icon
icon
article hero

7 Destinasi Bulan Madu Antimainstream Tahun 2021 (Beserta Hotel Romantisnya!)

AvatarName

Sastri  •  Dec 26, 2020

icon

Kondisi yang tertera di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan.  Rasanya hampir setiap pasangan memiliki keinginan untuk bulan madu di tempat yang romantis. Namun jika kamu dan pasangan menyukai petualangan, wisata budaya, dan wisata antimainstream lainnya, beberapa destinasi di Indonesia cocok jadi tujuan honeymoon! Bukan rahasia lagi bahwa Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang tiada dua. Oleh karena itu, saatnya menyelami lebih dalam keindahan Nusantara bersama pasangan tercinta :)
1. Dieng
“Negeri di Atas Awan”, begitu julukan Dataran Tinggi Dieng yang terletak di Jawa Tengah. Oleh karena suguhan wisata yang beragam, Dieng biasa disambangi oleh keluarga dan traveller yang liburan bersama teman-teman. Namun untuk pasangan yang tengah honeymoon, Dieng bisa menyuguhkan pengalaman berbeda. Mulailah pagimu dengan trekking ke Puncak Sikunir, atau Gunung Prau (jika kalian suka trekking!) atau nikmati secangkir kopi panas dan kentang goreng khas Dieng di teras penginapan. Setelah itu, kunjungi beberapa candi yang tersebar di kawasan Dieng serta beberapa spot wisata alam. Jangan lupa bawa jaket tebal, kaus kaki dan sarung tangan karena suhu di sini selalu dingin. Di Dieng, waktu terasa sangat lamban dan menyenangkan apalagi jika dihabiskan bersama pasangan! P.S. Untuk penginapan nyaman di Dieng, kamu bisa mengecek Tani Jiwo. Selain bunk bed, penginapan nyaman ini juga memiliki doublebed yang cocok untuk bulan madu.
2. Banyuwangi
Honeymoon ke Bali, rasanya sudah biasa. Mengapa tidak coba bulan madu di wilayah paling timur Jawa, berbatasan langsung dengan Selat Bali? Provinsi Banyuwangi menghadirkan beragam jenis wisata mulai dari alam, kuliner, budaya, hingga sejarah. Kamu bisa mengajak pasangan mendaki Gunung Ijen, melihat Api Biru yang fenomenal, serta mencicipi kuliner otentik khas Bumi Blambangan. P.S. Dialoog Banyuwangi adalah resor pinggir pantai yang paling direkomendasikan, terutama untuk honeymooners!
3. Lasem
Jika bicara soal destinasi bulan madu, Lasem rasanya jauh dari destinasi yang cocok. Padahal, kota mungil di pesisir utara Jawa Tengah ini sangat hidup berkat sejarah, budaya, dan kekayaan kulinernya yang kental dengan akulturasi Tionghoa. Kamu bisa menjelajah kota dengan berjalan kaki atau sewa sepeda. Setelah itu, kunjungilah sentra batik Lasem yang terkenal oleh motif peranakannya. Jangan lupa cicipi makanan khas Lasem seperti Lontong Tuyuhan! P.S. Rumah Merah Heritage (0852-1149-4552) menempati bangunan tua yang sangat cantik dan terawat. Cocok untuk tempat menginap di kota mungil ini.
4. Banda Neira
Beralih ke wilayah timur Indonesia, ajaklah pasanganmu berbulan madu di salah satu hidden gem paling indah: Banda Neira. Banda Neira atau Banda Naira adalah kepulauan yang terletak di Provinsi Maluku. Pulau-pulau ini kental akan wisata sejarah, tempat Belanda mengambil rempah-rempah seperti pala untuk kemudian dijualdi Eropa pada masa lampau Kini, Banda Neira menyuguhkan destinasi wisata alam serta sejarah yang terpugar dengan baik. Panorama alamnya luar biasa indah. Kamu dan pasangan juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengansnorkeling atau diving. P.S. Untuk tempat menginap yang nyaman, kamu bisa menyambangi Maulana Hotel Banda Neira atau Baba Lagoon. The Nutmeg Tree Hotel & Dive juga menyuguhkan penginapan yang kecil namun nyaman, dengan bangunan tua yang masih apik.
5. Bukittinggi
Pasangan yang jenis wisatanya tidak jauh dari kuliner rasanya wajib menyambangi Bukittinggi. Kota mungil di Sumatera Barat ini menyuguhkan deretan wisata kuliner yang tak ada habisnya: Nasi Kapau, The Talua, Pisang Epe, dan masih banyak lagi! Lengkapi wisata kulinermu dan pasangan dengan menyambangi destinasi wisata alam yang aduhai indahnya, seperti Ngarai Sianok dan Danau Maninjau. P.S. Novotel Bukittinggi adalah salah satu penginapan paling ikonik serta cocok untuk kamu beristirahat di malam hari. Hotel ini menempati bangunan tua bergaya Moorish yang cantik.
6. Pulau Moyo
[caption id="attachment_107798" align="aligncenter" width="900"]
dok. Amanwana[/caption] “Permata Cantik dari Sumbawa”, begitu julukan Pulau Moyo. Tak heran, pulau ini memang merupakan hidden gem yang terletak tidak jauh dari pulau utama Sumbawa. Para selebriti baik dalam maupun luar negeri pernah liburan ke sini. Putri Diana pun pernah menyambangi Pulau Moyo! Kamu bisa mengajak pasanganmenikmati Air Terjun Mata Jitu yang indahnya bak di negeri dongeng, kemudiansnorkeling di Pantai Raja Sua yang memiliki habitat laut sangat kaya. Banyak air terjun dan pantai cantik lainnya yang siap dieksplorasi! P.S. Salah satu resor paling mewah di sini adalah Amanwana, yang masuk dalam grup hotel Aman. Selain itu, kamu juga bisa menginap di beberapa hotel yang harganya lebih murah seperti Maleo Moyo Seaside Resort atau Sunset Moyo Bungalows.
7. Pulau Bintan
Bintan adalah pulau terbesar di Provinsi Kepulauan Riau. Kota Tanjung Pinang merupakan bagian dari pulau ini. Ajaklah pasangan menikmati keindahan alam Bintan dengan mengunjungi Lagoi, kawasan wisata terpadu dan eksklusif di pulau ini. Kamu juga bisa berwisata sejarah dan budaya dengan mengunjungi Pulau Penyegat, Pulau Senggarang, dan “White Sands Island” yang tidak berpenghuni. P.S. Tahukah kamu, Bintan adalah lokasi hotel yang memiliki kolam renang terluas di Asia Tenggara. Namanya Treasure Bay Bintan, bisa jadi tempatmu honeymoon bersama pasangan selama di Bintan!