icon
icon
article hero

Apa Itu Baklava? Ini Gerai di Jakarta untuk Mencicipinya (dan Dessert Khas Turki Lainnya!)

AvatarName

Cesgitha Wirati  •  Jul 22, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Kalau kamu pernah travelling ke Timur Tengah, pasti tidak asing dengan makanan ringan atau dessert yang cukup populer di sana: Baklava! Baklava adalah sejenis makanan ringan manis yang bisa kamu temukan di Turki, juga daerah-daerah tempat kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah (Ottoman). Baklava terdiri dari kacang walnut atau pistachio yang dicincang dan dibungkus dengan adonan roti tipis, serta diberi pemanis di atasnya. Citarasanya membuat rindu! Namun sayang sekali, kondisi saat ini tidak memungkinkan kita untuk travelling ke luar negeri termasuk ke Turki. Baca juga: 5 Dessert Khas Turki yang Wajib Kamu Coba Oleh karena itu tahun lalu saya berkesempatan mengunjungi salah satu outlet Mardin Baklava Pattiserie di Jakarta Timur. Pemilik Mardin Baklava, Mr Abdul Rahman Suud merupakan aktor keturunan Arab pertama di Malaysia. Ia juga merangkap sebagai produser TV, film, serta pengusaha. Mr Abdul Rahman Suud membuka toko Mardin Baklava pertama di Cipinang Muara, Jakarta Timur. Selain baklava, Mardin Pattiserie juga menjual Borma dan Kunafa. Semuanya sangat cocok untuk dinikmati sambil minum kopi atau teh. November tahun lalu, Mardin Pattiserie sudah membuka cabang baru di area Kemang, Jakarta Selatan. Selama masa pandemi COVID-19, gerai ini tetap dibuka terutama untuk delivery dan takeaway . Ketika saya berkunjung ke sana, para stafnya tetap menjalani protokol kesehatan. Kalau rindu   dessert khas Turki, kamu juga bisa memesannya lewat GoFood, GrabFood, dan ShoppeeFood.
mardin baklava
Kredit: Cesgitha Wirati Baklava Walnut, Baklava Pistachio, dan secangkir kopi Arab.
kunefe mardin baklava
Kredit: Cesgitha Wirati Kunafa, makanan ringan yang manis, yang trtbuat dari adonan tepung semolina kemudian dilapisi keju dan disiram sirup manis.
mardin baklava
Kredit: Cesgitha Wirati Teh pahit dengan gelas teh khas Timur Tengah.
mardin baklava
Kredit: Cesgitha Wirati Kopi Arab, teman makan Baklava dan Kunafa disajikan dalam cangkir kopi khas Timur Tengah yang unik. Kerajinan perunggu percantik perkakas makan asal Timur Tengah ini. P.S. Beberapa info ini juga akan berguna untuk kamu :)