icon
icon
article hero

Apakah Garrett Popcorn Ramah-Muslim? Inilah Yang Kami Ketahui

AvatarName

Jean Tora Thosan  •  Oct 23, 2019

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Atiqah Mokhtar. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Kami baru saja mengeluarkan seri artikel seputar status ramah muslim dari produk makanan populer luar negeri, termasuk Tokyo Banana, Royce Chocolates, dan camilan Korean Honey Butter. Artikel-artikel ini menuai respon yang sangat baik dan kami pun bersyukur para pembaca menganggap seri artikel ini berguna! 😊 Credit: Giphy Kami berharap untuk terus membantu para pembaca meluruskan keraguan seputar produk makanan lainnya. Oleh karena itu, pada artikel ini kami menaruh perhatian pada produk yang telah banyak tersedia di daratan kami – Garrett Popcorn.
Kredit: @garrettpopcorn_singapore di Instagram Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Garrett Popcorn. Dengan sejumlah gerai yang tersebar di KL dan Singapura, banyak yang sudah mengetahui bahwa merek ini berasal dari Chicago, AS, dengan rasa khasnya seperti Chicago Mix (perpaduan popcorn antara keju dan karamelnya yang mencampurkan rasa manis dan gurih) serta rasa kacang spesial seperti Macadamia atau Almond Caramel Crisp.
Kredit: @garrettpopcorn_my di Instagram Tapi apakah Garrett Popcorn aman untuk dikonsumsi para Muslim? Meskipun telah lama beredar di KL dan Singapura, banyak yang masih bingung akan status halal dari produk Garret. Baru-baru ini kami mendapat cukup banyak pertanyaan terkait hal tersebut, mengingat komunikasi antara Garrett Popcorn dengan konsumernya yang telah tersebar secara online. Kami ingin membantu meluruskan hal ini dan menjangkau perusahaan yang mengelola Garrett Popcorn di Malaysia dan Singapura. Disclaimer: Mohon diingat bahwa kami bukanlah badan sertifikasi halal dan informasi yang didapat adalah hasil dari konfirmasi dengan Garrett Popcorn Malaysia dan Garrett Popcorn Singapura serta dari apa yang tertera pada situs web utama Garrett Popcorn. Keputusan dalam membeli produk mereka kami kembalikan pada kebijakan Anda. Jika ragu, kami sarankan untuk mencari alternatif pilihan. Sumber informasi
Kredit: @garrettpopcorn_malaysia di Instagram Berikut adalah sumber informasi yang tersedia untuk Garrett Popcorn - Anda juga dapat merujuk ke sini jika ingin melakukan pemeriksaan dan klarifikasi sendiri 🙂 Informasi dalam artikel ini didasarkan pada situs web utama dan akun media sosial Garett Popcorn (dipegang oleh kantor pusat Amerika), serta memeriksa langsung ke Garrett Popcorn Malaysia dan Garrett Popcorn Singapura. Catatan: Belum ada outlet resmi Garrett Popcorn di Indonesia.
1. Situs web
Harap dicatat bahwa situs web utama Garrett Popcorn (yang dijalankan oleh kantor pusatnya di Amerika) memiliki daftar FAQ yang membantu kami dalam memahami bahan-bahan dan status ramah Muslim mereka dengan lebih baik. Namun sayangnya, situs web ini diatur hanya untuk pengunjung AS (jika Anda mencoba mengakses dari Singapura, Malaysia, atau Indonesia Anda akan mendapatkan pesan error). Kami mengatasinya dengan menggunakan VPN, yang dapat Anda lakukan juga jika ingin mengakses situs web ini. Garrett Popcorn Malaysia dan Garrett Popcorn Singapura juga memiliki situs web masing-masing.
2. Platform media sosial
Garrett Popcorn memiliki akun Twitter dan Instagram utama yang dikelola oleh kantor pusatnya di Amerika Serikat. Garrett Popcorn Singapura juga memiliki Facebook, Twitter, dan Instagram sendiri, sementara Garrett Popcorn Malaysia tampaknya tidak memiliki akun Twitter, tetapi memiliki akun Instagram. Perlu juga dicatat di sini bahwa banyak kebingungan mengenai status halal Garrett Popcorn yang muncul karena sejumlah screenshot yang beredar di internet, diduga menampilkan direct messages dengan Garrett Popcorn di platform media sosial mereka (baik akun Singapura dan AS) di mana Garrett Popcorn menyatakan status mereka tidak halal. Inilah yang kami ketahui
