icon
icon
article hero

Depot Hok Lay, Kuliner Legendaris dan Wajib Dikunjungi di Malang

AvatarName

Nova Pohan •  Jul 25, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Kalau ditanya tentang kuliner yang wajib dicoba jika ke Malang, maka sudah pasti jawaban yang paling banyak adalah Rawon. Ya, Malang memang identik dengan Rawon dan tidak heran banyak restoran di kota tersebut yang pastinya menyajikan menu tersebut. Namun, ada satu restoran yang tidak menyajikan rawon tapi tidak boleh dilewatkan jika sedang pelesiran di Malang, yaitu Depot Hok Lay! Depot Hok Lay yang sudah berdiri sejak tahun 1946 ini terletak di pusat Kota Malang, tepatnya di Jl. KH Ahmad Dahlan No 10, Sukoharjo. Depot ini dikelola secara turun menurun dan menjadikannya salah satu kuliner legendaris di Malang yang tentunya tidak boleh dilewatkan oleh para pejalan terutama para penikmat kuliner. Baca juga: 6 Restoran dengan Suasana Alam di Kota Malang dan Batu
depot hok lay
Kredit: Nova Pohan Untuk menemukan depot ini sangatlah mudah, karena lokasinya di pusat kota dan bisa terlihat dari penanda Depot Hok Lay di pinggir jalan. Suasana di dalam depot terasa sederhana namun sangat klasik dengan adanya tempelan foto vintage di dinding serta botol-botol limun antik di meja, sehingga membuat para pengunjung seakan-akan kembali ke Malang tempo dulu. Menu makanan dan minuman di sini bervariasi, tapi ada tiga menu andalan yang ditonjolkan di depot ini yaitu Cwi Mie Malang, Lunpia Semarang, dan Es Fosco. Yang paling unik dari ketiga menu andalan tersebut adalah Es Fosco.
es fosco
Kredit: Nova PohanBaca juga: 5 Kuliner Legendaris di Malang yang Tidak Boleh Dilewatkan Apa itu Es Fosco? Ini ternyata minuman legendaris dari kota Malang yang sudah ada sejak zaman Belanda. Nah, di Depot Hok Lay ini paengunjung dapat merasakan minuman yang terdiri dari campuran cokelat dan susu sapi full cream. Terdengar sederhana, namun ternyata bisa membuai para pengunjung depot ini karena rasanya yang manis di awal namun gurih di akhir. Mirip sekali dengan minuman ala cafe dengan cita rasa sea salt atau salted caramel. Tidak heran kalau es yang disajikan dalam botol kaca soda Coca Cola ini sangat populer hingga saat ini.
es fosco
Kredit: Nova Pohan Selain Es Fosco, ada satu menu yang saya cicipi yaitu Lunpia Semarang. Lunpia yang terdiri dari cacahan rebung, wortel, irisan ayam yang dibalut dengan kulit yang digoreng renyah di depot ini juga mempunyai cita rasa yang khas karena sudah disesuaikan dengan lidah orang Malang. Jika Lunpia asli Semarang cenderung manis, Lunpia Hok Lay memiliki cita rasa yang gurih.
Kredit: Nova PohanBaca juga:5 Cafe Instagramable di Malang, Opsi Baru untuk Nongkrong Jadi, jika sedang di Malang jangan lupa berkunjung ke Depot Hok Lay ini ya dan selain 2 menu di atas, cicipi juga Cwie Mie dan menu lainnya. Dijamin pasti puas karena selain rasanya yang lezat, harganya pun sangat terjangkau!
depot hok lay
Kredit: Nova Pohan Selamat berwisata kuliner! Depot Hok Lay Malang Alamat: Jl.K.H.Ahmad Dahlan 10 Malang Jam operasional: 09.00 - 13.30 , 17.00 - 20.00 WIB (Selasa libur)