Kalau kamu sekarang sedang membaca artikel ini, kemungkinan kamu sedang berencana jalan-jalan ke tempat-tempat wisata favorit di Singapura! Atau, jangan-jangan kamu justru ragu apakah tempat-tempat itu memang layak dikunjungi?


Credit: giphy

Nah, artikel ini akan meyakinkan kamu bahwa taman-taman cagar alam adalah pilihan yang tepat! Kami sudah blusukan langsung ke taman-taman cagar alam itu sendiri, supaya kamu dapat bocoran demi pengalaman yang paling asyik. 😉

Pesan tiketmu sekarang untuk mengunjungi taman-taman cagar alam WRS (Wildlife Reserves Singapore)!

Hemat sampai lebih dari 40% dari harga normal tiket masuk dan tiket naik kereta, dengan membeli tiket ParkHopper Plus!

PESAN SEKARANG!

1. Tur rahasia eksklusif bersama ikan duyung dan teman-temannya!

Ada banyak tur rahasia yang eksklusif (behind-the-scenes tour) di taman-taman cagar alam Singapura. Dengan tur semacam ini, kamu bisa berkenalan lebih dekat dengan hewan-hewan menakjubkan seperti ikan duyung yang manis dan teman-teman reptilnya yang sering dianggap menakutkan!🎉

Ikan duyung memang kelihatannya besar sekali dan menakjubkan dari balik kaca akuarium, tetapi mereka sebenarnya punya sisi lain. Kalau berkenalan lebih dekat dengan mereka, kamu akan melihat bahwa mereka hewan mamalia yang lembut! Simak penjelasan pawang dalam tur rahasia dan ikutlah memberikan makanan kepada mereka. Tahukah kamu bahwa makanan favorit hewan pecinta damai ini adalah sayuran dan pelet yang kaya serat?

Selain lembut, ikan duyung ternyata juga pintar! Kami kagum melihat mereka mengambil makanan dengan mulut! Ikan duyung juga suka kepalanya ditepuk-tepuk, jadi pastikan kamu memuji mereka sambil menepuk-nepuk kepalanya karena telah bersabar menunggu makanan diberikan. Ayo, pesan tempat untuk mengikuti tur rahasia ini di sini!

Selain mamalia air, dunia reptil juga tak kalah menari! Ular memang hewan yang sering dianggap menakutkan, termasuk bagi kami (awalnya!). Sambil gemetaran, kami memberanikan diri mengikuti tur rahasia Reptopia. Tetapi ternyata, kami berubah jadi takjub melihat hewan-hewan reptil itu! Pawang-pawang yang luar biasa bersemangat ini akan memperkenalkan kamu kepada banyak hewan reptil yang tinggal di Singapore Zoo (Kebun Binatang Singapura).

Temui langsung kadal berjenggot, ular, atau tokek, dan dapatkan pengalaman yang luar biasa ini. Siapa tahu kamu justru akan jatuh cinta dan tidak takut reptil lagi. Ayo, pesan langsung tempatmu di tur Reptopia, di sini!

2. Dekati langsung teman-teman barumu di cagar alam!

Salah satu alasan favorit untuk mengunjungi cagar alam adalah belajar tentang hewan-hewan, baik dengan mengamati perilaku mereka maupun dengan berinteraksi langsung. Menurut kami, sesi memberi makan hewan di cagar alam adalah cara yang terbaik untuk mengenal mereka lebih dekat!

Hanya dengan 5 dolar Singapura (dengan nilai kurs saat penulisan, kira-kira sama dengan Rp50.000), kamu bisa memberi makan hewan favoritmu seperti jerapah, badak, gajah, dan banyak lagi lainnya! Yang paling menyenangkan, seluruh pendapatan dari sesi memberi makan hewan ini akan dimanfaatkan untuk mendanai pelestarian cagar alam!

Burung-burung nuri di Jurong Bird Park (Taman Burung Jurong) akan terbang mendatangimu dan hinggap di tanganmu untuk menikmati makanan yang kamu pegang dalam gelas plastik.

#Bocoran dari HHWT: Kunjungi area Lory Loft pada jam 11.00 sampai 11.30 siang, karena burung nuri biasanya lapar di jam-jam ini. Hasilnya, kamu akan didatangi lebih banyak burung nuri yang meminta makanan!

Kamu juga bisa menyaksikan pawang memberi makan hewan peliharaannya di Singapore Zoo secara gratis di waktu-waktu tertentu (jadwalnya bisa kamu lihat di sini). Menariknya, pawang gajah juga sudah belajar bahasa Sinhala sehingga bisa berkomunikasi dengan hewan-hewan raksasa yang lembut ini!

#Bocoran dari HHWT: Datanglah ke sesi memberi makan yang paling awal di jam 9.15 pagi, supaya kamu mendapatkan bonus menonton gajah mandi. Perilaku mereka menggemaskan sekali saat memasuki air dengan riang dan menikmati buah dari ember-ember makanan!

3. Rasakan pengalaman unik makan bersama hewan-hewan liar!

Pernah terpikir untuk makan bersama hewan-hewan liar? Nah, program yang satu ini memberikan pengalaman itu untukmu! Rasakan kebersamaan dengan hewan-hewan yang sangat bersahabat ini, dengan makan sambil mengamati perilaku alami mereka dari dekat sekaligus berinteraksi langsung dengan mereka! Tenang, para pawang juga akan mendampingi dan menceritakan berbagai hal tentang mereka.

Nikmati kelezatan sarapan khas gaya kontinental bersama sekeluarga orangutan dan belajarlah lebih jauh tentang hewan primata yang manis ini dalam program Jungle Breakfast with Wildlife (Sarapan di Hutan bersama Hewan Liar) di Singapore Zoo. Program ini sudah mendapatkan penghargaan khusus dan memiliki sertifikasi Halal juga, lho. Setelahnya, kamu pasti jadi makin bersemangat untuk menjelajah area cagar alam sampai puas.

Jangan lewatkan juga kesempatan untuk berfoto dengan hewan-hewan liar! Tempat yang tersedia setiap harinya cukup terbatas, jadi pastikan kamu melakukan pemesanan dulu sebelumnya di sini.

Kalau kamu suka burung, ikuti program Lunch With Parrots (Makan Siang bersama Burung Kakaktua) di Jurong Bird Park! Setiap hari pada jam 12.00 sampai 14.00 siang, kamu bisa menikmati menu prasmanan makanan Asia di restoran Songbird Terrace. Dapur khusus di restoran ini juga bersertifikasi Halal, lho! Nah, ayo saksikan langsung aksi lucu burung-burung kakaktua ini menemani makan siangmu!

Burung jenis ini memang mengagumkan, mereka dikenal sebagai salah satu spesies hewan yang paling cerdas. Pikasso, salah satu burung yang tinggal di cagar alam Jurong Bird Park, pintar melukis dan menciptakan karya seni dengan warna-warna cat pilihanmu! Kamu juga bisa membeli hasil lukisannya sekaligus berkontribusi terhadap upaya pelestarian dan pemeliharaan burung-burung di cagar alam ini. 🤗

Program interaktif yang penuh keseruan ini menampilkan banyak trik menarik. Program dimulai pada jam 13.00 siang dan hanya berlangsung selama setengah jam, jadi pastikan bahwa kamu sudah mendapatkan posisi duduk yang terbaik sebelumnya! Omong-omong, program Lunch With Parrots juga merupakan salah satu program favorit banyak orang, maka kami menyarankan agar kamu memesan tempat dulu secara online sebelumnya.

