destinasi alam
Destinasi alam seperti pantai, air terjun, gunung atau bukit, sungai, atau danau bisa jadi pilihan. Destinasi alam disebut lebih aman karena sirkulasi udara yang lancar, kamu pun bisa melepas penat sambil rileksasi pikiran. Beberapa destinasi alam dekat Jakarta yang bisa kamu kunjungi antara lain Kepulauan Seribu, trekking di Sentul, serta mengunjungi deretan air terjun di Bogor. Kamu juga bisa bertolak ke Anyer untuk staycation di pinggir pantai. Baca juga: 5 Wisata Alam Dekat Jakarta6 Destinasi Terbaik di Sekitar Jakarta untuk Akhir Pekan
2. Destinasi outdoor
Destinasi outdoor atau luar ruang tidak melulu berkaitan dengan alam. Di tengah kota, kita masih bisa menyambangi beberapa destinasi luar ruang berupa taman kota atau kafe berkonsep garden yang nyaman. Di Jakarta, beberapa destinasi outdoor antara lain Hutan Kota GBK, Kawasan Kota Tua Jakarta, Taman Suropati, Taman Menteng, Allianz Eco Park, serta Hutan Mangrove di PIK. Baca juga: 6 Kafe Taman di Jakarta untuk Lihat yang Hijau-hijau5 Kafe Outdoor Ramah Anak di Jakarta
3. Destinasi yang menerapkan protokol CHSE
Indonesia punya standar protokol kesehatan sendiri, yaitu CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment). Kamu bisa menyambangi beberapa destinasi yang telah mengantongi sertifikat CHSE atau yang memberlakukan protokol CHSE dengan baik. Saat ini di Jakarta banyak tempat wisata yang mengantongi sertifikat CHSE. Mulai dari Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah, Sea World, dan Waterbom PIK.
4. Destinasi yang membatasi pengunjung
Beberapa destinasi, terutama yang berkonsep indoor atau dalam ruang, memberlakukan pembatasan pengunjung untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Beberapa destinasi antara lain museum dan galeri seni, pusat perbelanjaan, trampoline park seperti Houbii, juga beberapa tempat wisata indoor lainnya.
5. Taman Kota
Area luar ruang dengan banyak pepohonan serta sirkulasi udara yang lancar membuat taman kota relatif aman untuk kamu kunjungi selama pandemi. Beberapa taman kota di Jakarta antara lain Taman Suropati, Taman Menteng, Taman Tabebuya, Taman Cattleya, Taman Kalijodo, Taman Situ Lembang, dan Taman Ayodya. Baca juga 6 Taman Kota di Jakarta untuk Piknik!