icon
icon
article hero

Mau Khatam Quran Dalam 30 Hari di Bulan Ramadan? Ikuti Cara Ini!

AvatarName

Tiara  •  Apr 09, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Selain meningkatkan ibadah dan melakukan kebaikan setiap hari, bulan Ramadhan adalah momen dimana umat Muslim berlomba-lomba untuk menjadi lebih baik. Salah satu yang sering dilakukan adalah mengkhatamkan Al Quran selama bulan suci. Bulan Ramadan merupakan bulan diturunkannya Al Quran. Maka, inilah momen yang tepat untuk merih berkah sebanyak-banyak, termasuk dengan membaca Al Quran.
Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka ia akan mendapat satu kebaikan, dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

Jadi, meskipun kamu mungkin tidak langsung khatam, kamu mendapatkan pahala yang berlimpah dengan membaca Al Quran.
Adab membaca Al Quran
Membaca kitab suci tentu harus diikuti dengan tata cara yang baik. Ada beberapa adab yang harus dilakukan, yakni harus dalam keadaaan suci dengan berwudu. Selain itu, kita juga harus mengenakan pakaian yang menurup aurat. Tidak lupa, selalu awali bacaan Al Quran dengan mengucap taawuz (a'udzubillahiminassyaitonnirrajim) dan  basmalah (bismillahirahmanirrahim).
Cara khatam Al Quran dalam 30 hari
Kitab suci Al Quran terbagi menjadi 30 juz yang panjangnya berbeda-beda. Cara khatam Al Quran yang paling umum dilakukan adalah dengan membaca satujuz per hari. Setiap satu juz dalam Al Quran jumlahnya sekitar 20 halaman, jadi kamu bisa membaginya menjadi sebagai berikut:
  • Baca empat halaman setiap setelah shalat fardhu
  • Baca dua halaman setiap sebelum dan setelah shalat fardhu
  • Baca lima halaman di setiap pagi, siang, sore, dan malam
  • Baca sepuluh halaman di pagi hari dan sepuluh halaman di malam hari
Dari keempat pembagian ini, pilih saja yang paling sesuai dengan kemampuan kamu.
Jika kamu punya teman atau anggota keluarga yang juga ingin khatam al Quran, kamu bisa mengaji bersama. Misalnya ada lima orang di rumah yang ingin khataman, kamu bisa membaginya menjadi enam juz per orang untuk khatam bersama di akhir bulan Ramadan. Jangan ragu untuk memanfaatkan teknologi seperti Zoom atau Google Meet untuk mengaji bersama teman atau kerabat yang jauh jaraknya. Selain pahala dari membaca Al Quran, kamu pun dapat menyambung tali silaturahmi di bulan Ramadan ini.
Doa setelah khatam Al Quran
Setelah menyelesaikan Al Quran, satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah berdoa. Dikutip dari sumber ini, salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah ketika mengkhatamkan Al Quran. Ada beberapa hadis yang mengungkapkan betapa istimewanya khatam Al Quran, salah satunya:

“Barang siapa telah membaca Al-Qur’an (khatam) kemudian dia berdoa, maka ada 4 ribu malaikat yang mengaminkandoanya” (HR ad-Darimy).

Untuk urutan dan tatacara doa khatam Al Quran, kamu bisa mengikuti panduan dari Nadhlatul Ulama Indonesia di halaman ini. Simak juga tips puasa lainnya dalam artikel berikut ini: