icon
icon
article hero

7 Akun Instagram yang Bisa Membantu Mental Health Kamu Saat Pandemi

AvatarName

Tiara  •  Jul 09, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.  Self care berarti kamu merawat diri, baik secara fisik maupun mental. Di masa sulit seperti saat ini, self care secara mental adalah hal yang penting untuk menjaga kondisi tubuh. Selain tetap koneksi dengan orang lain, memahami diri juga penting. Untungnya, kini sudah banyak medium untuk memahami psikologis diri sendiri, termasuk dari Instagram. Lebih dari self care quotes, akun Instagram berikut ini bisa menginspirasi kamu untuk memahami diri sendiri lebih dalam dan membuat hati sedikit lebih tenang di masa-masa sulit. Baca juga rekomendasi aktivitas selama di rumah dalam artikel berikut ini:

@adjiesantosoputro

"Enggak semua momen mesti dilalui dengan mikir lho. Sesekali luangin waktu buat hanya merasa apapun yang sedang kita alami di sini-kini."

 Praktisi kesehatan mental Adjie Santoso Putro mengajak kita berefleksi tentang kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup. Unggahannya bukan berisi self care quotes saja, namun juga bercermin dari kejadian yang dekat dengan kita. Ia pun tidak meminta kita untuk selalu berpikir positif, melainkan agar menerima kenyataan apa adanya.   

@jiemiardian

Sebagai seorang psikiater, Dokter Jiemi Ardian membagikan pandangannya mengenai topik kesehatan mental yang dekat dengan keseharian. Uniknya, ia mengemas pembahasan ini dengan ringan dan humoris. Bukan hanya topik mengenai kesehatan mental diri, Dokter Jiemi pun membahas topik seputar hubungan antar personal.

@riliv

Kabar baik, jasa meditasi dan konseling online kini semakin mudah diakses, salah satunya lewat Riliv. Di linimasanya, Riliv membagikan informasi seputar kesehatan mental dengan visual yang mudah dicerna. Jika perlu, kamu pun bisa mengunduh aplikasinya. Di dalamnya ada berbagai fitur yang bisa kamu gunakan, mulai dari panduan meditasi hingga konseling online dengan panggilan suara dan atau video

@latibulecounseling

Akun Instagram ini diasuh oleh Psikiater Milly Gomez yang merupakan terapis trauma. Linimasa akun ini menampilkan berbagai catatan dan refleksi tentang luka dan trauma psikis manusia. Selain mengajak pengikutnya untuk mengenali dan mengatasi trauma tersebut, ia pun menjelaskan berbagai perasaan yang timbul akibat respon dari trauma.

@thebraincoach

Nawal Mustafa adalah seorang ahli psikologi dan syaraf. Di dalam akunnya, ia menjelaskan berbagai jenis emosi dan asal-usulnya. Menariknya, pemaparannya dilakukan berdasarkan sains dan anatomi otak manusia. Selain menyajikannya dalam grafis yang menarik, ia pun sering membagikan tips dalam video singkat yang mudah dimengerti.