icon
icon
article hero

8 Alasan Mengapa Australia Harus Jadi Destinasi Impian Kamu di 2021

AvatarName

Tiara  •  Dec 04, 2020

icon

Artikel ini adalah terjemahan. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulis oleh Shasha Dania di halaman ini. Sambil menunggu perbatasan internasional dibuka kembali, inilah saatnya merencanakan liburan ke Australia! Penuh dengan pengalaman dan makanan yang ramah Muslim, Australia cocok untuk berbagai tipe traveler. Baik itu untuk liburan romantis ataupun bersama keluarga, inilah beberapa alasan mengapa Australia harus menjadi destinasi impian kamu di 2021!
Ideal untuk dinikmati bersama keluarga
Kalau kamu mencari destinasi yang aman dan cocok untuk seluruh anggota keluarga, Australia adalah jawabannya. Ada begitu banyak aktivitas, tempat wisata, dan fasilitas ramah keluarga yang bisa kamu lakukan. Liburan keluarga di Australia akan menjadi sebuah kenangan yang tidak terlupakan.
1. Canberra
Ayo telusuri sisi lain ibukota Australia ini. Canberra punya museum, ruang terbuka hijau, hingga wisata perkebunan yang menyenangkan dan edukatif.
Credit: Tourism Australia Mulailah perjalanan kamu dari National Gallery of Australia yang menyimpan koleksi seni Aborigin dan Torres Strait Islander. Si kecil juga pasti akan suka warna-warni instalasi seni karya Yayoi Kusama di tempat ini. Selain itu, kamu pun bisa mengunjungi Questacon - The National Science and Technology Centre yang memiliki lebih dari 200 pameran interaktif untuk belajar tentang sains dan teknologi dengan cara menyenangkan. Kalau si kecil sedang suka dinosaurus, ajak mereka mengagumi beragam fosil, replika, dan tulang belulang dinosaurus di National Dinosaur Museum.
Credit: Papparich Canberra on Facebook Jangan khawatir soal makanan halal karena Canberra punya populasi yang multi-kultural. Kamu bisa menikmati aneka makanan Malaysia di PappaRich (hanya menggunakan bahan-bahan yang bersertifikat halal, tidak menyajikan minuman beralkohol) atau pesta makanan Turki seperti pide dan kebab di Turkish Halal Pide House (pemiliknya Muslim, hanya menggunakan bahan-bahan yang bersertifikat halal). Setelah makan, kamu bisa shalat di Canberra Islamic Centre sebelum melanjutkan perjalanan.
Credit: Tourism Australia Liburan keluarga di Australia tentu belum lengkap tanpa bermain di alam, dan Tidbinbilla Nature Reserve adalah cagar alam yang patut dikunjungi. Di Sanctuary-nya, kamu bisa bertemu dengan burung liar, platypus, bandikut, walabi, bahkan kola (kalau kamu beruntung). Kalau kamu ingin menghirup udara segar, kamu bisa mencoba trekking di National Arboretum yang jalur pendakiannya pun ramah anak. Kamu pun bisa membawa bekal untuk berpiknik di sana sambil menikmati quality time bersama keluarga. Jangan lupa mampir ke Babylon Farm di mana si kecil bisa memberi makan dan berinteraksi dengan kambing, alpaca, hingga kuda poni.
2. Melbourne & Phillip Island
Kalau kamu ingin liburan yang santai, kamu bisa road trip via jalur darat menyusuri pemandangan terindah di Melbourne dan sekitarnya. Kalau kamu hanya ingin berkeliling kota  Melbourne , transportasi publik di kota ini cukup hemat dan ramah stroller kok. Namun, kalau kamu ingin berkendara ke kota-kota lainnya, kamu bisa menyewa mobil atau campervan dengan mudah di bandara Melbourne atau di beberapa penyewaan di sana. Jangan lupa cek ketersediaan tempat parkirnya sebelum kamu berkendara ke tempat tujuan! P.S. Jangan lupa pesan car seat untuk si kecil. Di Australia, anak usia di bawah 7 tahun wajib duduk di car seat dan bayi usia sampai 6 bulan juga harus menggunakan car seat yang menghadap ke belakang.
Credit: Visit Victoria Mulailah liburan kamu di Melbourne dengan mengunjungi tempat berfoto paling populer di sana, misalnya jalan setapak dan gedung-gedung yang penuh dengan street art! Kamu bahkan bisa ikut tur street art yang sudah termasuk workshop dan praktek menggambar mural! Kamu pun bisa jalan-jalan ke pasar populer seperti Queen Victoria Market atau South Melbourne Market untuk membeli produk lokal yang segar dan mencoba seafood (ada tiram juga!) atau membeli souvenir unik. Melbourne juga punya budaya minum kopi yang kuat, jadi kamu bisa memulai hari atau ngopi sore dengan secangkir flat white di salah satu kafenya.
 Melbourne juga punya populasi Muslim yang cukup besar, jadi ada banyak pilihan makanan halal di kota ini. Ada D’Penyetz & D’Cendol (hanya menggunakan bahan-bahan bersertifikat halal) yang menyajikan ayam penyet dan es cendol khas Indonesia. Kamu pun bisa pergi ke Sydney Road di pinggiran Brunswick di mana A1 Bakery, restoran yang dimiliki oleh seorang Muslim, berada. Kalau kamu ingin masak sendiri, di Sydney Road juga banyak toko daging halal.
Kamu pun bisa berkunjung ke Islamic Museum of Australia yang berada di pinggiran Thornbury untuk melihat sejarah Islam di negara ini. Ada sejumlah karya seniman Muslim Australia hingga potongan kiswah (penutup Ka’bah) yang dibawa oleh jamaah. Di sini juga ada tempat shalat dan Ima Cafe (hanya menggunakan bahan-bahan bersertifikat halal).
Credit: Phillip Island Nature Park Untuk pengalaman yang tidak terlupakan, kamu bisa menginap di tengah alam Phillip Island. Saat di sana, kamu bisa mampir untuk berfoto di museum trick eye A Maze’n Things dan makan siang di Pannys Chocolate Factory (menggunakan daging halal) di sebelahnya. Kamu juga bisa makan di Woolamai Kebab (pemiliknya Muslim) atau The Cheeky Goose Cafe yang menggunakan daging wagyu dan ayam halal serta menyediakan pilihan seafood, vegetarian, dan vegan.Phillip Island juga merupakan lokasi Koala Reserve dan Penguin Parade yang terkenal. Menonton para penguin mungil berjalan kembali ke daratan saat matahari terbenam pasti jadi kenangan yang tidak terlupakan bagi si kecil. 
Liburan romantis
Baik untuk bulan madu atau sekadar liburan romantis bersama pasangan, pesona dan melodi Australia  adalah suasana yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama yang tercinta.
3. Sydney & sekitarnya
Nikmati semua keseruan yang ditawarkan Sydney bersama pasangan!
Credit: Tourism Australia Mulailah pagimu dengan mendaki ke bagian tertinggi Sydney Harbour Bridge bersama BridgeClimb untuk menikmati pemandangan dermaga Sydney dan cakrawalanya bersama pasangan. Tur dengan pemandu Dreamtime Southern X juga akan mengajarkan kamu tentang budaya Aborigin lokal sambil menelusuri landmark kota seperti Dawes Point dan Campbells Cove.
Credit: Tourism Australia Jangan lupa untuk mengunjungi tempat populer seperti Museum of Contemporary Art dan Royal Botanic Gardens. Kalau kamu sudah bosan dengan suasana kota, kamu bisa mampir ke Bondi Beach untuk makan seafood sambil menikmati pantainya. Selain seafood di Bondi Beach, Sydney punya banyak pilihan restoran ramah Muslim, termasuk menu ala Mughal di Lal Qila’s (hanya menggunakan bahan-bahan halal), makanan Malaysia dan China di Neptune Palace’s (hanya menggunakan bahan-bahan halal, menyajikan minuman beralkohol), atau jajanan khas Malaysia di Ipoh on York (menggunakan daging halal).
Credit: Tourism Australia Puas dengan suasana kota, saatnya pergi lebih jauh ke luar kota Sydney untuk pengalaman yang tidak terlupakan. Perjalanan ini bisa kamu lakukan pulang-pergi ataupun road trip yang panjang. Kamu yang suka tantangan pasti akan suka naik unta dan berkendara di padang pasir Port Stephens, atau skydiving di Wollongong. Untuk pecinta binatang, kamu bisa memberi makan kanguru di Symbio Wildlife Park atau melihat lumba-lumba dan paus sambil berlayar di laut lepas. Blue Mountains National Park juga punya pemandangan romantis yang akan membuat kalian berdua terpana.
4. Great Ocean Road
Kamu bisa menghabiskan waktu berdua dalam road trip di Great Ocean Road Victoria yang ternama. Perjalanan ini akan membawa kamu berpetualang dengan bebas dan menikmati kebersamaannya.
Credit: Twelve Apostles Lodge Walk Kamu bisa menyewa mobil atau campervan dari Melbourne untuk road trip ini, jadi kamu bisa melakukannya sambil menginap sebentar di kota ini. Pemandangan seindah 12 Apostles, Loch Ard Gorge, dan Gibson Steps akan kamu temui sepanjang perjalanan. Untuk membuat perjalanan berdua ini semakin spesial, kamu bisa mencoba naik helikopter untuk melihat pemandangan dari udara!
Credit: Tourism Australia Kamu juga bisa mampir ke sejumlah tempat menarik sepanjang perjalanan seperti Anglesea Beach dengan pasir putih dan tebing menjulang yang cocok untuk berselancar atau berenang. Kalau kalian suka alam terbuka, Great Otway National Park punya jalur pendakian dan tempat berkemah di tengah hutan yang alami.  Satu tempat yang wajib kamu singgahi adalah Apollo Bay yang punya banyak pilihan restoran ramah Muslim. Ada RAWR Bar (restoran vegan) yang menyajikan aneka smoothies, makanan berat, hingga pencuci mulut yang 100 persen vegan. Icaro Wholefood Cafe (restoran vegan dan vegetarian) adalah pilihan lain yang juga menyajikan menu sarapan dan brunch sepanjang hari. Perlu dicatat bahwa Icaro menggunakan keju dalam beberapa menunya, tapi semua menunya ramah vegan dan vegetarian.
Liburan seru bersama sahabat
Terkadang, liburan bersama sahabat adalah relaksasi yang kamu butuhkan, dan jalur road trip yang indah, taman bunga, dan segala pengalaman seru di Australia adalah pilihan terbaik. Lebih dari pantainya yang indah, kamu bisa menghabiskan waktu bersama sahabat dengan menyenangkan di Australia!
5. Adelaide
Untuk liburan santai sambil berfoto untuk Instagram, kamu bisa langsung terbang ke Adelaide di Australia Selatan.
Credit: South Australian Tourism Commission Mulailah eksplorasi budaya di kota ini dengan mengunjungi Art Gallery of South Australia yang punya koleksi terlengkap di Australia. Ada ribuan karya seni dari seniman dunia dipamerkan di sini. Lanjutkan dengan kunjungan ke Adelaide Central Market dan Jam Factory untuk belanja souvenir dan pernak-pernik buatan pengrajin lokal. Rundle Mall adalah tempat belanja populer lain di kota ini untuk belanja merek lokal dan internasional.
Credit: Adelaide City Mosque on Facebook Adelaide kental akan sejarah dan budaya Muslim. Karenanya, Central Adelaide Mosque adalah tempat yang tidak boleh kamu lewatkan. Inilah masjid tertua di belahan bumi selatan yang dibangun oleh para penunggang unta Muslim dari Afganistan dan Asia Selatan pada abad ke-19. Setelah shalat di sini, langsung saja makan di beberapa pilihan seperti makanan Indonesia di Pondok Daun (pemiliknya Muslim) dan Warong (hanya menggunakan bahan bersertifikat halal), atau makanan Maroko autentik di Marrakech (menggunakan daging halal, menyajikan minuman beralkohol).
Credit: Tourism Australia Mobilitas di dalam kota pun bisa dilakukan dengan mudah dengan Adelaide Metro Network, bahkan hingga ke luar kota. Kamu pun bisa menikmati road trip dengan pemandangan taman bunga di sepanjang jalur Adelaide Hills. Kalau kamu datang di bulan November sampai April, kamu bisa mampir ke Beerenberg Family Farm untuk wisata petik stroberi dengan biaya murah. Ada pula Cleland Wildlife Park untuk menikmati petualangan di alam terbuka dengan sarapan bersama burung-burung liar, bermain bersama koala, dan memberi makan wombat serta kanguru.
Credit: Tourism Australia Untuk menutup hari, kamu bisa bersantai di salah satu pantai Adelaide sambil melihat matahari terbenam. Beberapa pantai populer seperti Aldinga Beach, Glenelg Beach, dan Brighton Beach bisa dijangkau dengan mudah dari pusat kota!
6. Perth & sekitarnya
Rasakanlah  kemeriahan kota Perth di Australia Barat untuk perjalanan seru dengan penuh dengan pemandangan Instagramable dan suasana khas Australia.
Credit: Tourism Australia Benamkan dirimu dalam pesona Perth yang meriah dengan tur berkeliling jalan setapaknya atau kunjungi Elizabeth Quay untuk berfoto dengan landmark tulisan Perth yang Instagramble! Tempat lain yang juga harus kamu kunjungi adalah surga belanja Fremantle Markets di mana kamu bisa menikmati restoran ramah Muslim seperti Fluffy Lamb (bersertifikat halal) dan kue madu terkenal dari The Honeycake (ramah vegan, ada pilihan bebas alkohol). Kue ini juga cocok untuk oleh-oleh! P.S. Kue di The Honeycakes ramah vegan. Namun, kue yang bebas alkohol dibuat sesuai pesanan. Sebaiknya hubungi toko paling tidak tiga hari sebelumnya (atau seminggu!) untuk memesannya. Lihat juga panduan ramah Muslim di Fremantle Market untuk mengeksplornya lebih jauh!
Sisihkan satu atau dua hari di Swan Valley untuk lebih dekat dengan satwa liar dan mencoba hasil bumi Australia. Kamu bisa berfoto bersama wombat, memberi makan koala dan kanguru, serta melihat pertunjukan satwa di Caversham Wildlife Park. Setelahnya, kamu bisa mampir ke House of Honey (beberapa produk madu di sini ada yang mengandung alkohol, tanya dulu kepada staf ya), Morish Nuts, dan Mondo Nougat (beberapa produk di sini ada yang mengandung alkohol, tanya dulu kepada staf) untuk mencoba cemilan khas Australia. 
Credit: Tourism Australia Satu hal yang wajib kamu coba adalah mampir ke Rottnest Island untuk menghabiskan waktu jauh dari kesibukan kota. Jangan lupa untuk selfie bersama quokka sebelum menikmati pesisirnya, snorkeling, atau bersepeda di sana. Kalau kamu ingin piknik di sini, kamu bisa membeli fish and chips dari Kailis Fish Market (menyajikan ayam non halal dan  minuman beralkohol, tapi seafood-nya dimasak terpisah) di Fremantle Markets.
Sebelum pulang, coba dulu petualangan seru di Pinnacles Desert dengan pemandangan bebatuan alamnya atau sandboarding di Lancelin Sand Dunes. Kalau mau, kamu pun bisa menyewa kapal sendiri di Mandurah dan berlayar untuk melihat lumba-lumba.
Berpetualang sendirian
Kamu bisa mencoba berbagai petualangan unik di semua bagian Australia. Cocok untuk kamu yang ingin mencoba pengalaman berbeda.
7. Darwin
Australia Utara adalah kawasan yang ideal untuk petualang yang ingin melihat sisi lain negara ini, dan Darwin adalah titik permulaan yang tepat!
Credit: Museum and Art Gallery of the Northern Territory on Facebook Jelajahi suasana dinamis di kota yang kaya akan budaya Aborigin ini di Museum and Art Gallery of the Northern Territory  yang memamerkan artefak dari awal abad ke-20 dan sejumlah koleksi seni Aborigin serta Torres Strait Islander. Kamu juga bisa belajar sejarah kolonial dan militer setempat di Myilly Point Heritage Precinct, Burnett House Museum, dan Darwin Military Museum.
Credit: SeaLink NT - Tiwi Islands, NT Lanjutkan napak tilas budaya Aborigin Darwin dengan sehari di Tiwi Islands untuk belajar langsung dari orang Aborigin. Kamu bisa belajar seni dan teknik membuat kain tradisional Aborigin. Kalau kamu mulai lapar, kamu bisa makan nasi Padang di Ayuriz Cafe (hanya menggunakan bahan halal).
Credit: Nick Dunn on Unsplash Sedikit lebih jauh dari perkotaan, kamu bisa pergi ke Northern Territory untuk melihat burung-burung liar dan satwa laut di Darwin Airboat Tour. Kalau kamu ingin menikmati alam dengan tenang, kamu bisa mengunjungi Kakadu National Park dan menikmati pemandangan di taman nasional terbesar di Australia ini. Kamu  juga bisa mampir ke Litchfield National Park untuk bermain air di air terjun Wangi Falls atau Florence Falls.
Credit: Deckchair Cinema on Facebook Akhiri hari ini dengan bersantai sambil nonton film di Deckchair Cinema. Bioskop terbuka ini ada di Waterfront Precinct dan memberikan pengalaman bersantai yang menenangkan sambil menikmati angin laut.
8. Scenic Rim & Brisbane
Lihat sisi lain alam liar Australia di Scenic Rim Queensland sebelum mengakhiri perjalanan di kota Brisbane.
Credit: Spicers Retreat / Great Walks of Australia Kamu bisa melihat perkembangan terbaru Main Range National Park setelah mengalami kebakaran dalam tur Wallaby Walkabout sambil belajar tentang regenerasi pepohonan. Kalau kamu pendaki berpengalaman, kamu bisa coba Scenic Rim Trail berdurasi 4 hari 3 malam yang menjelajahi pegunungan di taman nasional ini. Pengalaman serupa pun bisa kamu dapatkan di Lamington National Park. Dari puncak air terjun Moran Falls, kamu bisa melihat hutan yang rimbun, burung-burung liar, dan menyusuri jalur pendakian dengan kolam dan sungai alami di Lost World Valley.
Credit: Tourism Australia Mengunjungi Scenic Rim juga belum lengkap tanpa mampir ke Tamborine Mountain. Di kawasan hutan hujan yang rimbun dan sejuk ini, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas outdoor seperti TreeTop Challenge dan Rainforest Skywalk, atau bertualang ke Glow Worm Caves. Untuk mengisi tenaga, datang saja ke The Fountain of Juice (restoran vegetarian dan vegan) untuk makan pie dan kopi lokal dari kebun kopi Tamborine Mountain.
Credit: Brisbane Marketing Kembalilah ke Brisbane untuk mengakhiri perjalanan ini. Sebagai ibu kota, ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, termasuk berkunjung ke museum dan galeri seperti Queensland Art Gallery atau Gallery of Modern Art yang ada di South Bank di tepian Brisbane River. Kunjungi juga salah satu masjid tertua di Queensland, Holland Park Mosque  untuk shalat sebelum makan makanan Malaysia di Dapur Dahlia (pemiliknya Muslim).
Credit: Nasi & Mee on Facebook Untuk kamu yang suka belanja, langsung saja datang ke Harbour Town untuk belanja aneka merek lokal dan internasional. Harbour Town juga punya tempat shalat dengan tempat wudhu yang nyaman. Kalau kamu tidak ingin jauh-jauh dari kota, mampir saja ke Fortitude Valley Markets yang menjajakan produk lokal dan desainer independen. Ada berbagai perhiasan buatan tangan, fashion ramah lingkungan, hingga produk perawatan kulit! Untuk menutup hari, nikmati saja makan malam Roti Canai dan Nasi Goreng di restoran Nasi & Mee (hanya menggunakan bahan halal). Apapun jenis liburannya, kamu pasti bisa menemukan hal yang kamu sukai di Australia! Saatnya merencanakan petualanganmu di Australia dan temukan pengalaman paling berkesan di negara yang indah ini! Artikel ini dipersembahkan oleh Tourism Australia.