icon
icon
article hero

12 Spot Ikonik di Seoul untuk Mempercantik Feed Instagram Kamu

AvatarName

Jean Tora Thosan  •  Jun 02, 2020

icon

[Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris artikel ini di halaman ini.] Diupdate pada 10 Januari 2020. Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Lanskap yang menawan, desain arsitektur yang rumit namun tetap cantik, taman hiburan, dan masih banyak spot menarik lainnya. tidak diragukan lagi hampir setiap sudut kota adalah tempat Instagramable di Seoul. Meskipun sekarang kita belum bisa ke sana, tidak ada salahnya untuk melihat tempat ini sebagai inspirasi berfoto nanti! Untuk menghemat waktu dan memudahkan liburanmu, kami telah merangkum 12 tempat Instagramable di Seoul yang dijamin akan memberikan hasil foto yang cantik untuk diunggah ke akun media sosialmu. 😍 P.S. Punya rencana berlibur ke Seoul? Simak itinerary ramah Muslim 5 hari 4 malam yang kami rangkum!
1. Starfield Library, COEX Mall
Jika kamu mengira buku dan perpustakaan sudah ketinggalan zaman, itu karena kamu belum mengunjungi Starfield Library. Perpustakaan dua tingkat ini dipenuhi oleh 50.000 koleksi buku dan majalah (dari atas sampai bawah!) yang menjadikannya latar belakang yang cantik untuk fotomu. Jika kamu bukan tipe pecinta buku, tempat ini adalah tempat yang akan membangkitkan semangat bacamu karena suasananya yang begitu nyaman 😉  Kebanyakan buku di sini dalam bahasa Korea, tetapi tersedia juga beberapa koleksi dalam bahasa Inggris. 
Kredit: @travelstained on Instagram Waktu terbaik untuk mengunjungi perpustakaan adalah saat matahari terbenam! Cahaya keemasannya yang masuk melalui langit-langit akan memberikan efek menakjubkan pada fotomu. 
Kamu bisa mencoba pose seperti di atas, tetapi mungkin kamu harus naik-turun eskalator berulang kali. Spot foto terbaik: Eskalator di sepanjang rak buku setinggi 13 meter Jam  buka: 10.00—22.00 Lokasi: 955-9 Daechi-dong, Gangnam-gu, Seoul, South Korea Petunjuk arah: Ambil Line 2 (hijau) ke Samseong Station. Keluar melalui Exit  6 dan ikuti arah ke Starfield Coex Mall. Perpustakaan berada di atrium utama.
2. Common Ground
Common Ground merupakan kawasan hipster Seoul yang dipenuhi oleh merek-merek desainer unik. Pop-up store yang pertama di Korea ini tidak hanya populer di kalangan anak muda, tetapi juga  para Instagrammer. Nuansa biru di seluruh area menjadikannya latar belakang yang sempurna untuk pose #OOTD-mu. Jangan khawatir soal antrian untuk berfoto karena Common Ground memiliki 200 kontainer biru yang dapat kamu pilih secara bebas. Selagi di sini, sempatkanlah dirimu untuk menjelajahi toko-toko atau sekadar menikmati suasananya yang cerah ceria! Spot foto terbaik: Kontainer biru dan/atau di bawah lampu hias pada malam hari Jam buka: 11.00—22.00 Lokasi: 200, Achasan-ro, Gwangjin-gu, Seoul Petunjuk arah: Ambil Line 2 atau Line 7 ke Konkuk University Station. Keluar melalui Exit 6. 
3. Haneul Park
Keindahan pemandangan dari taman ini saja sudah mampu untuk membuatmu terpana! Kamu mungkin tidak akan mengira bahwa taman ini selama 15 tahun merupakan tempat pembuangan akhir yang menampung 92 juta ton sampah. 😱 Ketika TPA ini memuncaki kapasitasnya, pemerintah setempat memutuskan untuk mengubah tempat ini menjadi taman ekologi. Dengan 22 spot yang menawarkan pemandangan Seoul yang mempesona, Haneul Park telah menjadi surga bagi para pecinta alam dan para Instagrammers. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Haneul Park adalah saat musim gugur, di mana tamannya dipenuhi oleh hamparan rumput perak yang memukau untuk latar belakang fotomu 😍 Setiap bulan Oktober, taman ini mengadakan Seoul Silver Annual Grass Festival untuk menyambut mekarnya rerumputan! Selama festival berlangsung, jam buka taman diperpanjang hingga jam 10 malam dan diisi dengan berbagai acara.