Kredit: @garrettpopcorn_malaysia di Instagram
1. Apakah Garrett Popcorn bersertifikat halal?
Perusahaan Garrett Popcorn saat ini tidak bersertifikat halal, termasuk outletnya di Malaysia dan Singapura.
2. Apakah bahan-bahan dari Popcorn Garrett bersumber dari pemasok bersertifikat halal?
Garrett Popcorn telah mengklarifikasi pada akun Twitter utamanya bahwa tidak semua bahannya berasal dari sumber yang bersertifikat halal, namun, tidak ada babi, lemak babi, atau alkohol yang digunakan dalam resepnya. Kami juga memeriksa situs web utama Garrett Popcorn yang mencakup daftar FAQ yang menyatakan: 
  • Tidak ada resep mereka yang mengandung bahan babi, lemak babi, atau alkohol.
  • Semua resep khas Garrett Popcorn adalah vegetarian dan tidak mengandung daging, gelatin atau telur.
  • Semua resep khas Garrett Popcorn bebas pengawet.
  • Resep khas Garrett Popcorn hanya mengandung 5 - 8 bahan, yang sebagian besar dapat ditemukan di dapur pada umumnya.
3. Bagaimana dengan hasil screenshots di mana Garrett Popcorn mengatakan mereka tidak halal?
Kredit: @garrettpopcorn_malaysia di Instagram Kami menghubungi Garrett Popcorn Malaysia dan Singapura (yang dikelola oleh perusahaan induk yang sama berbasis di Singapura) terkait masalah ini melalui e-mail dan Instagram. Dengan sigap dan ramah mereka pun menghubungi kami kembali, menegaskan bahwa mereka memahami kebutuhan pelanggan Muslim dan meyakinkan kami bahwa semua resep yang mereka gunakan tidak mengandung daging babi, lemak babi, dan alkohol. Selain itu, pilihan untuk mengajukan sertifikasi halal telah menjadi catatan bagi mereka karena mereka memahami ini merupakan hal yang menjadi perhatian para pelanggan. Dalam keterangannya, mereka juga menyatakan adanya miskomunikasi dalam tanggapan oleh akun media sosial Garrett Popcorn di mana mereka memberikan pernyataan bahwa produk tidak halal karena proses yang digunakan selama pembuatan produk. Selain meminta maaf atas miskomunikasi yang terjadi, mereka juga mengklarifikasi proses memasak Garrett Popcorn secara langsung: biji jagung mentah diletupkan dalam udara panas tertutup, tanpa minyak, dan kemudian diolah sesuai resep mereka yang dibuat dengan tangan oleh tim toko mereka secara segar setiap harinya. 
4. Haruskah Anda makan Garrett Popcorn?
Kredit: @garrettpopcorn_malaysia diInstagram Jawaban singkatnya adalah - terserah Anda. Di HHWT, kami memahami dan menghormati bahwa setiap orang memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda dalam menentukan apakah suatu makanan baik untuk dikonsumsi. Beberapa mungkin lebih suka bila semua makanan mereka berasal dari produsen bersertifikat halal, yang lain mungkin tidak masalah mengkonsumsi produk dari tempat-tempat yang mungkin tidak bersertifikat halal selama produk yang mereka konsumsi tidak mengandung zat haram. Kami bertujuan untuk memberikan semua informasi yang Anda perlukan untuk dapat menyimpulkan sendiri dan juga merekomendasikan untuk mengkonsumsinya atas kebijakan Anda. Seperti biasa, kami menyarankan Anda melakukan pengecekan sendiri jika tidak yakin, dan jika ragu, kami merekomendasikan Anda untuk mencoba alternatif lain.
Bonus
Jika Anda tidak nyaman dengan Garrett dan lebih suka opsi bersertifikat halal, Cornery (perusahaan popcorn yang berbasis di Malaysia) bersertifikat halal oleh JAKIM dan memiliki gerai di Selangor. Jadi begitulah! Kami harap artikel ini membantu menjelaskan dan memberikan kejelasan tentang Garrett Popcorn. Beri tahu kami di bagian komentar tentang makanan atau cemilan lain yang Anda ingin kami bahas 😊