icon
icon
article hero

Cronut, Croffle Hingga Croast: Gerai Terbaik di Jakarta untuk Icip Olahan Croissant Kekinian

AvatarName

Auli Cinantya  •  Sep 15, 2021

icon

Berawal dari cronut, kreasi donut yang mempunyai tekstur layaknya croissant, kemudian hadirlah croiffle. Paduan dari croissant dan waffle ini kemudian seakan membuat orang-orang mencoba membuat hidangan inovatif lainnya dengan menggunakan waffle press. Croiffle belum mereda, kini hadir lagi Croast (Croissant Toast) yang unik. Jika kamu belum mencoba kreasi-kreasi croissant unik ini, simak rekomendasi di bawah ini!

Apa Croiffle Terenak Versi Kamu?

Cronut (Croissant Donut)

Kredit foto: Jco Donut Menyerupai donat, namun terbuat dari adonan croissant yang diisi dengan krim. Makanan ini memang sudah ada sejak tahun 2013, pertama kali diprakarsai oleh koki pastry Prancis-Amerika Dominique Ansel. Bisa dibilang sajian ini yang memulai segalanya kreasi Croissant unik lainnya. JCO menjadi salah satu gerai yang pertama kali mempopulerkan sajian cronut di Jakarta. Jcronut, begitu mereka menjulukinya, kamu bisa mendapatkan satu lusin Jcronut dengan harga Rp 97.000.

Croissant Waffle (Croiffle)

Kredit foto: Dear Butter Sajian satu ini dapat dengan mudah kamu temukan! Roti dengan tekstur luar yang renyah namun empuk di dalam ini pertama kali dijual pada tahun 2017 di sebuah kafe Perancis bernama La Petite Boulangerie. Meski begitu tren Croiffle semakin marak dan bahkan beberapa gerai menjual adonan khusus yang dapat kamu buat di rumah! Don Bakeshop menjual adonan Frozen Croiffle mulai dari Rp 85.000 dan kamu bisa mendapatkan empat adonan untuk siap dimasak. Tempat lain yang terkenal akan Croffle-nya ialah Dear Butter yang pertama kali dibuka pada Februari 2021 lalu. Mengusung konsep takeaway, sajian Croiffle ini dihargai mulai dari Rp 27.000 dan disajikan dengan pilihan saus yang bervariasi.

Croissant Toast (Croast)

Kredit foto: Union Jakarta Setelah sukses dengan kreasi Cronut, lagi-lagi koki Dominique Ansel menciptakan kreasi croissant viral lainnya. Croast atau Croissant Toast merupakan perpaduan antara croissant dan toast (roti panggang). Croast merupakan roti penuh lapisan dengan tekstur lembut di dalam dan pinggiran luar yang renyah. Walaupun sang koki tak mempunyai toko di Indonesia, tapi kamu bisa mencicipi Croast kreasi dari Union. Tersedia dengan empat rasa yang berbeda, roti satu ini selain lembut, juga disertai dengan krim penuh rasa di dalamnya. Dengan harga Rp 50.000 satuan, kamu bisa memilih rasa Nutella, Milk Cream, Ube ataupun Strawberry Cheesecake! Ingin mencoba makanan manis lainnya? Simak artikel di bawah ini: