icon
icon
article hero

Bagaimana Ibadah Haji 2021? Ini Gambarannya, Langsung dari Tanah Suci

AvatarName

Tiara  •  Jul 19, 2021

icon

Bagaimana ibadah haji 2021 dilakukan?

Pada sabtu, 17 Juli 2021 para jamaah haji dari seluruh dunia mulai berdatangan ke kota Mekkah. Sayangnya pada ibadah haji kedua yang berlangsung di tengah pandemi ini, jamaah asal Indonesia harus gigit jari. Tahun ini, hanya 60.000 jamaah yang diizinkan melaksanakan haji. Itupun dengan syarat telah divaksin dosis penuh dan berusia 18-65 tahun. Lantas bagaimana ibadah haji 2021 berlangsung? Tim HHWT memantau pelaksanaannya lewat berbagai kanal digital.

Ibadah haji 2021 dimulai di sini

Dikutip dari kanal YouTube Bung Hasibuan, tahun ini pelaksanaan haji dimulai di titik kumpul yang sudah ditentukan, yakni kawasan Zaidi. Para jamaah haji 2021 akan didata dan berangkat dengan bis rombongan dari terminal ini. Para jamaah akan dibagi menjadi beberapa rombongan untuk berangkat menunaikan ibadah haji. Perjalanan haji sendiri dimulai di Mina untuk melaksanakan tarwiyah dan mempersiapkan diri. Keesokan harinya, para jamaah melaksanakan wukuf di padang Arafah. Tahun ini, berkah yang didapatkan para jamaah haji bukan hanya terpilih untuk menunaikan ibadah haji 2021, namun juga mendapatkan penginapan yang jaraknya cukup dekat dengan lokasi melempar jumrah. Salah satu hal yang membuat suasana ibadah haji 2021 berbeda adalah banyaknya personil keamanan yang berjaga di sekitar lokasi ibadah.

Penginapan ibadah haji 2021

Lantas bagaimana fasilitas penginapan ibadah haji2021? Perkemahan ibadah haji 2021 yang berada di Mina tidaklah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tenda-tenda putih ini disekat menjadi beberapa ruangan dengan fasilitas yang dan ber-AC. Satu ruangan berisi tiga orang, dan setiap jamaah mendapatkan alat shalat, alat tidur, alat kebersihan, payung, dan alat-alat lainnya. Kamu bisa melihat bagaimana wujud dan nyamannya perkemahan jamaah haji 2021 di Mina dalam video di bawah ini:

Wukuf di Padang Arafah

Para jamaah ibadah haji 2021 bergerak ke Padang Arafah dari Mina sejak pukul 5.00 pagi. Dalam siaran langsung yang dilakukan oleh Bung Hasibuan pada Senin, 19 Juli 2021 pagi, iring-iringan bus para jamaah haji telah tiba di Padang Arafah. Suasana haru begitu terasa saat para jamaah turun dari bus. Suara Bung Hasibuan pun bergetar dan terbata-bata saat melafalkan talbiyah seraya berjalan menuju Padang Arafah. Para jamaah haji 2021 pun disambut dengan karpet merah saat turun dari kendaraannya. Para jamaah pun langsung menuju perkemahannya masing-masing, tempat mereka bermalam selama wukuf di Padang Arafah. Saat artikel ini dipublikasikan, para jamaah ibadah haji 2021 telah tiba di Padang Arafah. Kondisi Padang Arafah terkini dapat dilihat di kanal YouTube Majalah Arab. Satu demi satu bus rombongan jamaah haji 2021 tiba di lokasi wukuf. Dalam siaran langsung yang berlangsung pagi ini, para jamaah yangtiba tengah khusyuk berdoa. Wukuf di Padang Arafah dilakukan mulai dari waktu zuhur tanggal 9 Zulhijjah hingga terbit fajar tanggal 10 Zulhijjah. Setelahnya, para jamaah bertolak utnuk melanjutkan pelaksanaan ibadah haji 2021.

Kondisi Masjidil Haram saat ibadah haji 2021

Beralih ke siaran langsung dari Masjidil Haram, kondisi ka'bah tampak lengang saar artikel ini dipublikasikan (Senin pagi). Hanya tampak puluhan orang yang tengah thawaf mengitari ka'bah. Kondisi ini tentu akan berbeda esok hari ketika para jamaah haji tiba di Masjidil Haram untuk melaksanakan thawaf. Betapa beruntungnya para jamaah terpilih yang berkesempatan melaksanakan ibadah haji 2021. Dari ratusan ribu pendaftar, 60.000 orang inilah yang menerima undangan resmi dari Allah SWT untuk menunaikan rukun Islam ke-5. Jangan sedih karena perayaan Idul Adha kali ini masih tak semeriah dulu. Kamu pun bisa merayakannya di rumah bersama keluarga dengan informasi berikut ini: