icon
icon
article hero

Kalahkan Phuket Hingga Tokyo, Bali Jadi Destinasi Wisata Terpopuler di Asia

AvatarName

Tiara  •  Sep 13, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kabar menggembirakan datang dari Pulau Dewata. Bali dinobatkan sebagai destinasi terpopuler se-Asia oleh platform wisata terbesar di dunia, TripAdvisor. Bali menempati posisi pertama diikuti oleh Phuket, Goa, hingga Bangkok dan Tokyo. Penilaian ini dilakukan berdasarkan kualitas dan kuantitas ulasan serta rating yang diberikan oleh para pelancong selama tahun 2019. Bali dianggap sebagai surganya Indonesia dengan keindahan alam berupa pantai, hutan, serta kekayaan seni budayanya yang memukau. Selain Bali, Pulau Lombok pun termasuk ke dalam 25 besar daftar ini dan menempati posisi ke-16.
Prestasi ini pun disambut baik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. Dalam unggahan Instagramnya, ia mengucapkan syukur atas terpilihnya Bali sebagai destinasi terpopuler di Asia. Ia pun berharap agar Bali dan pariwisata di Indonesia segera pulih dan bangkit kembali. Bali memang menawarkan pengalaman wisata yang berkesan. Perpaduan keindahan alam dan budaya inilah yang membuat wisatawan terus kembali ke Bali. Salah satu aktivitas populer yang bisa dilakukan adalah berkeliling desa tradisional Bali. Tur satu hari ini akan mengajak wisatawan menikmati pedesaan Bali yang autentik dengan pelayanan penuh.
 Aktivitas lain yang tidak kalah populer adalah tur di kawasan Ubud. Dalam sehari penuh, wisatawan akan diajak mengunjungi tempat wisata populer seperti Monkey Fores, Tegalalang, Pura Tirta Empul, Air Terjun Tegenungan, dan tentu saja mencoba ayunan di Ubud yang terkenal. Adapun 14 dari 25 destinasi terbaik di Asia ini berada di Asia Tenggara. Selain Indonesia, Thailand menyumbang 5 kota di dalam daftar dengan urutan Phuket, Bangkok, Chiang Mai, Krabi, dan Bophut. Sementara itu, Vietnam menempati 4 posisi dalam daftar dengan Hanoi, Hoi An, Da Nang, dan Ho Chi Minh City. 
Selain itu, Kamboja, Filipina, dan Singapura pun menjadi negara yang masuk ke dalam daftar tersebut. Berikut adalah daftar 25 destinasi wisata terpopuler di Asia tahun 2020 versi TripAdvisor:
  1. Bali, Indonesia
  2. Phuket Thailand,
  3. Goa, India,
  4. Bangkok, Thailand
  5. Hanoi, Vietnam,
  6. Hoi An, Vietnam
  7. Siem Reap, Kamboja
  8. Tokyo, Jepang
  9. Kyoto, Jepang
  10. Chiang Mai, Thailand
  11. Da Nang, Vietnam
  12. Beijing, China
  13. Kathmandu, Nepal
  14. Jaipur, India
  15. New Delhi, India
  16. Lombok, Nusa Tenggara Barat
  17. Ho Chi Minh City, Vietnam
  18. Hong Kong, China
  19. Krabi, Thailand,
  20. Pulau Panay, Filipina
  21. Bophut, Thailand
  22. Shanghai, China
  23. Singapura
  24. Seoul, Korea Selatan
  25. Taipei, Taiwan
  Seluruh destinasi di Asia ini menawarkan pesona berbeda yang sama Indahnya. Meski kini belum memungkinkan untuk melakukan perjalanan internasional, tidak ada salahnya menyimpan destinasi ini untuk rencana liburan setelah pandemi nanti. Simak juga informasi seputar wisata di Bali lainnya dalam artikel berikut ini: