icon
icon
article hero

6 Destinasi Staycation Keluarga (Dekat dari Jakarta!) yang Harus Kamu Coba di Tahun 2021

AvatarName

Tiara  •  Dec 27, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Hampir semua rencana liburan keluarga di tahun 2020 batal terlaksana akibat pandemi. Karenanya, tahun 2021 diprediksi bakal menjadi tahun "balas dendam" untuk liburan. Meski demikian, kita masih harus waspada karena pandemi belum berakhir. Jika kamu berencana mengajak liburan keluarga, penting untuk memilih destinasi yang tepat. Untungnya, banyak destinasi liburan keluarga di dekat Jakarta yang tidak terlalu ramai dan berikut adalah beberapa pilihannya.
Sentul
Sentul bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin liburan keluarga di dekat Jakarta. Ada banyak tempat Instagramable di Sentul yang patut dikunjungi. Selain relatif lebih dekat dari ibukota, akses menuju Sentul pun lebih mudah. Tinggal pilih, mau menjelajahi curug, trekking di  perbukitan, atau mungkin menginap di beberapa hotelnya yang Instagramable.
Pulau Seribu
Gugusan pulau dengan pasir putih dan alam bawah laut yang indah ini memang menjadi salah satu destinasi wisata andalan untuk iburan keluarga di sekitar Jakarta. Berlibur ke sana pun tidak selalu harus menginap karena banyak operator wisata yang menyediakan paket one day trip Pulau Seribu dengan harga yang cukup terjangkau. Entah itu sekedar memancing, snorkeling, atau menginap di resort eksklusif, kamu bisa menikmati waktu tenang sejenak tanpa harus pergi jauh-jauh.
Sukabumi
 Liburan keluarga ke Sukabumi juga bisa menjadi pilihan. Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi adalah Geopark Ciletuh. Geopark yang satu ini telah ditetapkan sebagai Global Geopark UNESCO sejak tahun 2018. Geopark Ciletuh memang menawarkan destinasi wisata yang lengkap, mulai dari wisata perbukitan, air terjun, hingga bermain di pantai. Pantai Cimaja yang ada di sini pun merupakan salah satu lokasi favorit wisatawan untuk berselancar.
Tanjung Lesung
Tidak hanya Pulau-pulau kecil seperti Bali, Lombok, dan Gugus Gili, liburan keluarga sambil menikmati pemandangan pantai nan indah pun bisa kamu nikmati  di Tanjung Lesung, Banten. Berjarak hanya 4 jam dari Jakarta, kamu sudah bisa menikmati berbagai aktivitas pantai dan laut, lengkap dengan panorama bawah air yang indah. Selain itu, pilihan hotelnya pun beragam, mulai dari homestay yang ekonomis sampai villa dengan kolam renang pribadi di tepi pantai.
Purwakarta
Kalau kamu lebih suka liburan keluarga ke arah Bandung, kamu bisa berbelok untuk mampir ke Purwakarta. Tidak kalah menarik, Purwakarta juga punya sejumlah keindahan alam yang bisa kamu nikmati. Mulai dari Bendungan Jatilihur, Gunung Burangrang, sampai Situ Buleud dan Curug Cipurut. Kalau kamu ada nyali, sekalian saja bermalam di hotel gantung Gunung Parang!
Lampung
 Siapa bilang liburan keluarga hanya bisa di dalam pulau? Kamu pun bisa menyeberang ke Pulau Sumatera untuk menghabiskan libur Natal dan tahun baru di Lampung. Perjalanannya memakan waktu urang lebih 5 jam (termasuk menyeberang dengan kapal ferry). Setibanya di Bandar Lampung, kamu tinggal memilih mau bermain dengan para gajah di Way Kambas atau liburan tropis di Pulau Pahawang. Simak juga rekomendasi liburan keluarga di dalam negeri lainnya dalam artikel berikut ini: