icon
icon
article hero

Ayo Vaksin! Negara Ini Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Karantina

AvatarName

Tiara  •  Jul 20, 2021

icon

Apa vaksin Covid wajib?

Dengan lantang kami katakan, tentu saja! Manfaat vaksin Covid bukan hanya dapat melindungi kamu, namun juga membentuk kekebalan bersama. Vaksin Covid juga menjadi salah satu kunci untuk mengendalikan pandemi.

Manfaat vaksin Covid 

Kabar gembira untuk kamu yang telah menerima vaksin Covid. Negara-negara di dunia mulai kembali terbuka bagi pendatang dari luar negeri. Lebih baik lagi, bahkan kamu bisa masuk ke negara tersebut tanpa harus menjalani karantina 14 hari terlebih dahulu! Dengan menggencarkan program vaksin Covid, bukan tidak mungkin jika pariwisata internasional dapat bangkit kembali. Apapun jenis vaksin Covid yang kamu terima, selalu ada pintu yang terbuka. Catatan: Kondisi negara-negara di bawah ini dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu. Selalu perhatikan informasi terbaru dan patuhi protokol kesehatan ketika bepergian!

Thailand (Phuket)

Lewat program Phuket Sandbox, turis internasional yang berasal dari negara dengan resiko Covid-19 rendah dan sedang diizinkan untuk berkunjung. Dengan demikian, pandemi di Thailand tetap terkontrol dan turis pun bisa berkunjung dengan nyaman.

Swiss

Negara anggota Schengen, Uni Eropa, dan negara-negara dengan resiko Covid-19 rendah dapat memasuki wilayah Swiss. Para pengunjung ini pun tidak perlu menjalani karantina mandiri asalkan berasal dari wilayah yang bebas dari varian Covid-19 tertentu.

Jerman

 Sejak Juni 2021, pengunjung yang berasal dari Inggris, India, Nepal, Portugal, Rusia, dan negara lainnya telah diizinkan masuk tanpa karantina. Syaratnya, mereka telah menerima vaksin Covid dosis penuh paling tidak 14 hari sebelum kedatangannya di Jerman. Selain itu, jenis vaksin Covid yang digunakan pun harus yang telah disetujui oleh European Medical Agency (EMA), seperti Astra Zeneca, Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson. 

Perancis

Perancis adalah salah satunegara yang telah menerima pengunjung internasional dari semua negara sejak Juni 2021. Para pengunjung ini pun tidak perlu menjalani karantina selama 14 hari. Syaratnya, mereka telah menerima vaksin Covid dosis penuh. Sama seperti Jerman, jenis vaksin Covid yang diterima adalah Astra Zeneca, Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson.

Islandia

Sejak April 2021, orang asing yang masuk ke Islandia wajib menunjukan sertifikat vaksin Covid dosis penuh atau surat keterangan pernah terinfeksi Covid-19. Jenis vaksin Covid yang diterima di negara ini adalah Astra Zeneca, Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson. Meski telah divaksin, pengunjung internasional masih harus menjalani tes PCR saat tiba di Islandia dan melakukan karantina mandiri hanya sampai hasil tesnya keluar. Biasanya hasil tes keluar sekitar 5-6 jam kemudian, namun siapkan waktu hingga 24 jam agar lebih aman.

Austria

 Sejak bulan Juli 2021, Austria telah menerima turis asing, asalkan sudah menerima vaksin Covid dosis penuh. Selain yang telah disetujui oleh EMA, jenis vaksin Covid yang juga diterima di negara ini adalah Sinovac dan Sinopharm. Kabar baiknya, anak-anak berusia di bawah 18 tahun yang bepergian bersama orang dewasa yang telah divaksin juga diterima. 

Spanyol

Sejak 7 Juni lalu, Spanyol telah membuka diri untuk turis yang sudah menerima vaksin Covid dosis penuh selama mereka bisa menunjukkan sertifikat vaksin atau surat keterangan negatif Covid-19. Selain yang telah disetujui oleh EMA, jenis vaksin Covid yang juga diterima di negara ini adalah Sinovac dan Sinopharm. Simak juga informasi seputar vaksin dan Covid-19 lainnya dalam artikel berikut ini: