icon
icon

5 Aktivitas Antimainstream untuk Akhir Pekan Seru di Jakarta

AvatarName

Sastri  •  Jan 08, 2021

icon

Kondisi yang tertera di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Wajar apabila kamu merasa jet lag akibat liburan menyenangkan pada Natal dan Tahun Baru 2021. Wajar pula kamu merasa apa yang disebut dengan post-travel blues, yang menyebabkan perubahan mood dan tak jarang mengganggu aktivitasmu. Salah satu cara untuk mengatasi post-travel blues adalah dengan beraktivitas di luar ruangan. Untuk kamu yang Work from Office maupun Work from Home, mungkin aktivitas seperti ini bisa dilakukan pada akhir pekan. Beraktivitas luar ruangan disarankan karena saat traveling, kita biasanya jarang berada di dalam ruangan. Kemungkinan besar kita sibuk mengeksplorasi tempat wisata, mencicipi aneka masakan, sampai blusukan di pasar tradisional. Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru di Jakarta akhir pekan ini. P.S. Jangan lupa terapkan protokol kesehatan dengan selalu mengenakan masker, menjaga jarak, dan bawa selalu hand sanitizer di kantungmu ya! :)
1. Tur sepeda sambil blusukan
Bersepeda tak hanya menyenangkan, tapi juga menyehatkan. Namun siapa sangka, bersepeda bisa menjadi cara kamu untuk mengenal lebih dalam ibu kota. Cobalah ikuti tur sepeda dari Other Side Experience. Kamu bisa mengikuti beberapa rute tur seperti Kemang, Sudirman, Pasar Baru, Monas, Menteng, Kebayoran, dan Kuningan (cek Instagram-nya di sini). Pada tur ini, kamu akan diajak blusukan ke gang-gang sempit dan melihat lebihdalam kehidupan warga ibu kota yang dinamis. Sepeda rental juga tersedia lho!
2. Mengunjungi Kepulauan Seribu
[caption id="attachment_108262" align="aligncenter" width="900"] Kredit: Unsplash[/caption] Habis liburan ke pantai dan masih rindu dengan suasananya yang menenangkan? Kamu bisa memanfaatkan akhir pekan ini dengan mengunjungi Kepulauan Seribu. Mulai dari Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Pari, sampai resor cantik di Pulau Macan bisa jadi pilihan. Selain itu, kini kamu juga bisa berlayar menggunakan kapal pinisi mengelilingi Kepulauan Seribu lho! Cek informasinya di sini: 6 Pulau Favorit di Kepulauan Seribu yang Wajib Kamu Datangi Liburan Tropis nan Nyaman di 6 Resort di Kepulauan Seribu Menjelajahi Kepulauan Seribu dengan Live on Board, Bisa Lho! 6 Kepulauan di Nusantara untuk Liburan Tropis nan Menyenangkan
3. Café hopping di BSD dan sekitarnya 
Kawasan BSD menjadi hot spot baru bagi warga Jakarta. Betapa tidak, kawasan ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Di BSD dan sekitarnya kamu bisa mengunjungi IKEA, Scientia Park yang cocok untuk wisata keluarga, serta BSD Extreme Park jika kamu suka olahraga ekstrem. Selain itu, BSD juga punya deretan kafe instagramable yang cocok untuk mengisi feed kamu. Antara lain Asagao Coffee Shop, Clean Slate Coffee, Hygge Signature, Home Brew Coffee & Eatery, juga Scandinavian Coffee Shop.
4. Main trampolin di Trampoline Park
Tahukah kamu, Jakarta punya beberapa Trampoline Park yang bisa dinikmati oleh anak-anaksampai dewasa? Selain menyenangkan, main trampolin juga menyehatkan lho! Hal ini akan menjadi aktivitas seru bersama si buah hati. Beberapa Trampoline Park yang ada di Jakarta antara lainBounce Street Asia, Amped Trampoline Park dan Houbii Urban Adventure.
5. Berkunjung ke deretan museum seni kontemporer
Kamu pasti pernah mendengar nama Museum MACAN? Ini adalah salah satu museum seni kontemporer di Jakarta. Banyak orang menyukai museum ini karena disebut instagramable, padahal karya seni yang dipamerkan luar biasa kompleks lho! Oleh karena itu, tak ada salahnya kamu berkunjung ke beberapa museum seni kontemporer di Jakarta untuk mendalami keindahan karya para seniman ini. Beberapa museum yang bisa kamu datangi selain MACAN adalah Museum Hadiprana (galeri tertua di Indonesia!), Moja Museum, Galeri Indonesia Kaya, juga Art: 1 New Museum.