icon
icon

Apakah Camilan Rasa Korean Butter Honey Ramah Muslim? — Ini Beberapa Hal yang Harus Diketahui oleh Pelancong Muslim

AvatarName

Dian Kencana Dewi  •  Nov 13, 2019

icon

[You can read the article in English here] Sebelumnya kita sudah membahas apakah camilan populer dari Jepang seperti Tokyo Banana dan Royce’ Chocolate, ramah muslim. Sekarang saatnya melihat camilan dari negeri lain, yaitu Korea Selatan. Negeri ini memiliki oleh-oleh yang populer banget dan hampir selalu dipesan oleh pecinta makanan ringan Korea, yaitu camilan rasa honey butter. Kalau kamu jalan-jalan ke Seoul, banyak banget camilan jenis ini dijual di mana-mana. Mulai dari keripik hingga kacang-kacangan yang menggoda banget untuk dibeli. Kredit: Giphy Tapi, banyak yang bertanya-tanya: apakah aneka keripik dan kacang-kacangan ini aman untuk dikonsumsi oleh Muslim? Dan inilah saatnya kami menjawab pertanyaan tersebut agar pelancong muslim yang membaca tulisan ini tenang 😊 Disclaimer: Harap diperhatikan bahwa kami bukanlah badan sertifikasi halal dan informasi yang kami sampaikan adalah berdasarkan riset kami dari halaman online Halal Korea yang dijalankan oleh Muslim dan merupakan halaman Facebook untuk Persatuan Konsumen Halal Korea. 
Apa saja sih produk rasa Korean honey butter dan kenapa ada keraguan mengonsumsinya?
Kredit: Hi Koreanfashion Keripik, almond, dan kacang-kacangan lain dengan rasa honey butter menjadi oleh-oleh yang sangat populer dari Korea Selatan sejak beberapa waktu lalu. Dan ada beberapa keraguan juga apakah camilan tersebut aman dikonsumsi oleh Muslim. Dari teman-teman non-muslim, kami sering mendengar rasa camilan ini sangat lezat sehingga layak disejajarkan denganoleh-oleh ikonik khas Korea seperti kimchi, lembaran rumput laut kering ataugochujang! Yang sering kita dengar, bahan-bahan pembuat camilan rasa honey butter ini biasanya ramah vegetarian—karena mayoritas hanya terbuat dari almond, madu, mentega dan perasa lain. Tapi apakah itu artinya benar-benar ramah Muslim? 🤔 Kredit: Halal Korea di Facebook Sebenarnya, status halal atau tidaknya suatu produk tidak hanya berdasarkan pada bahan-bahannya, melainkan juga pada sumber bahan dan proses pembuatannya. Untuk honey butter almond misalnya, bahan-bahannya memang terbilang aman, namun tempat pembuatannya membuat produk ini tidak cocok dikonsumsi Muslim. Dalam kemasannya kamu bisa melihat tulisan돼지 (dwe-ji) yang artinya babi. Hal ini mengindikasikan pabrik tempat pembuatan produk ini juga menangani olahan daging babi. Karena ada kemungkinan terkontaminasi daging babi, maka produk dari merek populer ini tidak ramah Muslim 😞 Jadi, hati-hati kalau kamu ingin membeli produk ini.
Berikut ini ada beberapa merek populer yang diproduksi di pabrik yang juga mengolah produk mengandung babi:
Kredit: Halal Korea (kiri) dan Halal Korea (kanan) di Facebook Calbee Honey Butter Chip Kredit: Halal Korea (kiri) dan Halal Korea (kanan) di Facebook Tom's Farm Honey Butter Almond, Honey Butter Mix Nut, Honey Butter Wasabi Almond, dan Wasabi Almond Kredit: Halal Korea (kiri) dan Halal Korea (kanan) di Facebook Tom's Farm Honey Butter Cashew Nut dan Honey Butter Walnut Tip #HHWT:Meskipun daftarini tidak lengkap, kamu bisa menggunakan Google Translate untuk mengecek apakah ada tulisan 돼지 (dwe-ji) di kemasan produk lainnya. Jadi kamu bisa memastikan produk tersebut tidak terkontaminasi daging babi saat dibuat atau dikemas.
Lalu, apakah ada pilihan yang halal?
Kredit: Halal Korea di Facebook Jawabannya: ada! Beberapa perusahaan seperti Nut Holic sudah mulai memproduksi camilan rasa Korean honey butter yang bersetifikasi halal. Meski jumlah produk yang tersedia masih sedikit, kita berharap ada banyak produk dengan sertifikat halal 🤩 Produk-produk ini sudah mendapat sertifikasi halal dari komite halal di Korea Muslim Federation. Tandanya adalah logo halal berwarna hijau di sudut kemasan. Jadi pastikan kamu membeli produk yang memiliki logo itu ya, saat berburu camilan Korean Honey Butter. Variasi kemasan tersedia mulai dari 30gram hingga 180gram. Nah, berikut ini ada beberapa produk rasa honey butter halal yang bisa kamu coba: Kredit: Halal Korea di Facebook Honey Butter Almond: Kamu juga bisa mencoba camilan paling disukai dari varian rasa ini. Renyahnya almond dengan paduan rasa manis dan gurih memang membuat ketagihan! Kredit: Halal Korea di Facebook Hot Spicy Almond: Buat para pecinta rasa pedas, cobain deh varian rasa yang ini. Rasa pedasnya aps menggoda lidah kamu! Kredit: Halal Korea di Facebook Strawberry Almond: Sedang ingin camilan bercita rasa manis?Paling pas mencicipi almond rasa stroberi ini. Manisnya membuat kamu susah berpaling! Kami berharap panduan singkat ini akan membuat perburuan oleh-oleh kamu di Seoul menjadi lebih mudah. Kamu juga bisa berburu oleh-oleh rasa Korean honey butter di toko makanan halal, siapa tahu banyak varian yang bisa kamu temukan. Harap diperhatikan ya, 3 produk yang ada dalam daftar di atas, saat ini disertifikasi halal oleh KMF. Namun, mungkin saja ada produk dari merek lain yang sebenarnya tak mengandung bahan-bahan yang diharamkan serta diproduksi dalam lingkungan yang tak terkontaminasi bahan haram juga. Karena itu, kami sarankan untuk selalu mengecek apapun yang akan kamu beli. Bagaimana caranya? Kamu bisa menggunakan kamera Google Translate, fitur ini sangat membantu ketika kamu mencari kata kunci seperti “babi” dalam label makanan. Nah, kalau kamu punya informasi soal camilan populer lainnya di Korea dan ingin berbagi dengan sesama pelancong Muslim, silakan tulis di kolom komentar ya 🤗