icon
icon
article hero

8 Bumbu Khas Jepang yang Bisa Kamu Beli Online (Halal!)

AvatarName

Sastri  •  Nov 11, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.  Makanan Jepang memang terkenal kelezatannya. Dengan bahan yang minim namun segar, tak heran masakan Jepang mudah ditemukan di berbagai belahan dunia. Sushi, karaage, teriyaki, hingga oyakodon dan ramen, rasanya sulit untuk menolak makanan Jepang ini. Namun bagi umat Muslim menemukan masakan Jepang yang halal pun gampang-gampang susah, karena bahan makanan yang bersertifikasi halal agak sulit ditemukan. Sebut saja shoyu dan bumbu kare Jepang. Tak semua merk shoyu dan bumbu kare tersebut halal. Namun tak perlu khawatir, kini sudah ada beberapa merk yang mengeluarkan aneka bumbu Jepang bersertifikasi halal. P.S. Masih bingung mau masak makanan Jepang yang mana? Cek saja daftar makanan halal di Tokyo ini sebagai inspirasi! Catatan: Merek yang tertera di bawah ini disusun berdasarkan pencarian di halaman LPPOM MUI pada 2 Juni 2020.
1. Shoyu/kecap Jepang
Tak banyak orang yang tahu, bahwa shoyu (kecap asin Jepang) kerap memiliki kandungan alkohol. Oleh karena itu kamu bisa membeli shoyu halal keluaran Kikkoman Akufood Indonesia, yang telah mengantongi sertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Shoyu merk Kikkoman bisa ditemukan di pasaran maupun marketplace online. Menyadari kebutuhan shoyu halal di Indonesia yang cukup tinggi, Kikkoman pun menyediakan berbagai ukuran untuk produk ini.Tersedia Kikkoman ukuran sachet sampai kemasan 2 liter! Bisa dibeli di toko berikut:
2.  Saus Teriyaki
Teriyaki adalah salah satu tumisan favorit orang Jepang. Saus teriyaki memiliki kombinasi rasa manis dan asin, dengan warna kecoklatan dan tekstur yang agak kental. Sebenarnya kamu bisa meracik sendiri saus teriyaki menggunakan shoyu halal, gula, dan air parutan jahe (sebagai pengganti sake). Namun kini sudah banyak saus teriyaki halal, antara lain Saori dan Kikkoman. Bisa dibeli di toko berikut:
3. Miso
Jika kamu penggemar sup miso yang gurih dan nikmat, mengapa tidak coba membuatnya sendiri di rumah? Miso adalah fermentasi rebusan kedelai yang dicampur dengan garam. Warnanya cokelat muda dengan tekstur kental seperti selai kacang, dengan rasa umami atau gurih. Nah, proses fermentasi ini kerap menghasilkan kadar alkohol di dalamnya. Namun kini terdapat miso halal merk Enachan yang sudah tersedia di Indonesia (dan mengantongi sertifikasi halal MUI!) Bisa dibeli di toko berikut:
4. Bumbu kare Jepang instan
Kare Jepang memiliki cita rasa yang jauh berbeda dengan kari-kari dari negara lainnya seperti India dan Indonesia. Kare Jepang memiliki warna cokelat dengan tekstur yang agak kental, rasa rempah yang lebih ringan, dan rasa umami yang agak kencang. Kare Jepang jugamenggunakanroux (campuran tepung terigu dan lemak) untuk mengentalkan terksturnya. Salah satu bumbu kare Jepang instan halal yang sudah bersertifikat halal MUI yang bisa kamu beli adalah merek lokal Warasa dan Nicchi. Bisa dibeli di toko berikut:
5. Saus Katsu
Mengapa harus beli kalau bisa bikin sendiri? ;) Chicken Katsu adalah salah satu makanan khas Jepang yang mudah untuk dibuat. Fillet dada ayam dimarinasi dengan bawang putih, garam dan merica, kemudian dibalut tepung roti dan digoreng hingga cokelat keemasan. Setelah itu, Chicken Katsu dipotong-potong dan disajikan dengan saus khusus. Kikkoman adalah salah satu merk yang mengeluarkan saus Chicken Katsu halal. Bisa dibeli di toko berikut:
6. Saus tartar
Kredit: Intan Kenkomayo Indonesia Tidak afdol rasanya mengonsumsi karaage ayam tanpa saus tartar. Saus ini juga kerap dijadikan pendamping gorengan seperti Ebi Furai. Kamu bisa membuat saus ini sendiri menggunakan mayones, bawang bombay cincang, air lemon, dan peterseli. Selain itu, kamu juga bisa membeli saus tartar bersertifikasi halal MUI dengan merek Omayo Tartar. Bisa dibeli di toko berikut:
7. Minyak Wijen
Minyak wijen adalah komponen penting dalam masakan Jepang. Sentuhan minyak wijen bisa membuat cita rasa masakan Jepang menjadi lebih kaya. Di Indonesia sendiri ada beberapa merek minyak wijenyang telah memiliki sertifikat halal dari MUI, misalnya minyak wijen ABC, Heuk Im Ja, Soon Chang, dan Minyak Wijen 58. Bisa dibeli di toko berikut:
8. Bubuk teh hijau/matcha
Tak lengkap rasanya menyantap masakan Jepang tanpa minum teh hijau alias matcha. Di Indonesia, ada beberapa merk teh hijau yang telah mengantongi sertifikasi halal MUI. Matchamu adalah salah satunya. Matchamu menyediakan beragam jenis bubuk matcha seperti pure matcha dan matcha latte. Selain itu ada pula Hojicha dan hojicha latte. Bahan-bahannya diimpor langsung dari Jepang, dan diolah di Yogyakarta. Bisa dibeli di toko berikut ini: