icon
icon
article hero

8 Berita Baik Tentang Covid-19 di Bulan Penuh Berkah Ini

AvatarName

Tiara  •  May 05, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Memasuki bulan kedua kondisi new normal akibat wabah Covid 19, ada begitu banyak perubahan yang terjadi. Salah satunya adalah pembatasan mobilitas dan kegiatan di luar ruangan yang membuat kita harus bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Tahun ini pun untuk pertama kalinya (dan semoga terakhir kali) kita menjalani bulan Ramadan di tengah PSBB tanpa buka puasa bersama, shalat tarawih di masjid, ataupun berburu takjil seperti tahun-tahun sebelumnya. Credit: Giphy Meski kondisi saat ini penuh dengan ketidakpastian, bukan berarti tidak ada harapan. Faktanya, penerapan pembatasan sosial di sejumlah daerah di tanah air mulai menunjukkan hasilnya. Tak hanya di Indonesia, negara-negara lain pun mulai beranjak untuk menyongsong babak baru pandemi ini. Supaya kamu semakin semangat, inilah beberapa berita baik tentang Covid-19 yang terjadi selama bulan penuh berkah ini.
Berita Dalam Negeri
1. Jumlah pasien yang sembuh semakin banyak
 Meski jumlah kasus positif Covid-19 di tanah air masih mengalami fluktuasi setiap harinya, satu hal baik yang patut dicatat adalah jumlah pasien yang sembuh mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hingga Selasa (5/5) pagi, data menunjukkan sebanyak 1.954 (16%) pasien telah sembuh sementara 864 (8%) meninggal dunia dari total 11.587 kasus terkonfirmasi positif di Indonesia. Jumlah ini memang jauh dari sempurna, namun setidaknya peningkatan angka tersebut mencerminkan harapan kita. 
2. Sebanyak 18 provinsi di Indonesia nol kasus positif Covid-19 baru
Berdasarkan data yang dihimpun oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sebanyak 18 provinsi di Indonesia tidak menemukan kasus Covid-19 baru di wilayahnya hingga 4 Mei 2020 lalu. Provinsi tersebut di antaranya adalah Aceh, Bangka Belitung, Yogyakarta, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua. Dengan diterapkannya PSBB, diharapkan daerah-daerah lain pun segera menyusul tren positif ini.
3. Pemerintah Indonesia meluncurkan layanan konsultasi psikologi gratis
Covid-19 bukan hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi ini, pemerintah meluncurkan layanan konsultasi psikologi gratis Sejiwa. Layanan ini bisa diakses lewat nomor telepon 119 ext.8. Penelepon nantinya akan terhubung dengan relawan dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi). Lihat juga halaman ini untuk daftar layanan konseling psikologi online lainnya.
4. Harga masker dan hand sanitizer berangsur normal
Sebelumnya, kedua barang ini mengalami kelangkaan pada awal Maret hingga April sehingga menyebabkan harganya melonjak hingga puluhan kali lipat. Namun, berdasarkan laporan warganet harga, ketersediaan masker dan hand sanitizer kini berangsur normal. Jika sebelumnya harga masker sekali pakai melonjak hingga Rp 350.000 untuk 50 lembar, kini satu paket berisi 5 lembar bisa dibeli dengan harga kurang dari Rp 10.000. Demikian pula dengan hand sanitizer yang kini mulai kembali mengisi rak-rak di minimarket. 
Berita Luar Negeri
5. Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan kembali dibuka
 Setelah ditutup untuk umum sejak tanggal 20 Maret 2020, rencana pembukaan kembali 2 masjid suci ini mengemuka. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Presidensi Dua Masjid Suci Syekh Abdul Rahman Al-Sudais yang dimuat dalam sebuah cuitan akun Twitter Haramain Info. Meski tanggal pembukaan pastinya belum dirilis, setidaknya ada harapan untuk pelaksanaan haji, umroh, dan ibadah lainnya di kedua masjid ini.
6. Beberapa negara ASEAN mulai melonggarkan pembatasan sosial
Vietnam, Thailand, hingga Singapura dan Malaysia berencana melonggarkan aturan pembatasan sosial menyusul semakin berkurangnya kasus positif Covid-19 di negaranya. Misalnya di Malaysia, aturan pembatasan dilonggarkan sejak 4 Mei 2020 sehingga pusat perbelanjaan kembali buka dan masyarakat diperbolehkan berkendara dengan mobil pribadi berkapasitas maksimal 4 orang. Semoga Indonesia segera menyusul!
7. Vaksin Covid-19 mulai diuji klinis
Inggris dan Jerman adalah 2 negara yang sudah mulai melakukan uji klinis vaksin Covid-19. Jika semuanya berjalan lancar, diperkirakan jutaan vaksin sudah bisa diedarkan pada akhir tahun 2020 mendatang. Sementara di Indonesia sendiri, Eijkman Institute mulai menggarap tahapan awal untuk produksi vaksin Covid-19. Semoga beberapa berita baik di atas bisa menjadi penyemangat kamu untuk tetap optimis setiap hari. Mari berharap agar semakin banyak hal baik yang terjadi selama bulan Ramadan yang penuh berkah ini. Meski saat ini semua masih terasa tidak pasti, yakinlah bahwa badai pasti berlalu.