icon
icon
article hero

Victoria Dockside: Tempat Instagramable di Terbaru di Hong Kong untuk Liburan Nanti

AvatarName

Tiara  •  Jun 02, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Atiqah Mokhtar. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Penuh warna dan selalu berubah, itulah kata-kata yang tepat untuk mendeskripsikan Hong Kong. Area perkotaan seperti Central dan Tsim Sha Tsui (lokasi Avenue of Stars Hong Kong!) menyimpan cakrawala berlukiskan gedung-gedung tinggi, pusat perbelanjaan, dan berbagai restoran! Ditambah lagi, area ini menghadap pemandangan pelabuhan Victoria yang indah. 😍 Credit: Giphy Kalau ke Hong Kong, kamu wajib untuk mampir ke Tsim Sha Tsui karena selalu ada yang baru di sana. Saat terakhir kali ke Hong Kong, kami sempat main-main ke Victoria Dockside, sebuah pengembangan baru dari area dermaga Tsim Sha Tsui. Pemandangan indah, arsitektur yang gemilang, dan aneka pertokoan yang hadir membuat area Instagramable ini wajib masuk ke dalam daftar kunjungan kamu!
Sekilas tentang Victoria Dockside dan bagaimana cara menuju ke sana
Victoria Dockside adalah sebuah kompleks bangunan yang terletak di Semenanjung Kowloon. Area ini terdiri dari pemukiman, perkantoran, sebuah mall, dan fasilitas rekreasi. Lokasinya tepat berada di sebelah Pelabuhan Victoria. Area ini dulunya adalah area kargo yang sibuk di Hong Kong pada tahun 1900an. 😯 Pada tahun 1970an, area ini merupakan New World Centre (perkantoran, pertokoan,dan pemukiman) sebelum akhirnya disulap menjadi Victoria Dockside. Untuk menuju Victoria Dockside kamu bisa naik MTR dan turun di Tsim Sha Tsui lalu berjalan kaki selama 1 menit saja. Berikut adalah keseruan yang bisa kamu temukan di Victoria Dockside:
1. Menikmati pemandangan Pelabuhan Victoria
Dengan lokasinya yang berada tepat di samping dermaga Tsim Sha Tsui, kamu akan disambut oleh pemandangan lautan yang apik. Kamu pun bisa menikmatinya sambil berjalan menyusuri tepian dermaga sepanjang Victoria Dockside. Kamu pun bisa mengambil foto pemandangan Pulau Hongkong yang ada di seberang Tsim Sha Tsui. Kalau beruntung, biasanya ada kapal tradisional yang lewat!
Teras di tepi laut ini merupakan bagian dari tepian Tsim Sha Tsui yang dimulai dari Salisbury Road sampai Victoria Dockside dan berakhir di Tsim Sha Tsui Star Ferry Terrminal (sekitar 1 kilometer total). Pokoknya cocok untuk kamu yang suka berjalan kaki!  #HHWT Tip: Kalau kamu datang di malam hari, kamu bisa menonton Symphony of Lights, sebuah pertunjukan audio visual di dermaga ini yang dimulai jam 20.00!
2. Berfoto dengan cetakan tangan selebritis favoritmu di Avenue of Stars
Selain menikmati pemandangan kota, di sini pun kamu bisa menemukan penghargaan bagi para aktor Hong Kong dalam Avenue of Stars! Ada lebih dari 100 cetakan tangan selebritis Hong Kong seperti Jet Li dan Jackie Chan di sini. Mirip dengan Hollywood Walkof Fame yang ada di Amerika!
Sebagai bagian dari pemugaran Victoria Dockside, Avenue of Stars dipindahkan dari lantai ke pegangan pagar yang ada disini. Prosesnya sendiri memakan waktu sampai 3 tahun. 😯 Selain itu, ditambahkan pula beberapa kursi panjang dan pepohonan untuk membuat pengunjung lebih nyaman. 😊 Selain berfoto dengan cetakan tangan selebritis favoritmu, jangan lupa untuk juga mengabadikan momen bersama patung aktor kenamaan Hong Kong, seperti Bruce Lee dan Anita Mui.
3. Menjelajahi pusat perbelanjaan yang berbeda dari biasanya
Salah satu pengembangan terbaru di Victoria Dockside yang wajib kamu kunjungi adalah mall K11 Musea yang super Instagramable. Mall ini bukan hanya tempat belanja, namun juga menjadi pusat kesenian dan budaya. Kami melihat sendiri betapa detail dan cantik rancangan arsitektur dan interiornya. Faktanya, butuh waktu 10 tahun untuk perencanaan dan pembangunannya hingga akhirnya mall ini dibuka pada tahun lalu.
Bagian paling menarik dari mall ini adalah Opera Theatre, sebuah atrium dimana kamu bisa melihat seluruh bagian mall hingga puncaknya. Ketika kamu melihat ke atas, ada rangkaian lampu yang disusun menyerupai rasi bintang! 😍 Kamu juga akan melihat Gold Ball (lingkaran di kanan pada gambar) yang juga berfungsi sebagai area pameran. Bagus banget untuk difoto!
Sambil melihat-lihat setiap lantai, kamu akan sering teralihkan oleh beberapa spot menarik nan cantikyang tersebar di berbagai area mall ini (kami sih begitu 😂). Ada pula sejumlah instalasi seni yang dipamerkan di berbagai sisi mall yang merupakan karya dari seniman seluruh dunia. Bahkan area membosankan seperti toilet, lift, dan lorongnya pun punya tema tersendiri. Entah bergaya kelautan, Art Deco ataustreet art, selalu ada spot menarik untuk berfoto!  P.S. Mencari lokasi Instagramable di Hong Kong (yang dekat dengan makanan halal)? Coba lihat halaman ini!
4. Beli merchandise eksklusif atau merek yang tidak bisa ditemukan di tempat lain
Bicara soal belanja di Hong Kong memang tidak ada habisnya. Mulai dari pasar jalanan, mall, sampai butik. K11 Musea sendiri menyediakan pengalaman belanja yang berbeda. Toko yang ada di sini harus memenuhi beberapa syarat tertentu, di antaranya adalah harus merupakan toko flagship, toko pertama di kota ini, atau hanya menjual produk eksklusif yang tidak dijual di tempat lain. 😯
Kamu akan menemukan banyak toko taraf menengah dan atas di K11 Musea. Sebut saja merek seperti Adidas dan Champion hingga merek mewah seperti Gucci dan Mulberry. Jangan lupa mampir ke toko MOMA Design Store (toko yang terasosiasi dengan New York’s Museum of Modern Art) untuk produk dengan bdesain kontemporer. Selain di K11 Musea, toko ini hanya ada di New York dan Jepang!
5. Minum kopi estetik di kafe artistik
Kredit: @k11musea Para pecinta kopi wajibmampir ke Victoria Dockside untuk mencicipi kopi artisan yang ada di sana! Salah satunya adalah Arabica (kopi artisan populer dari Jepang). Selain kopinya yang enak, kiosnya yang berada di area luar lantai dasar K11 Musea juga sangat artistik! Selain itu, coba juga Bloom’s Coffee yang ada di lantai 2. Kedai kopi ini didirikan oleh seniman lokal bernama Moses Chan. Jadi, tidak heran kalau tampilannya pun artistik dengan desainsleek bernuansa tembaga dan emas. Kopinya pun nikmat (HKD 40 atar sekitar Rp 75.000) dan kamu bisa membeli kopi mereka sebagai souvenir!
Disclaimer: Perlu dicatat bahwa kedua kedai kopi di atas tidak bersertifikat halal. Minuman yang ada di sini hanya dibuat menggunakan kopi dan susu. Silakan bertanya langsung kepada staf tentang bahan-bahan tambahan untuk membuat minuman kopi. Keputusan untuk bersantap di sini pun kami kembalikan kepada kamu. #HHWT Tip: Kalau kamu lebih suka teh, kamu bisa mencoba Fortnum & Mason! Gerai di K11 Musea ini adalah cabang pertama yang dibuka di luar negara asalnya, Inggris. Kamu pun bisa menemukan berbagai pilihan dan kombinasi teh yang unik dan eksklusif!
5. Temukan tempat-tempat indah yang tersembunyi
Victoria Dockside menyimpan banyak kejutan berupa tempat-tempat cantik yang tersembunyi. Salah satunya adalah taman di rooftopK11 Musea, Bohemian Garden yang berada dilantai 7. Taman ini terbuka untuk umum dan ada area dimana kamu bisa bersantai. Tersedia juga taman bermain anak, tapi kamu harus berbelanja senilai HKD 300 (Rp 563.000) untuk bermain di sana. 😅 Untuk menuju ke taman ini, kamu bisa naik eskalator dari lantai 5. Perhatikan baik-baik sekelilingmu karena ada beberapa spot yang bagus untuk berfoto. Salah satunya di eskalator ini! 😉
Kredit: @maya.kamarulzaman on Instagram Tempat lain yang tidak boleh terlewatkan adalah Salisbury Garden. Hamparan rumput untuk umum ini berada di antara K11 Musea dan Hong Kong Museum of Art dan menjadi lokasi favorit warga lokal. Sebagai bagian dari peremajaan Avenue of Stars, taman ini direnovasi oleh James Corner, seorang arsitek lanskap menjadi area hijau yang menenangkan di tengh sibuknya area Tsim Sha Tsui. Jangan lupa untuk berfoto di depan air mancur yang ada di tengah taman dengan dindingnya yang hijau! Victoria Dockside menjadi tempat baru yang melengkapi Hong Kong, khususnya area Tsim Sha Tsui. Dengan pemandangan pelabuhan dan arsitekturnya yang megah, tempat ini menjadi lokasi yang wajib diabadikan di Instagram kamu. P.S. Lihat juga itinerary ramah Muslim 4 hari 3 malam terbaru kami (termasuk Victoria Dockside) untuk mulai merencanakan perjalananmu!  Artikel ini dipersembahkan oleh Hong Kong Tourism Board.