4. Kenyangkan perut dengan makanan-makanan Halal di keempat cagar alam

Betul, kamu tidak salah baca. Selain program makan bersama hewan-hewan liar, ada banyak pilihan makanan Halal yang tersedia untuk mengenyangkan perutmu sebelum dan di sepanjang hari kamu berkeliling cagar alam. 😋

Kamu bisa menikmati makanan cepat saji di KFC tepat di luar Singapore Zoo, atau kalau sedang tidak ingin makan makanan cepat saji, ada restoran Ah Meng Kitchen persis di seberangnya, yang menyajikan berbagai menu favorit setempat. Dua-duanya ada di luar gerbang masuk, jadi kamu juga bisa membeli makanan di situ sebelum mengikuti tur River Safari (Safari Sungai) atau Night Safari (Safari Malam).

Kalau kamu lapar saat berkeliling di dalam Singapore Zoo, jangan khawatir! KFC juga ada di dalam, tepatnya di area Rainforest KidzWorld. Restoran Chawang Bistro dan Ah Meng juga bisa menjadi pilihan lain di dalam area cagar alam.

#Bocoran dari HHWT: Meskipun sampai saat ini belum ada musala khusus di Singapore Zoo, kamu bisa langsung meminta bantuan petugas di meja resepsionis. Petugas akan menyediakan sajadah serta ruangan untuk kamu menunaikan salat. Kamu juga boleh berwudhu di toilet terdekat, lho. 🤗

Hal pertama yang akan kamu lihat begitu tiba di Jurong Bird Park adalah Hawk Café. Restoran ini menyajikan aneka makanan lokal dan minuman segar untuk mendongkrak energimu sebelum beraktivitas seru seharian. Pilihan lainnya adalah restoran pizza yang sudah terkenal, Pizza Hut Express, di dalam area cagar alam. Sebaiknya kamu juga membeli makanan untuk dibawa berkeliling sepanjang hari, supaya ketika lapar menyerang kamu bisa langsung makan di salah satu area istirahat yang tersedia. 😋

5. Pelajari berbagai fakta menarik dengan tur dan program-program berpanduan yang gratis!

Restoran Ah Meng punya menu camilan favorit? Gajah yang mana yang paling gemar bermain? Semua ada jawabannya. Temukan fakta-fakta menarik ini dalam sesi interaksi dengan pawang, gratis! Para pawang akan menceritakan banyak hal menarik tentang hewan-hewan yang ada serta tingkah laku mereka! Karena selalu bergaul langsung dengan para hewan, pawang adalah orang yang tepat untuk menceritakan kehidupan hewan-hewan itu.

Mulai dari tamarin jenis cotton-top yang imut sampai gajah yang besar tapi lembut dan harimau putih yang keren, ada begitu banyak spesies hewan yang bisa kamu kenali dan pelajari! Rencanakan acara jalan-jalanmu sejak jauh hari dan temukan jadwal program Keepers’ Chit-chat (Ngobrol dengan Pawang) di sini.

Tamarin jenis cotton-top

Dapatkan tiket taman cagar alam WRS secara online!

Beli tiket ParkHopper Plus dan hematlah lebih dari 40% dari harga normal tiket masuk, termasuk tiket naik kereta!

PESAN SEKARANG!

6. Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi hewan-hewan yang paling unik!

Tahukah kamu bahwa keempat taman cagar alam ini adalah tempat tinggal hewan-hewan unik yang hanya bisa ditemui di Singapura? Burung bayan biru (Spix’s macaw) di Jurong Bird Park adalah salah satu contohnya.

Kamu merasa pernah melihat burung ini? Mungkin karena kamu menyaksikan film Rio! Burung bayan biru memang menjadi inspirasi film ini. Di seluruh dunia, hanya ada 150 ekor burung bayan biru yang tersisa dan sebagian besarnya dipelihara di lokasi rahasia di Qatar dan Brasilia sebagai upaya pelestarian. Jurong Bird Park adalah satu-satunya tempat untuk publik bisa menyaksikan langsung burung bayan biru.

Singapore Zoo baru-baru ini juga direnovasi dan kini menjadi tempat pengembangbiakan hewan yang telah terancam punah: bekantan. Cagar alam ini menangani populasi bekantan dengan jumlah terbesar di luar negara habitat aslinya. Jelajahi lebih jauh Singapore Zoo untuk menyaksikan area pengembangbiakan mereka yang telah diperluas dan temukan mengapa hewan menarik yang berperilaku seperti manusia ini sekarang terancam punah!

Selanjutnya, kunjungi area hewan Australasia dan berkenalanlah dengan kanguru pohon! Kalau selama ini kamu berpikir kanguru hanya bisa melompat, kamu akan terkejut. Seperti namanya, kanguru pohon justru lebih suka bertengger di atas pohon. 😂 Spesies hewan marsupialia ini berasal dari Papua Nugini dan kini jumlahnya makin berkurang. Yang berada dalam pemeliharaan manusia hanya tersisa 50 ekor di seluruh dunia, dan lima ekor di antaranya tinggal di Singapore Zoo.

Bertualanglah juga dalam River Safari sambil menggoda para kapibara! Hewan yang menggemaskan ini berasal dari wilayah selatan benua Amerika. Mereka juga merupakan salah satu hewan yang paling ramah, lho! Ayo, mulai petualanganmu dalam program River Safari Amazon River Quest dan buka matamu lebar-lebar untuk menyaksikan tingkah-polah mereka!

#Bocoran dari HHWT: Kalau kamu ingin berkontribusi terhadap upaya pelestarian, pasang foto dengan posisi terbalik di akun media sosialmu dengan tagar #TogetherForWildlife. Untuk setiap foto terbalik yang kamu pasang, organisasi Wildlife Reserves Singapore (WRS) akan mendonasikan 1 dolar Singapura kepada upaya pelestarian alam!

7. Temukan berbagai kejutan menyenangkan dengan menyusuri jalur jalan kaki.

Kami sangat merekomendasikan kamu menyusuri jalur jalan kaki sebelum menjelajahi seluruh area cagar alam dengan kereta, supaya kamu tidak berdesak-desakan dengan banyak pengunjung lain. 😉 Kamu juga sebaiknya memaksimalkan tenaga dan memanjakan mata dengan kejutan-kejutan tersembunyi yang pasti terlewatkan kalau kamu naik kereta!


Hewan yang bersembunyi seperti burung ibis sendok (Spoonbill) ini pasti mudah terlewatkan dari pandangan kalau kamu tidak meluangkan waktu untuk mengamati!

Jalan kaki sebelum naik kereta adalah taktik yang jitu, terutama dalam program Night Safari, karena antrean kereta biasanya lebih pendek di malam hari. Sebelum itu, kamu pasti menemukan berbagai kejutan tersembunyi sambil menyusuri jalur jalan kaki, seperti walabi di Wallaby Trail ini!

Jangan khawatir tentang gelap di malam hari. Seluruh area cagar alam memiliki penerangan yang memadai untuk kamu melihat semua hewan dan kamu bisa berkeliling tanpa tersesat sama sekali! Setelah puas, akhiri penjelajahanmu dengan naik kereta selama 40 menit mengelilingi area cagar alam.

8. Dapatkan pengalaman bermakna melalui berbagai wahana tematik yang kreatif.

Di musim ini, Singapore Zoo menyuguhkan Land of Giants (Negeri Para Raksasa), yang menyajikan pengalaman menjadi serangga bagi para pengunjung! Hati-hati dengan laba-laba raksasanya dan siapkan pose foto terkerenmu untuk dipasang di Instagram.

Land of Giants adalah wahana musiman, jadi kunjungi segera sebelum musimnya berakhir! Selain wahana ini, wahana-wahana musiman lainnya akan diinformasikan jadwalnya kemudian.

Ada juga wahana tetap di Singapore Zoo yang bernama Reptopia. Yang ditampilkan di sini adalah hewan-hewan reptil dari seluruh dunia.

Saksikan gaya-gaya unik kadal berjenggot atau ular sanca yang amat besar dan panjang menggeleser di kandangnya! Area Reptopia baru-baru ini juga diperbaharui, jadi kalau kamu sudah lama tidak mengunjunginya, ini adalah waktu yang baik untuk memasukkannya dalam rencana perjalanan!

9. Ambil foto penuh kenangan di salah satu air terjun buatan yang tertinggi.

Jangan lewatkan air terjun dalam ruangan setinggi 35 meter (setinggi gedung 13 lantai!) di Jurong Bird Park. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun buatan yang tertinggi di dunia. Jelas, pemandangan ini harus diabadikan!

Jangan lupa juga menyaksikan burung-burung di area air terjun ini! Area penangkaran burung di sana, The Waterfall Aviary, juga memiliki burung-burung liar yang luar biasa indah, seperti trulek topeng (Masked Lapwing). Burung ini berhasil membuat kami sendiri berhenti di tengah-tengah perjalanan penjelajahan untuk mengaguminya!

#Bocoran dari HHWT: Waktu terbaik untuk menyaksikan jenis burung yang paling banyak di area ini adalah saat jadwal program Keeper’s Chit Chat serta di sesi pemberian makan (di jam 10.30 pagi dan 14.30 siang).

10. Hemat uangmu dengan membeli tiket ParkHopper Plus untuk mengunjungi keempat taman cagar alam sekaligus!

Sudah tidak sabar untuk mengunjungi keempat taman cagar alam sekaligus? Cara paling cerdas untuk melakukannya adalah membeli tiket ParkHopper Plus. Kamu bisa menghemat lebih dari 40% dari harga normal tiket satuannya, dan tarif ini sudah termasuk tarif naik kereta di semua lokasi! Jadi, kamu tidak usah menghabiskan terlalu banyak uang untuk menyaksikan hewan-hewan kesukaanmu beraksi. 🤗

Dengan harga 88 dolar Singapura per orang dewasa dan 68 dolar Singapura per anak (usia 6-12 tahun), kamu bisa mengunjungi keempat taman cagar alam dan naik kereta kapan saja di masing-masing lokasi tanpa membayar lagi. Tiket ini juga termasuk program River Safari’s Amazon River Quest, yang tepat sekali untuk orang tua dan anak-anak yang tidak kuat (atau tidak ingin) berjalan kaki terlalu jauh.

Kami sangat menyarankan agar kamu memesan tiket ini secara online jauh hari sebelum perjalananmu. Cara ini akan menghemat waktu untuk menikmati penjelajahanmu nantinya!

#Bocoran dari HHWT: Jangan lupa membawa penangkal serangga, topi, payung atau jas hujan, dan air minum dalam botol! Air minum isi ulang tersedia di banyak lokasi dalam bentuk air mancur khusus, jadi kamu bisa mengisi ulang botolmu kapan saja.

Dapatkan tiket taman cagar alam WRS secara online!

Beli tiket ParkHopper Plus dan hematlah lebih dari 40% dari harga normal tiket masuk, termasuk tiket naik kereta!

PESAN SEKARANG!

Dengan semua panduan dan informasi terbaru yang seru tentang taman-taman cagar alam dari HHWT, inilah waktu terbaik untuk kamu merencanakan perjalanan menjelajah alam di Singapura! Panduan ini tepat untuk anak-anak, pecinta hewan, dan setiap orang yang ingin menikmati alam liar atau belajar lebih jauh tentang alam. Kami sendiri sangat keasyikan menjelajah keempat taman cagar alam ini saat blusukan! Sekaranglah giliranmu bersenang-senang menikmati hari yang seru di sana! 😉

 

Artikel ini disajikan khusus untukmu oleh organisasi Wildlife Reserves Singapore.

There are no comments yet

X
New
Chat with Sofia!
WordPress Lightbox Plugin