#HHWT Tip:  Haneul Park sangat luas. Masih banyak area-area yang tidak kalah indah untuk berfoto selain rumput perak! Waktu terbaik untuk berkunjung: Musim gugur, mendekati fajar Jam buka: 09.00—18.00 (selama festival berlangsung diperpanjang hingga pukul 22.00) Lokasi: 487-48 Sangam-dong, Mapo-gu, Seoul, South Korea Petunjuk arah: Ambil Line 6 ke World Cup Stadium Station, turun di pintu 8-4, keluar melalui Exit 1, belok kanan dan kelilingi stadium (kamu akan melewati area parkir, berjalanlah di sepanjang jalan utama hingga menemukan papan Haneul Park). 
4. Gyeongbokgung Palace
Berada di jantung kota Seoul, Gyeongbokgung Palace merupakan istana kerajaan pertama dan terbesar yang dibangun oleh dinasti Joseon. Keindahan istana ini tidak hanya tersimpan di sejarahnya, tetapi juga desain arsitekturnya yang rumit! Untuk memasuki kawasan istana dikenakan biaya yang cukup murah, bahkan gratis jika kamu mengenakan hanbok. Sudah pasti  hanboknya akan terlihat sangat cantik di foto. 😉
Tidak perlu khawatir soal cuaca saat berfoto di sini! Meskipun berkunjung saat hari hujan, kami tetap dapat berfoto di dalam ruangan dengan hasil yang tak kalah cantik. Untuk dapat mengabadikan detail atapnya yang indah, pastikan fotomu diambil dari sudut yang lebih rendah. 
Spot foto terbaik: Di antara pilar-pilar dan di depan pintu masuk istana Jam buka: November—Februari (09.00—17.00) Maret—Mei (09.00—18.00) Juni—Agustus (09.00—18.30) September—Oktober (09.00—18.00) Hari Selasa tutup Lokasi: 161 Sajik-ro, Sejongno, Jongno-gu, Seoul, South Korea Petunjuk arah: Keluar melalui Exit 5 di Gyeongbokgung Station atau keluar melalui Exit 1 di Anguk Station
5. Bukchon Hanok Village
Agak sayang rasanya jika kamu langsung melepas hanbok begitu saja setelah mengelilingi istana. Untungnya, kamu masih bisa mengenakannya lebih lama lagi untuk berfoto di lokasi yang tak kalah menarik, Bukchon Hanok Village, kampung tradisional para bangsawan pada masa dinasti Joseon.  Hingga saat ini, Bukchon Hanok Village masih ditempati oleh penduduk setempat. Meskipun begitu, desain arsitekturnya yang unik pada dinding-dindingnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para fotografer. Kampung ini berada di dataran tinggi dengan jalan yang cukup berliku, berjalan di sini akan cukup sulit terlebih jika kamu mengenakan hanbok. Tetapi kami jamin, usahamu untuk bisa sampai ke sini akan sepadan! Perkampungannya juga dipenuhi oleh gang kecil, namun jangan takut tersesat karena justru hal itu bisa dijadikan pengalaman yang menyenangkan ☺️  #Tip HHWT: Bukchon Hanok Village merupakan kawasan tempat tinggal, berlakulah yang sopan dan hormati para penghuni sekitar saat berkunjung.
Harap diperhatikan bahwa pusat informasi turis, museum, dan toko-toko tutup setiap hari Minggu. Spot foto terbaik: Gang Gahoe-dong (Harmony) Jam buka (hanya berlaku di jalan Bukchon-ro 11-gil sepanjang 100-m): Senin—Sabtu; 09.00—17.00 (tutup pada hari Senin) Lokasi: 37, Gyedong-gil, Jongno-gu, Seoul Penunjuk arah: Keluar lewat Exit 1 atau 2 di Anguk Station lalu berjalan sejauh 300 meter.
6. Iwha Mural Village
 Ngomong-ngomong soal kampung, mungkin kita kerap mendengar dinding jalanan yang dihiasi dengan mural. Tapi, area yang satu ini bukanlah seni jalanan biasa, karena Seoul mendedikasikan seluruh kampungnya untuk dilukis dengan mural! Pada tahun 2006, perkampungan ini masuk dalam proyek revitalisasi kota Seoul, di mana sejumlah seniman dan penduduk setempat menghiasi kawasan dengan mosaik dan mural warna-warni yang cantik. Dalam sekejap, kampung yang awalnya kumuh berubah menjadi tempat populer yang sangat Instagramable. Jalanan di Iwha Mural Village cukup menanjak mengingat lokasinya yang berada di puncak gunung Naksan, jadi kenakanlah sepatumu yang paling nyaman! Harap diingat juga bahwa kampung ini merupakan hunian bagi sebagian besar penduduk lanjut usia, berlakulah yang sopan dan jangan menimbulkan kebisingan untuk menghormati warga setempat. Lokasi: 49 Naksan 4-gil, Ihwa-dong, Jongno-gu, Seoul, South Korea Petunjuk arah: Keluar melalui Exit 2 pada Hyehwa Station. Jalan terus hingga tiba di Lock Museum. Setelah berjalan 50 meter, belok kanan ke jalan Naksan Gongson-gil. Lurus terus hingga tiba di Naksan Park.
7. Stylenanda Pink Hotel, Myeongdong
Jangan sampai salah, ini bukan hotel sungguhan, ya. 😜 Tempat ini merupakan flagship store dari merek Korea populer dengan konsep hotel! Seluruh bangunan, baik di luar dan dalamnya, dicat serba warna pink yang menggemaskan.  Toko ini terdiri dari 6 lantai dengan barang-barang yang berbeda di tiap lantainya, dan tentunya memiliki sudut Instagrammable yang berlimpah!  Lantai satu dirancang menyerupai lobi hotel dengan tambahan sederet makeup yang dapat kamu pilih! Lantai 2 dibuat menyerupai kamar mandi, lengkap dengan bak mandi yang cantik. Kunjungi lantai lainnya dan puaskan dirimu untuk berfoto! Setelah lelah berpose, naiklah ke rooftop di lantai enam untuk bersantai sejenak. Dengan bantal-bantal besar yang nyaman menjadikan tempat ini tempat nongkrong yang sempurna bersama teman-temanmu 🤗
Spot foto terbaik: bak mandi dan kolam hotel Jam buka: Setiap hari; 11.00—23.00 Lokasi: 66-2, Chungmuro 2-ga, Jung-gu, Seoul Korea
8. LINE Friends flagship store, Itaewon
Flagship store 3 lantai yang luas ini akan membuatmu berdecak kagum! Toko Line Friends di sini merupakan flagship store terbesar di dunia 😍 Mustahil berada di sini tanpa tergoda membeli satu atau 2 souvenir! Jangan lewatkan spot khusus untuk berfoto yang disediakan di lantai 3. Jika selama di Seoul kamu tidak sempat mampir ke Itaewon, kamu masih bisa berfoto dengan boneka karakter Brown berukuran raksasa di Myeongdong atau di bandara! Biasanya spot tersebut dipadati oleh pengunjung lainnya, siap-siap untuk mengantri, ya. P.S. Klik di sini untuk spot belanja populer lainnya di Seoul! Jam buka: Setiap hari jam 11.00—23.00 Lokasi: 200 Itaewon-ro, Itaewon 1(il)-dong, Yongsan-gu, Seoul, South Korea Petunjuk arah: Itaewon Station, Exit 3
9. Distrik Myeongdong
Objek dari spot Instagramable tidak melulu harus kamu, kan? 😉 Ada yang kurang rasanya kalau feed Instagram-mu belum dilengkapi dengan foto makanan! Jika kamu masih belum mendapatkan hasil foto yang bagus  untuk diunggah ke Instagram, semua akan berubah saat kamu ke Myeongdong. Distrik ini tidak hanya dipenuhi oleh toko-toko, tetapi juga jajanan pinggir jalan terbaik. Salah satu yang wajib dicoba adalah es krim cone yang sangat panjang. Gabungkan dua rasa dalam es krim untuk mendapatkan hasil foto yang lebih cantik! Saat mengitari Myeongdong, jajanan taiyaki pasti akan menarik perhatianmu! Camilan renyah berbentuk ikan ini tersedia dalam berbagai isian. Taiyaki lebih nikmat disantap selagi masih panas, tapi jangan lupa untuk mengambil fotonya terlebih dulu, ya. 😋 P.S. Berikut jajanan lezat ramah muslim lainnya yang wajib kamu coba di Seoul!
10. Arc N Book
Arc N Book merupakan toko buku unik bergaya vintage di Seoul yang dibuka pada akhir tahun lalu. Toko ini letaknya cukup tersembunyi, biarpun lokasinya hanya berjarak sekitar 5 menit dengan berjalan kaki dari keramaian distrik perbelanjaan Myeongdong. Berada di dalamnya akan terasa seperti dunia lain yang jauh dari keramaian kota.
 Selain ‘terowongan buku’, bagian lain dari Arc N Book juga tidak kalah menarik, seperti bilik telepon umum khas London (yang merupakan konter pencarian buku) dan konter kasir glamor ala film The Great Gatsby 😍 Toko buku ini memiliki banyak koleksi dalam bahasa Inggris, jadi kamu juga dapat meluangkan waktumu untuk bersantai dan menenggelamkan diri untuk membaca, layaknya di perpustakaan!  Spot foto terbaik: Terowongan buku, bilik telepon merah Jam buka: Setiap hari; 10.00—22.00 Lokasi: 29, Eulji-ro, Jung-gu, Seoul Petunjuk arah : Arc N Book berlokasi di luar pintu Exit 1-1 Euljiro Station 1(il)-ga (line 2)
11. Ikseondong
Jika tujuanmu ke Seoul untuk menghindari keramaian di Myeongdong, Gyeongbokgung, atau Hongdae, kami memiliki tempat yang pas untukmu, yaitu Ikseon-dong! Ikseon-dong merupakan perkampungan unik yang terletak di pusat kota Seoul, di mana tempat ini merupakan salah satu daerah perumahan tertua di Seoul. Desain arsitekturnya yang masih asli sejak tahun 1920 memberikan kesan vintage dan hipster pada area ini yang dijamin akan menggodamu untuk berfoto! P.S. Simak panduan lengkap Ikseon-dong untuk mengetahui area menarik ini lebih lanjut.
Terdapat berbagai objek foto yang dapat diambil di Ikseon-dong, termasuk gang-gang kecilnya,. Tapi perhatikan juga sudut-sudut menarik lainnya, seperti payung warna-warni di depan Madang Flower Cafe. Tidak heran beberapa drama Korea seperti Black Knight menggunakan Madang sebagai lokasi shooting. Desain interior di kafe ini juga tidak kalah menawan dan menjadikannya sebuah tempat yang sempurna untuk ngopi cantik!
Selain Madang, kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai pilihan kafe dengan interior tradisional khas Korea yang cantik, seperti Tteuran (foto bawah)!  Untuk menambahkan kesan spesial pada fotomu, mampirlah ke Ikseon Boutique di mana kamu bisa berdandan dengan gaya pakaian awal abad ke-20. P eriode ini dikenal dengan istilah “Gaehwagi”, yang merupakan awal dari westernisasi di Korea. Gaya pakaian pada era ini juga menyerupai periode “Roaring Twenties” di Amerika dan tentunya akan terlihat sangat keren di foto. Spot foto terbaik: Di seluruh kawasan! Petunjuk arah: Untuk sampai di Ikseon-dong, naik subway line 1, 3 atau 5 ke Jongno Station 3(sam)-ga dan keluar melalui Exit 4. Susuri gang kecil untuk mulai menjelajahi kawasan ini! 12. Daeo Bookstore Ini merupakan spot ketiga dalam daftar  kami yang berkaitan dengan buku, tetapi kalau tempatnya secantik ini siapa yang tidak tergoda? Daeo Bookstore adalah toko buku bekas tertua di Seoul. Desain eksteriornya yang bergaya rustic nan antik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Tempat ini menjadi begitu populer setelah dikunjungi oleh salah satu member boyband BTS, tetapi ketenarannya tidak hanya sampai di situ. Beberapa drama korea menggunakan lokasi ini untuk shooting, termasuk video klip salah satu penyanyi terpopuler di Korea Selatan, IU.  Toko buku ini juga beroperasi sebagai kafe—kamu diharuskan untuk membayar sejumlah KRW 4000 (Rp 48.000) untuk masuk (jika sudah masuk, jangan lupa berfoto di rak buku populernya!), atau membayar KRW 6500 (RP 77.000) untuk mendapatkan akses masuk plus minuman. Seluruh biaya digunakan untuk perawatan toko buku cantik ini!  Jam buka: Setiap hari; 11.00—22.00 Lokasi: 55 Jahamun-ro 7-gil, Cheongunhyoja-dong, Jongno-gu, Seoul, South Korea Petunjuk arah: Menuju ke Gyeongbokgung Station (Line 3). Dari sana, keluar melalui Exit 2 dan jalan kaki sekitar 400m hingga persimpangan besar sebelum belok kiri ke Jahamun-ro 9-gil. Susuri jalan sampai 100m sebelum belok kanan ke Jahamun-ro 7-gil dan belok kanan lagi. Toko buku berada di sisi kirimu. Setelah kami menunjukkan spot terbaik untuk berfoto di Seoul, saatnya kamu menyiapkan kamera untuk berpose ria! Sepulang dari perjalanan ini feed Instagram-mu akan dipenuhi oleh foto-foto yang begitu cantik nan artistik, dan itu semua berkat Seoul 😉