icon
icon
article hero

8 Alasan Mengapa Umat Muslim Berpuasa di Bulan Ramadhan

AvatarName

Tiara  •  Apr 12, 2021

icon

Artikel ini merupakan terjemahan. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggrisnya di halaman ini. Berpuasa di bulan Ramadhan adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Menahan diri dari rasa lapar, haus, serta hawa nafsu dari dini hari hingga matahari terbenam bukan hanya berbuah pahala, namun juga berdampak kepada pribadi masing-masing jika dilakukan dengan baik dan benar. Berpuasa pun bukan semata-mata dilakukan karena ibadah, namun terdapat makna lain yang tidak kalah berarti.
Bergabunglah Bersama Hello Ramadan!
Diselenggarakan mulai tanggal 7 April sampai 13 Mei 2021, bergabunglah bersama Hello Ramadan 2021, sebuah acara virtual HHWT yang bertujuan untuk membawa kemeriahan dan perayaan Ramadhan serta Hari Raya ke manapun kamu berada! Bergabunglah dengan deretan acara menarik, tantangan harian, bazar virtual, dan berbagai hadiah sepanjang bulan Ramadhan. Klik tautan ini untuk mendaftarkan diri dan dapatkan kesempatan lebih besar untuk memenangkan berbagai hadiah Grand Draw!
Sebagai salah satu Rukun Islam
Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan rukun Islam yang ketiga setelah syahadat dan shalat lima waktu. Tanpa berpuasa di bulan Ramadhan, seorang Muslim belum melengkapi rukun Islam-nya. Selain ketiga rukun Islam tersebut, seorang Muslim pun wajib membayar zakat dan pergi haji bila mampu.
Penyembuhan spiritual
Kredit: Islamic Religious Council of Singapore di FacebookSelama bulan suci Ramadhan, seorang Muslim harus bersabar dan menahan hawa nafsu. Kemarahandapat menyakiti orang lain, baik secara verbal maupun fisik, yang dapat menganulir puasa hari itu. Umat Muslim juga melakukan lebih banyak ibadah, salah satunya dengan shalat tarawih di setiap malam Ramadhan. Tak hanya itu, selama berpuasa pun dianjurkan untukmembaca Al Quran daripada melakukan hal yang tidak bermanfaat seperti bermain gim. Amal baik inilah yang membuat kita lebih mudah menjalankan puasa dan terhindar dari stres.
Sebagai rasa syukur
Bulan Ramadhan merupakan momen umat Muslim untuk bersyukur atas semua yang telah didapatkan sepanjang tahun. Rasa syukur ini pun terasa setiap hari, yakni ketika umat Muslim berbuka puasa setelah seharian penuh menahan haus dan lapar. Setiap rezeki yang didapatkan saat berpuasa pun terasa semakin nikmat karena diterima dengan rasa syukur.
Menjalin tali silaturahmi
Kredit: Islamic Religious Council of Singapore (MUIS) di Facebook Bulan Ramadhan juga menjadi momen untuk menjalin kembali tali silaturahmi. Para keluarga berkumpul di meja makan bersama setiap waktu berbuka puasa, Sebagai umat Muslim, bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul dengan orang yang sudah lama tidak kita temui.
Fokus dan menghindari godaan
Berpuasa bukan hanya menahan lapar dan haus, namun juga menguji kita dengan berbagai godaan. Karenanya, membaca Al Quran dan memperbanyak ibadah ketika berpuasa dapat membuat kita lebih fokus berpuasa dan mengesampingkan aneka godaan tersebut.
Berempati
Ketika seorang Muslimberpuasa, ia pun berlatih untuk berempati terhadap orang-orang yang kurang beruntung. Tidak semua Muslim bisa berpuasa, misalnya mereka yang tengah sakit atau berusia tua. Di sisi lain ada pula umat Muslim yang berpuasa, namun tidak bisa berbuka dengan makanan yang layak. Sebagai sesama Muslim, kita dianjurkan untuk saling membantu dan bersedekah kepada yang membutuhkan, terlebih di bulan Ramadhan.
Detoks
Berpuasa juga menjadi salah satu momen untuk detoks, baik secara fisik maupun spiritual. Misalnya, mengurangi merokok, makan makanan tidak sehat, atau mengurangi konsumsi gula. Ramadhan juga bisa menjadi momen detoks spiritual dengan menghentikan kebiasaan buruk, hal-hal yang menimbulkan dosa, dan kembali ke jalan yang diridhoi Allah SWT.
Alasan kesehatan
Para ahli kesehatan pun setuju bahwa berpuasa baik u ntuk sistem pencernaan, penyembuhan otot, dan membersihkan racun-racun dari dalam tubuh. Tentunya hal ini pun harus diikuti dengan pola makan yang baik saat sahur dan berbuka. Sudah menjadi kebiasaan bagi umat Muslim sejak dahulu untuk mengonsumsi kurma dan susu, terutama saat sahur. Kurma sendiri bukan hanya sehat, namun juga menyediakan energi selama berpuasa. Dengan demikian, kamu pun bisa tetap aktif beraktivitas selama puasa! Simak juga tips dan rekomendasi seputar puasa lainnya dalam artikel berikut ini: