icon
icon
article hero

Wishlist Keliling Dunia di Indonesia Check! Ini 9 Lokasinya

AvatarName

Tiara  •  Sep 16, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Meski rencana liburan tertunda, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati keindahan dunia. Faktanya, ada banyak tempat wisata di Indonesia yang mirip dengan luar negeri. Selain lebih dekat, kamu pun tidak butuh paspor dan visa untuk menikmati pemandangan yang tidak kalah mempesona. Catat dulu untuk pergi nanti usai pandemi!
Brown Canyon Semarang
Mirip dengan Grand Canyon di AMerika Serikat, tebing-tebing tinggi kecoklatan yang menjulang ini ada di Semarang. Namun, kamu bisa mengaksesnya dari kota Solo dan Yogyakarta. Sebenarnya tempat ini bukanlah obyek wisata, melainkan proyek galian aktif yang telah berjalan selama lebih dari 10 tahun. Kalau kamu mau ke sini, pastikan datang di luar jam kerja dan membawa masker dan kacamata untuk menghindari debunya.
Hutan Bambu Keputih
Bukan di Arashiyama,  hutan bambu ini berada di wilayan Sukolilo dan dulunya merupakan tempat pembuangan sampah. Sesampainya di sana, kamu akan disambut oleh deretan pohon bambu yang melengkung, angin sepoi-sepoi, dan kicauan burung. Pada musim kemarau, daunnya menguning dan kering. Sementara pada musim hujan, hutan ini menghijau dan menampilkan pemandangan asri.
Kampung Warna-warni Jodipan 
Kawasan yang tadinya berupa pemukiman kumuh ini sekarang telah menjadi kampung selfie  yang Instagramable bagi para turis yang datang ke kota Malang. Selain itu, ada pula beberapa lokasi menarik untuk berfoto, seperti Lorong Payung dan Lukisan 3D. Ada 2 kampung yang menjadi bagian dari Kampung Warna Warni, yakni Kampung Jodipan dan Kampung Tridi yang dihubungkan oleh jembatan kaca Ngalam Indonesia. Tidak kalah cantik dengan Busan Cultural Village kan? 
Masjid Agung Semarang
Payung-payung raksasa membuat Masjid Agung Semarang 'kembar' dengan Masjid Nabawi yang ada di Madinah. Kamu akan melihat bangunan masjid megah bergaya perpaduan arsitektur Jawa, Arab, dan Romawi. Selain shalat di sini dan mengagumi keindahannya, kamu pun bisa melihat beberapa benda bersejarah seperti mushaf Al Quran kuno raksasa dan Bedug Ijo Raksasa Mangunsari.
Savana Bekol
Savana yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Baluran ini adalah rumah bagi banteng, rusa, kerbau, hingga kera liar dan burung merak.  Suasana dan kehadiran hewan-hewan di sini pun mengingatkan kita akan suasana Maasai Mara di Kenya. Tidak heran jika Savana Bekol pun disebut sebagai Africa van Java.
Patung Buddha Tidur Mojokerto
 Untuk kamu yang terpaksa mengurungkan niat untuk berfoto bersama patung Buddha tidur di Thailand karena larangan terbang, Mojokerto juga punya monumen serupa. Buddha Gautama yang berada di kompleks Maha Vihara Mojopahit ini tercatat sebagai patung Buddha tidur terbesar ketiga di dunia setelah patung yang berada di Thailand dan Nepal. Meski lokasinya berada di kawasan rumah ibadah, tempat ini terbuka untuk umum sebagai obyek wisata. 
Masjid Agung An Nur Pekanbaru
Mirip kan dengan Taj Mahal? Dibangun pada tahun 1963, masjid ini mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 untuk menciptakan wajah barunya. Gaya arsitekturnya pun memiliki unsur Melayu, Turki, Arab, dan India. Tidak heran kalau penampilannya mirip dengan Taj Mahal di India dan menjadi salah satu masjid paling megah di Indonesia.
Danau Kaolin
Danau Kaolin adalah sebuah bekas area tambang yang kini menjadi lokasi wisata populer. Tambang tersebut telah berganti menjadi danau dengan air berwarna biru cerah yang kontras dengan warna pasir putih di sekitarnya. Serupa tapi tak sama, pemandangan ini pun bisa kamu temukan di situs alam Pamukkale, Turki.
Janjang Koto Gadang
Tidak perlu pergi jauh untuk melihat tembok besar karena ada obyek wisata serupa di kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Koto Gadang membentang sepanjang 1,5 kilometer dengan jalur naik turun yang lumayan menantang dengan ribuan anak tangga. Meski panjangnya tak sampai 1 persen jika dibandingkan dengan aslinya, tempat ini cukup mengobati rasa penasaran dan memberikan gambaran akan Tembok China yang asli! Jangan sedih karena belum bisa traveling, kamu tetap bisa keliling dunia dengan berbagai virtual tour menarik ini: