icon
icon
article hero

Bendera Indonesia Kembar dengan Monako, Bagaimana Sejarahnya?

AvatarName

Tiara •  Aug 02, 2021

icon

Apa arti bendera merah putih?

Saat sekolah dulu, kita selalu diajarkan sejarah bendera merah putih yang melambangkan keberanian dan kesucian. Bendera merah putih merupakan bagian penting dalam kemerdekaan Indonesia yang direbut dengan berani untuk memulai sebuah negara yang berdaulat. Namun, tahukah kamu bahwa Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang menggunakan bendera merah putih? Selain Indonesia, Monako juga menggunakan bendera dengan warna yang sama.

Sejarah bendera merah putih Indonesia

Secara resmi, bendera merah putih pertama kali dikibarkan pada momen kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Namun, sejarah pun mencatat peristiwa paling mengharukan terkait pengibaran bendera merah putih ialah saat perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato, Surabaya pada 19 September 1945. Kala itu, para pejuang muda merobek warna biru bendera Belanda sebagai tanda mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sejarah bendera merah putih disebut-sebut tak jauh dari kerajaan Nusantara. Bendera Indonesia terinspirasi dari warna bendera Kerajaan Majapahit yang terdiri dari lima garis merah dan empat garis putih yang meilntang  bergantian. Bendera Kerajaan Majapahit pertama kali berkibar pada tahun 1292 sampai 1527. Kini, bendera ini masih digynakan sebagai bendera resmi kapal TNI AL.

Sejarah bendera merah putih Monako

Monako merupakan negara terkecil kedua di dunia. Secara geografis, Monako berbatasan dengan Perancis di tiga sisi dan menghadap ke Laut Tengah. Bendera merah putih Monako secara resmi disahkan sebagai bendera negara jauh sebelum Indonesia, yakni pada April 1881. Karenanya, sempat terjadi penolakan ketika Indonesia menggunakan bendera serupa sebagai bendera negaranya. Monako pun menyatakan bahwa warna merah putih telah digunakan sejak tahun 1297, teaptnya sejak dinasi Grimaldi yang merupakan cikalbakal negara Monako. Namun, kini kedua negara telah sepakat untuk menggunakan warna yang sama untuk masing-masing bendera dan telah mematenkannya.

Perbendaan bendera merah putih Indonesia dan Monako

Serupa tapi tak sama, kedua bendera merah putih ini sebenarnya pun memiliki perbedaan. Bendera Indonesia memiliki dimensi 2:3 sementara bendera Monako 4:5. Warna merah yang digunakan pun berbeda dalam sistem warna. Menurut sumber ini, pada Pantone Matching System (PMS), warna merah pada bendera Indonesia menggunakan PMS Red: 032, sementara bendera Monako PMS: 032C. Kendati demikian, kesamaan kedua bendera ini tidak mengurangi rasa hormat bangsa Indonesia terhadap lambang negara. Setiap tahunnya, bendera merah putih selalu menghiasi setiap rumah dan bangunan menjelang 17 Agustus, Bendera merah putih pun menjadi lambang kemerdekaan Indonesia yang bisa dimiliki siapa saja. Merah yang berani dan putih yang suci menjadi pengingat bagi bangsa Indonesia akan keberanian para pejuang yang merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah. Simak juga informasi seputar kemerdekaan Indonesia lainnya dalam artikel berikut ini: