icon
icon
article hero

7 Amalan Sunnah yang Tanpa Disadari Selalu Kita Lakukan

AvatarName

Tiara  •  May 05, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Ada banyak amalan sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dalam kehidupan sehri-hari. Sebagai umat Musllim, sudah sepantasnya kita pun meniru teladan beliau. Jangan mengira bahwa amalan sunnah itu sulit dilakukan. Nyatanya begitu banyak kebiasaan terpuji Rasulullah SAW yang sederhana namun berpahala. Saking mudahnya, tanpa sadari kita pun telah melakukannya setiap hari, contohnya seperti yang berikut ini.
Tersenyum
“Senyummu di hadapan saudaramu adalah (bernilai) sedekah bagimu“ (HR. Tirmidzi)
Siapa sangka sebuah senyum yang merupakan lambang kesopanan dan cara berkomunikasi ternyata merupakan salah satu amalan sunnah yang berpahala. Senyum yang tulus membuat orang yang melihatnya merasa nyaman dan bersuka cita. Setiap kali kita melempar senyum tulus kepada lawan bicara, hal itu merupakan suatu bentuk interaksi positif. Sebuah riset bahkan menyatakan bahwa tersenyum dapat membuat seseorang lebih panjang umur karena baik untuk kesehatan.
Mengucap bismillah sebelum makan

“Apabila kalian hendak makan, bacalah ‘bismillah’, jika lupa tidak membaca basmallah di awal, bacalah ‘bismillahi fi awwalihi wa akhirihi’.” (HR. Ahmad dan Turmudzi)

Selain sebagai adab, membaca bismillah sebelum makan merupakan amalan sunnah yang memiliki keutamaan tersendiri. Utamanya, agar makanan yang dikonsumsi diberkahi oleh Allah SWT. Namun, menyebut nama Allah SWT dan membaca doa sebelum makan juga merupakan sebentuk rasa syukur atasnikmat yang diberikan.
Makan perlahan
Rasulullah SAW dikenal selalu makan dengan perlahan dan dengan suapan yang kecil. Ternyata, amalan sunnah ini pun bermanfaat untuk kesehatan, yakni membantu kelancaran pencernaan. Selain itu, makan perlahan juga memberikan waktu untuk sinyal kenyang tiba di otak sehingga kamu tidak makan berlebihan.
Menggunakan tangan kanan untuk mengerjakan sesuatu

agama Islam mengajarkan untuk mendahulukan bagian tubuh sebelah kanan untuk beraktivitas. Hal ini pun tertuang dalam ayat-ayat Al Quran di mana sebelah kanan dianalogikan sebagai sisi yang baik. Salah satunya dalam ayam berikut:

"Yaitu golongan kanan, alangkah mulianya golongan kanan itu dan golongan kiri, alangkah sengsaranya golongan kiri itu." (QS Al Waqiah:8-9)

Karenanya, kita pun dianjurkan untuk selalu beraktivitas dengan tangan kanan jika memungkinkan.
Mengucap salam ketika masuk rumah

"Sesungguhnya manusia yang paling utama di sisi Allah adalah yang terlebih dahulu mengucapkan salam." (HR Abu Dawud).

Amalan sunnah ini tanpa disadari telah mengakar dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata, mengucapkan salam pun berbuah pahal bagi kira karena salam merupakan salah satu upaya untuk berdoa agar selamat dan meminta rahmat serta keberkahan dari Allah SWT.
Berwudhu
Bukan hanya untuk menyucikan diri sebelum menjalankan shalat, menjaga wudhu juga amalan sunnah yang sering kita lakukan. Bukan karena malas untuk mengambil wudhu lagi, namun menjaga wudhu juga dapat menghapus dosa dan menjaga kesehatan serta kebersihan fisik kita.
Tidur menghadap kanan

“Apabila kamu hendak berangkat ke tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah pada sisi badansebelah kanan…,” (HR. Bukhari-Muslim)

Tidur miring ke kanan adalah anjuran Rasulullah SAW. Selain berpahala karena meneladani beliau, ternyata cara ini pun baik untuk kesehatan. Tubuh yang miring ke kanan mengurangi beban jantung dan membantu sirkulasi darah lebih lancar. Selain itu, lambung pun jadi bisa beristirahat dengan lebih baik ketika kita tidur menghadap kanan! Simak juga rekomendasi seputar amalan sederhana lainnya dalam artikel berikut ini: