icon
icon
article hero

Buat Kimchi Sendiri di Rumah dengan Resep Sederhana Ini

AvatarName

Tiara  •  Jul 03, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Atiqah Mokhtar. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kimchi adalah bagian penting dari kuliner Korea dan telah menjadi favorit banyak orang. Hidangan pendamping dengan rasa sedikit pedas ini terbuat dari sayuran yang telah difermentasi. Biasanya, kimchi disajikan untuk teman makan nasi atau diolah menjadi beberapa makanan Korea lezat seperti nasi goreng kimchi dan rebusan. Meski sekarang kamu bisa dengan mudah membeli kimchi di supermarket atau secara online, tidak ada salahnya untuk membuatnya sendiri. Selain memang mudah untuk membuatnya, kamu pun bisa menyesuaikan sendiri rasanya dan tentu saja lebih murah! Kami punya resep dan cara membuat kimchi halal yang mudah untuk diikuti di rumah! Kimchi bisa dibuat dengan macam-macam sayuran, tapi resep ini akan menggunakan yang paling sering digunakan, yaitu sawi putih. Beberapa resep kimchi tradisional biasanya menggunakan campuran tepung beras dan air yang dimasak untuk mempercepat proses fermentasi. Namun, banyak yang bilang rasanya tidak terlalu berbeda dengan cara tersebut. Resep ini tidak menggunakan tepung beras ya. Kalau kamu mau, kamu bisa melihat resep kimchi dari Korean Bapsang. Bahan-bahan:  1 kilogram sawi putih 1 ikat daun bawang 1 batang lobak atau wortel 4 sdm garam Air matang secukupnya Bumbu: 4 sdm kecap ikan 4-6 sdm gochugaru (bubuk cabai Korea) atau sesuai tingkat kepedasan yang kamu suka 2,5 cm jahe, parut 6 siung bawang putih, cincang halus Cara membuat:
  1. Cuci sawi hingga bersih. Untuk daun bawang, bersihkan dan buang ujung dan akarnya.
  2. Belah memanjang sawi jadi 2, lalu belah lagi menjadi setengahnya. Potong-potong sawi menjadi sekitar 3 cm.
  3. Letakkan potongan sawi di wadah besar, lalu taburkan garam di atasnya dan aduk rata sambil diusap sampai semua permukaannya terkena garam. Sawi akan sedikit melunak karena garam menyerap cairannya. Masukkan air secukupnya hingga sawi terendam, lalu diamkan selama 2 jam.
  4. Setelah 2 jam, buang air garam dan bilas sawi hingga bersih. Sisihkan hingga airnya tiris.
  5. Sambil menunggu, siapkan sayuran lainnya. Kupas, cuci, dan iris lobak atau wortel seukuran korek api. Potong-potong daun bawang seukuran 3 cm.
  6. Di wadah lain, campurkan semua bumbu yang telah disiapkan dan aduk hingga rata.
  7. Di wadah besar, masukkan sawi, lobak atau wortel, daun bawang, dan bumbu. Aduk rata dengan tangan (pakai sarung tangan lebih baik supaya lebih aman) sampai semua tercampur rata. Cicipi dan koreksi rasa.
  8.  Pindahkan kimchi ke dalam wadah kedap udara. Diamkan di suhu ruangan selama 1-2 hari untuk proses fermentasinya. Semakin lama dibiarkan di suhu ruang, fermentasinya akan semakin cepat, apalagi jika udaranya hangat. Kamu juga boleh mencicipinya selama proses fermentasi untuk mengecek apakah rasanya sudah sesuai. 
  9. Setelah sudah jadi, simpan kimchi di dalam lemari es.
Catatan: Kalau kamu punya food processor, langsung saja masukkan semua bumbu yang sudah dikupas dan lumatkan. Jadi, deh! Mudah bukan untuk membuatnya? 😉 Dengan beberapa bahan sederhana, kamu bisa membuat sendiri kimchi lezat untuk stok di rumah. Kamu pun bisa membuat berbagai makanan Korea dari kimchi ini. Cukup bikin satu kali, dan kamu bisa makan kimchi enak selama beberapa minggu ke depan! Lihat juga resep makanan lain yang tidak kalah enak dalam artikel berikut ini: