icon
icon
article hero

Psst.. Ini Posisi Kursi Paling Aman di Pesawat Selama Pandemi

AvatarName

Tiara  •  Aug 05, 2021

icon

Apakah naik pesawat aman dari Covid-19?

Tetap di rumah adalah hal yang paling aman selama pandemi karena kamu meminimalisir kontak dengan orang lain. Namun jika bicara soal bepergian, maka naik pesawat adalah salah satu opsi paling aman untuk mobiliras selama pandemi. Menurut CDC Amerika Serikat, resiko Covid-19 di pesawat terbilang rendah karena sistem penyaringan udara dan sirkulasi di dalam pesawat telah menggunakan HEPA filter. Selain itu, sebuah simulasi yang dilakukan di Amerika Serikat mengungkap bahwa dalam kondisi ideal, menggunakan masker selama penerbangan berhasil melindungi penumpang dari virus Corona.
Studi lain yang dilakukan oleh Arnold Barnett menunjukkan resiko penumpang terpapar Covid-19 di pesawat adalah 1:4300. Namun, resiko ini jauh berkurang menjadi 1:7700 jika kursi tengah dikosongkan.

Posisi kursi terbaik di pesawat

Menurut sumber ini, kursi di samping jendela merupakan posisi terbaik di pesawat, terlepas dari kapasitas, jenis, dan ukuran pesawat yang ditumpangi. Ada beberapa alasan yang mendasarinya. Pertama adalah aliran udara. Hampir semua pesawatt yang dilengkapi dengan HEPA filter punya aliran udara yang dimulai dari sisi samping kabin, mengalir ke lorong, lalu kembali ke penyaring udara.
 Aliran udara ini memperbarui udara di dalam kabin setiap dua hingga tiga menit. Artinya, kamu akan langsung mendapatkan udara segar hasil penyaringan jika duduk di dekat jendela. Selain itu, kursi di dekat jendela juga tidak dilalui oleh penumpang lain yang berlalu-lalang. Sejak menaiki pesawat, kamu bisa duduk dan terhindar dari kontak dengan orang lain. Ketika pramugari menyajikan makanan (jika ada), kamu pun tetap bisa menjaga jarak karena posisi duduk yang berada di pojok. Duduk di dekat jendela juga membuat kamu terhindar dari interaksi saat kursi di sebelah kamu bergerak untuk ke toilet atau melakukan hal lain. 

Tips naik pesawat saat pandemi

Kondisi pandemi memang tidak ideal untuk bepergian. Namun, kamu bisa melakukan beberapa langkah yang bisa membuat perjalanan kamu lebih aman dan nyaman.
  • Pilih maskapai yang menerapkan seat distancing.
  • Ambil penerbangan di jam yang tidak sibuk.
  • Sebisa mungkin lakukan administrasi tanpa kontak, mulai dari pembelian tiket, check in, sampai bagasi.
  • Bawa peralatan kebersihan dan perlindungan sendiri.
  • Makan dan minum sebelum perjalanan agar tak perlu membuka masker saat di pesawat.
  • Menghindari kerumunan saat proses boarding.
Simak juga informasi seputar traveling berikut ini: