icon
icon
article hero

Dekat dari Jakarta, Ini 6 Hal Seru untuk Kamu Lakukan di Geopark Ciletuh

AvatarName

Sastri  •  Oct 15, 2020

icon

Informasi di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Ke mana destinasi kamu saat akhir pekan? Bogor? Bandung? Mengapa tidak coba datangi Sukabumi, area yang juga mudah dijangkau dari Jakarta. Apalagi, Sukabumi sekarang bisa diakses lewat tol Bocimi (Bogor – Ciawi – Sukabumi). Nah, tidak perlu bingung menentukan destinasi wisata di Sukabumi. Bertolaklah ke Geopark Ciletuh, yang berbatasan langsung dengan garis pantai di selatan Sukabumi. Geopark Ciletuh memiliki segudang destinasi wisata alam, mulai dari pantai sampai air terjun. Jika ingin bermalam, ada banyak akomodasi yang disuguhkan mulai dari homestay sampai hotel mungil nan instagramable. 6 Penginapan di Geopark Ciletuh ini misalnya. Masih di Sukabumi, kamu juga bisa melanjutkan perjalanan ke kaki Gunung Gede Pangrango yang terletak dekat dengan Situ Gunung. Di sana ada Tanakita, lokasi glamping yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Berikut 8 aktivitas seru untuk kamu lakukan di Geopark Ciletuh. Oh ya, kamu juga bisa mengunjungi aneka Geopark yang Ada di Nusantara, yang masuk dalam Global Geopark Network UNESCO!
1. Mengunjungi air terjun
Di Geopark Ciletuh, kamu bisa mengunjungi beberapa air terjun sekaligus. Air terjun di sini terkenal oleh aliran airnya yang deras, dengan kontur air terjun yang curam. Setidaknya ada sembilan air terjun yang bisa kamu kunjungi, dengan Curug Cimarinjung danCurug Awang sebagai dua lokasi favorit.
2. Berkemah
Geopark Ciletuh memiliki beberapa lokasi kemah, salah satunya adalah Pantai Palangpang. Untuk berkemah di sini, kamu harus merogoh kocek Rp 20.000 per tenda. Tidak perlu menginap, kamu bisa mendirikan tenda untuk bersantai dan membuat api unggun menjelang malam.
3. Snorkeling
Oleh karena berbatasan langsung dengan pinggir pantai, di Geopark Ciletuh kamu juga bisa berenang di pantai serta snorkeling di beberapa titik. Pasir putih yang ada di Pulau Kunti misalnya, menjadi favorit turis. Pulau Kunti memiliki jarak tempuh kisaran 10 menit dari bibir pantai utama Geopark Ciletuh. Kamu bisa menggunakan jasa perahu atau kapal dari nelayan setempat untuk mencapai Pulau Kunti.
4. Island hopping
Selain Pulau Kunti, ada beberapa pulau lainnya yang bisa kamu kunjungi. Ada Pulau Karang Daeu, Pulau Mandra, Pulau Manuk, dan Pulau Batubelah. Beberapa pulau memiliki pasir putih yang cantik dan cocok untuk mengisi feed Instagram kamu!
5. Menelusuri gua laut
Kawasan Ciletuh menjadi bagian dari Global Geopark Network UNESCO karena banyak alasan. Salah satunya adalah kekayaan alam dan topografi Ciletuh, dengan beberapa Gua Laut di dalamnya. Terdapat dua gua laut yang bisa kamu kunjungi, yaitu Gua Laut Sodong Parat dan Gua Laut Kunti. Keduanya terbentuk karena retakan batu yang terus digempur oleh ombak sehingga terjadi erosi. Kamu bisa melihat struktur cantik dinding gua yangbasah.
6. Berburu matahari terbenam
Deretan pantai yang ada di Geopark Ciletuh sangat cocok bagi para penikmat senja. Kamu bisa mengakhiri petualangan hari itu dengan bersantai di Pantai Palangpang, Cikadal, Batununggul, Cikepuh, dan tentunya pantai utama Geopark Ciletuh. Selamat berakhir pekan! J