icon
icon
article hero

12 Berita Baik Selama Pandemi COVID-19 Supaya Kamu Tetap Semangat

AvatarName

Makna Sinatria  •  Apr 06, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Shasha Dania. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Di tengah kepanikan dan ketakutan akan wabah Covid-19, kita bakal merasa lebih tenang begitu dengar ada kabar baik juga! Selama krisis global ini, ada juga gelombang tanggapan masyarakat, kepedulian, dan dukungan di seluruh dunia 😊 Kredit: Giphy Kami harap kisah-kisah positif ini dapat membantu kalian untuk tetap bersemangat selama pandemi ini. Dan tentu saja tetap yakin bahwa masih ada banyak kebaikan dan kebajikan di luar sana. 😊 Beri tahu kami kalau kalian pernah dengar berita mengharukan lainnya!
1. Cina telah menutup rumah sakit darurat coronavirus terakhirnya
Pada puncak wabah virus di Cina, Cina mendirikan puluhan rumah sakit darurat yang didedikasikan untuk coronavirus. Saat ini, rumah sakit sementara yang terakhir telah ditutup karena pasiennya telah dipulangkan! 😊 Cina juga telah beralih dari catatan ribuan kasus tiap harinya dan sekarang hanya 39 kasus (per 5 April 2020) - sebuah tanda harapan bahwa penyebarannya telah berkurang. Meskipun masih ada infeksi baru di Cina, ini adalah tanda yang menjanjikan bahwa rumah sakit yang ada akan cukup untuk mengatasi kasus baru!
2. Tes eksperimental vaksin Covid-19 telah dimulai
Tes vaksin telah dimulai di Cina dan AS! Academy of Military Medical Sciences di Cina telah disetujui untuk memulai uji klinis contoh vaksin,sedangkan uji coba di AS telah dimulai untuk vaksin yang dirumuskan oleh National Institute of Allergy and Infectious Diseases dan perusahaan bioteknologi Moderna. Meskipun tidak akan ada hasil langsung dari tes ini, kami harap vaksin atau obat penangkalnya dapat segera diciptakan!
3. Tindakan kebaikan lokal terjadi di Singapura
Credit: Denise Deanna Banyak restoran di Singapura seperti Deanna's Kitchen, T-Bob's Corner dan Positano Risto  yang juga menawarkan diskon atau makanan gratis untuk petugas kesehatan yang ada di lini depan! Menyusul pengumuman perintah pembatasan gerak di Malaysia, banyak perusahaan dan warga Singapura yang berinisiatif untuk membantu menampung dan memberi makan orang Malaysia yang memutuskan untuk tinggal di Singapura untuk bekerja. Perusahaan transportasi besar SBS Transit dan SMRT bahkan memberikan kamar hotel untuk pekerja Malaysia untuk tempat tinggal sementara! 😄
4. Warga Malaysia juga berkumpul untuk mendukung komunitas lokal!
Warga Malaysia juga memulai upaya masyarakat seperti kampanye Launchgood untuk membantu kaum rentan selama pandemi! 😊
Credit: Sean Thum on Facebook Kisah warga Malaysia lain yang ada di garis depan juga jadi viral, menginspirasi warga lain untuk mendukung tenaga medis dan staf garis depan lainnya. 😊 Di masa krisis seperti ini, sungguh mengharukan melihat warga bersatu untuk saling dukung. P.S. Kalau kalian dengar lebih banyak program atau kampanye baik lainnya, jangan lupa beri tahu kami!
5. Sebenarnya, aksi kebaikan terjadi di seluruh dunia 😊
Di Indonesia sendiri, menanggapi kelangkaan peralatan yangdibutuhkan tenaga medis untuk menangani pandemi COVID-19, banyak komunitas lokal yang berusaha untuk mengumpulkan peralatan untuk tenaga medis (seperti APD, masker, antiseptik, dan barang-barang lain) melalui donasi dari kitabisa, gofundme, dan metode lainnya. Pemerintah juga tidak tinggal diam dan mengusahakan ratusan ribu peralatan medis yang disalurkan ke seluruh daerah di Indonesia yang terdampak COVID-19. Tidak hanya itu, pemerintah daerah (DKI Jakarta) juga mengusahakan tempat tinggal sementara untuk para tenaga medis yang bekerja di garis depan. Beberapa restoran juga menyalurkan paket makanan dan minuman untuk para tenaga medis dan korban terdampak COVID-19 di rumah sakit rujukan. Di Korea Selatan, banyak petani kentang di provinsi Gangwon-do berjuang untuk menjual hasil panen mereka karena keadaan darurat nasional. Setelah provinsi tersebut membuat kampanye online untuk membantu menjual kentang - lebih dari 8000 kotak kentang dijual hanya dalam 30 detik! 😆 Di Nevada, sukarelawan telah membantu orang yang sakit dan lanjut usia untuk membeli makanan dan kebutuhan pokok lainnya. DisebutShopping Angels atau 'Malaikat Belanja', kelompok ini sekarang mengkoordinasi orang-orang di seluruh AS untuk membantu warga paling rentan di komunitas mereka. Bahkan mereka juga membuat GoFundMe untuk warga miskin yang mungkin tidak mampu membeli kebutuhan pokok.
Kredit: Joyce Murray di FacebookWarga Kanada juga telah memulai gerakan'caremongering', dengan lebih dari 35 kelompok Facebook dibentuk untuk menawarkan bantuan dan dukungan kepada masyarakat di seluruh negeri. Alih-alih menyebarkan keresahan (scaremongering), kelompok-kelompok caremongering (permainan kata dari scaremongering, yang bisa berarti menyebarkan solidaritas) mendorong orang lain untuk membantu yang rentan dan menawarkan kenyamanan dan solidaritas.
6. Beberapa museum paling terkenal di dunia membuat versi virtual, jadi kalian tetap bisa 'mengunjungi' mereka
Jika kalian sudah membatalkan rencana perjalanan, jangan khawatir! Beberapa museum terkenal di seluruh dunia telah membuat galeri mereka supaya mudah diakses secara virtual. Jadi, kalian bisa melakukan tur di Museum Inggris di London, Louvre di Paris, Museum Van Gogh di Amsterdam, atau Smithsonian di Washington DC dari sofa kalian yang nyaman.
7. Perairan Venesia lebih jernih dari sebelumnya!
Kredit: Marco Capovilla di Facebook (via VENEZIA PULITA group)
Tanpa gondola, lumpur dan sedimen yang biasanya diaduk oleh lalu lintas perahu menumpuk di dasar kanal – mengubahnya jadi air yang jernih untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun! Walaupun ini tidak berarti bahwa ada lebih sedikit polusi di kanal-kanal, kurangnya lalu lintas kapal tampaknya memberi cukup ‘waktu istirahat’ bagi kanal-kanal ini.
Kredit: Marco Capovilla di Facebook (via VENEZIA PULITA group)
Penduduk juga melaporkan lebih sedikit bau busuk, dan jika diperhatikan lebih dekat, kalian bisa lihat sekawanan ikan di air jernih.
8. Semua kebakaran hutan di New South Wales Australia telah padam
Dalam beberapa berita yang tidak terkait dengan Covid-19, New South Walesakhirnya memadamkan kebakaran hutannya yang terakhir! Lokasi ini adalah salah satu daerah dengan kondisi paling parah selama musim kebakaran awal tahun ini, dengan kebakaran berlangsung selama lebih dari 240 hari. Untungnya sekarang tidak ada lagi kebakaran aktif, yang merupakan berita fantastis bagi komunitas dan satwa liar di NSW! 😆 Kami menantikan penjelajahan di wilayah NSW begitu larangan berpergian sudah dihapuskan. 😊
9. Penguin Chicago bisa menikmati waktu luang mereka
Akuarium Chicago Shedd ditutup sementara, jadi penguin-penguin di akuarium ini yang jadi ‘pengunjung’ dan berkeliling di sekitar pameran! Didampingi oleh petugas akuarium, penguin Edward dan Annie melakukan 'kunjungan lapangan' di sekitar akuarium untuk melihat teman-teman air mereka. 😍 Kalian bisa cek akun twitter atau instagram Shedd Aquarium untuk berbagai info terbaru tentang petualangan mereka.
10. Polusi udara turun di Cina, Italia dan Jakarta
Karena penguncian dan karantina massal di Cina dan Italia untuk menghentikan penyebaran virus, tingkat polusi udara telah turun secara drastis! Citra satelit yang diambil dari kedua negara telah menunjukkan penurunan gas seperti nitrogen dioksida dan ada lebih sedikit asbut dan asap beracun di tanah. 😮 Meskipun tidak mudah untuk melakukan karantina massal semacam itu (terutama karena jumlah kasus terus meningkat), ini merupakan berita baik yang tidak terduga bagi dunia.
Jakarta adalah salah satu kota dengan kualitas udara paling buruk di dunia, dan beberapa minggu inipolusi turun dengan cukup signifikan. Pada minggu dimulainya bekerja dari rumah (work from home) sesuai dengan imbauan dari Gubernur DKI Jakarta, indeks kualitas udara di Jakarta berkisar antara 60-90, sebuah penurunan dari kualitas udara yang biasanya pada kisaran 150-200 (tidak sehat).
11. Perusahaan mewah LVMH telah mulai memproduksi pembersih tangan untuk rumah sakit Prancis
LVMH - perusahaan induk dari merek-merek mewah termasuk Louis Vuitton, Dior, Givenchy, dan Fendi - telah mengubah 3 pabrik parfum dan wewangiannya untuk memproduksi gel pembersih tangan untuk rumah sakit Prancis. Prancis mengalami kelangkaan stok pembersih tangan setelah jumlah pasien melonjak pekan lalu. Langkah seperti ini tentu saja membantu tenaga medis di Prancis dalam perjuangan mereka melawan virus!😄
12. Perusahaan mode Inditex mulai membantu pembuatan gaun rumah sakit
Kredit: Mike Mozart di Flickr
Inditex (perusahaan induk Zara) telah mulai mengubah sebagian dari pabrik-pabrik tekstil di Spanyol untuk membuat gaun rumah sakit, masker pelindung, sarung tangan dan banyak lagi! Mirip dengan LVMH, gaun ini akan membantu mengisi kebutuhan darurat tenaga medis Spanyol untuk membantu mereka memerangi virus dengan lebih baik. 😊 Di Indonesia, kelangkaan hand sanitizerdan peralatan medis lainnya juga sempat terjadi. Untuk menghadapi hal ini, beberapa perusahaan mulai memproduksi berbagai peralatan kesehatan. Misalnya rumah produksi desainer Anne Avantie mulai membuat ratusan APD untuk disumbangkan ke rumah sakit rujukan COVID-19, pabrik NIVEA di Malang juga mulai memproduksi handsanitizer yang akan disalurkan secara gratis ke rumah sakit rujukan COVID-19, dan berbagai hal baik lainnya. Pada saat seperti ini, gampang banget terhanyut dalam kekhawatiran dan ketakutan. Itulah sebabnya kabar baik seperti ini yang kita butuhkan supaya kita tetap semangat!