icon
icon
article hero

7 Amalan di Bulan Ramadhan yang Mudah dan Berpahala

AvatarName

Tiara  •  Mar 24, 2021

icon

Artikel ini merupakan terjemahan. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggrisnya di halaman ini. Bulan suci sudah di depan mata! Sebagai umat Muslim, bulan penuh ampunan ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan amalan di bulan Ramadan. Di hari kemenangan nanti, diharapkan kita menjadi pribadi yang lebih baik. Bukan sebagus apa baju baru kita, atau sebanyak apa kita memasak, namun amalan di bulan Ramadan adalah hal yang dapat membantu kita untuk jadi lebih baik. Sebelum bulan suci tiba, mantapkan niat dan jangan lupa melakukan amalan di bulan Ramadan berikut ini nanti.
Memasak untuk orang yang kita kasihi
"Barang siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR Tirmidzi)
Ternyata, melakukan tugas sesederhana menyiapkan makanan berbuka adalah amalan di bulan Ramadhan yang berbuah pahala besar. Bayangkan jika selama sebulan berpuasa kamu secara konsisten membantu di dapur. Bukan hanya berpahala, kamu pun jadi lebih pintar memasak. Kalau kamu masih belajar, coba saja praktekkan resep sederhana ini di rumah.
Bersilaturahmi
Bertemu dengan teman-teman dan kerabat memang menyenangkan. Namun siapa sangka, amalan di bulan Ramadhan yang baik ini pun juga berpahala, seperti yang tertuang dalam hadis ini:
"Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi." (HR. Bukharidan Muslim)
Namun ingat, pandemi belum berakhir. Jadi, selalu ingat untuk mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan tips silaturahmi ini agar kunjungan kamu tetap aman.
Membaca dan menerapkan ayat Al Quran dalam kehidupan sehari-hari
Bulan Ramadan merupakan bulan diturunkannya Al Quran. Maka dari itu, membaca Al Quran merupakan amalan di bulan Ramadan yang baik untuk dilakukan. Setiap aksara dalam Al Quran pun berpahala bagi orang yang membacanya. Jangan khawatir jika kamu belum bisa atau belum lancar membaca Al Quran. Niatkan hati dari sekarang karena sebuah niat baik pun akan berbuah pahala.
Shalat sunnah
Amalan di bulan Ramadhan lain yang mudah dan berpahala adalah menjalankan shalat sunnah. Mulailah dengan dua rakaat sebelum atau sesudah shalat wajib, dan jangan lupa shalat tarawih di malam-malam Ramadhan. Tidak ada yang tahu jika mungkin saja amalan sederhana ini justru akan menjadi penyebab dikabulkannya doa kamu. Cobalah lakukan shalat tahajud di sepertiga malam. Maka kamu akan merasakan Allah SWT begitu dekat di tengah heningnya malam.
Berbagi dan beramal lebih banyak
Zakat fitrah memang merupakan amalan di bulan Ramadhan yang wajib dilakukan. Namun, jangan berhenti di situ saja karena beramal adalah hal yang sangat dianjurkan di bulan suci. Tidak melulu soal memberi uang, beramal juga bisa dilakukan dengan menyumbangkan barang yang sudah tidak terpakai kepada yang membutuhkan. Atau, kamu pun bisa membagikan makanan untuk berbuka puasa kepadayang membutuhkan. Berapapun besaran amal yang kamu berikan, perasaan puas dan ketenangan hati yang kamu rasakan akan lebih dari itu.
Mengingat Allah SWT
Amalan di bulan Ramadhan yang paling mudah adalah memulai dan mengakhiri bulan suci dengan selalu mengingat Allah SWT. Caranya, dengan terus berzikir dan meluruskan niat untuk beribadah selama bulan Ramadhan. Selain itu, kamu pun bisa mengikuti berbagai kajian Islami dengan berbagai topik yang baik.
Berbuat baik untuk orang lain
Jika kamu mengetahui seseorang yang berkekurangan, maka itulah kesempatan kamu untuk beramal. Berapapun jumlahnya, amalan di bulan Ramadhan ini akan berbuah pahala untuk kamu dan meringankan beban mereka. Jika kamu lebih suka beramal tanpa diketahui orang lain, kamu bisa membeli makanan atau barang untuk orang yang tidak kamu kenal secara acak! Simak juga tips untuk menghadapi bulan Ramadhan tahun ini dengan lebih baik dalam artikel berikut ini: