icon
icon
article hero

Cara Makan Mie Instan ala Orang Korea, Tambah Kimchi dan Pakai Tutup Panci Sebagai Piring!

AvatarName

Sastri  •  Jun 29, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Kamu pasti sudah tahu, saat ini setidaknya terdapat 5 merek mie instan Kora yang sudah bersertifikat halal MUI. Mie instan Korea pun kian digemari karena cita rasanya yang rich, porsinya yang besar, juga bisa disantap dengan berbagai kombinasi. Tapi, kalau kamu menonton K-Drama atau film Korea lainnya, mungkin kamu menyadari bahwa orang Korea memiliki kebiasaan makan mie instan yang berbeda dengan kita. Mereka punya cara dan kebiasaan berbeda yang jika kita ikuti, akan membuat agenda bersantap menjadi semakin nikmat! Oleh karena itu saat menyantap mie instan Korea, cobalah makan ala warga lokal. Berikut beberapa caranya! P.S. Beberapa informasi ini juga akan berguna untuk kamu! :)
Masak menggunakan panci Korea
Pernah melihat orang Korea makan mie instan langsung dari panci berwarna tembaga? Itulah panci Korea yang bernama yangeun naembi. Ini bukanlah panci mewah dan mahal, melainkan panci pasaran yang terbuat dari alumunium. Panci ini sangat ringan, dan membuat air untuk merebus mie instan lebihcepat mendidih. Panci ini juga dilengkapi oleh tutup.
Kimchi sebagai makanan pendamping
Kimchi (fermentasi sawi putih) adalah makanan pendamping yang paling populer di Korea. Orang Korea mengonsumsi kimchi dengan hampir semua makanan, tak terkecuali mie instan. Ada yang menambahkan kimchi langsung ke dalam panci dan dan memasaknya bersamaan, namun ada pula yang menumisnya terlebih dahulu. Saat menumis, kimchi ditambahkan bawang putih dan kecap asin sehingga rasanya menjadi gurih, asam, dan sedikit pedas.
Gunakan tutup panci sebagai piring
Kalau kamu ingin makan mie instan ala orang Korea, tak afdol apabila tidak menyantap mie langsung dari yangeun naembi. Kamu bisa menggunakan tutup panci sebagai piring atau penadah mie. Jangan lupa gunakan sumpit ya, bukan garpu! Selain itu, kalau kamu merasa sangat lapar, orang Korea juga biasa menambahkan nasi ke dalam mie. Caranya adalah bumbui nasi dengan minyak wijen, cacahan rumput laut kering, dan biji wijen putih. Usai diaduk, tinggal tambahkan nasi langsung ke dalam panci. Cara ini dijamin membuat kamu langsung merasa lebih kenyang :)