icon
icon
article hero

8 Aktivitas Antimainstream untuk Kamu Lakukan di Bali Tahun 2021!

AvatarName

Sastri  •  Dec 28, 2020

icon

Kondisi yang tertera di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan.  Bali rasanya tidak akan pernah habis untuk dijelajahi. Namun tahun ini, cobalah menjauh dari keramaian Kuta, Seminyak, bahkan Ubud untuk menjelajahi Pulau Dewata lebih jauh lagi! HHWT menghimpun 8 hal tidak biasa yang bisa kamu masukkan dalam bucket list tahun 2021. P.S. Kamu pasti butuh beberapa informasi ini saat liburan ke Bali! 8 Hotel Baru di Bali yang Buka Tahun 2021 9 Makanan Khas Bali (Halal!) yang Wajib Kamu Coba 10 Destinasi Wisata Instagramable di Bali 5 Tempat Belanja Oleh-oleh Favorit Wisatawan di Bali
1. Ikut kelas memasak ala Bali
Siapa bilang urusan dapur cuma untuk wanita? Buktinya, banyak koki kenamaan Indonesia dan dunia adalah pria. Salah satu destinasi terbaik untuk memulainya adalah dengan mendalami masakan Nusantara, tepatnya di Bali. Mengapa Bali? Pulau ini adalah salah satu destinasi yang memiliki khasanah kuliner yang kaya. Warga Bali mengenal bumbu genep, gabungan bumbu dapur yang selalu digunakan untuk memasak makanan Bali. Kamu bisa mengikuti kelas memasak ala Bali di The Casa Luna, Paon Bali, Bali Asli, dan Ayana.
2. Jetpacking di Tanjung Benoa
Pernah mendengar jetpack? Ini adalah alat yang bekerja seperti roket, menyemprotkan air ke bagian bawah sehingga kita bisa terbang seperti Iron Man! Kamu akan dipakaikan alat khusus, diajari oleh pemanduberpengalaman, dan mulailah bermanuver sesukamu! Jetpack bisa membawamu terbang di sampai ketinggian 5 meter di atas permukaan air. Meski tampak sulit, sebenarnya permainan air ini cukup mudah. Kamu hanya perlu sedikit beradaptasi dengan tekanan air yang meluncur dari bagian belakang tubuhmu. Kamu bisa mencoba sensasijetpacking di beberapa operator tur seperti Bali Jetpacks, Watersports Bali, dan Flyboard Bali.
3. Membuat cokelat di Cau Chocolates
Tahukah kamu bahwa Bali memiliki perkebunan cokelat, tepatnya di Desa Cau yang berada di Kabupaten Tabanan. Cokelat khas Bali memiliki karakteristik yang membedakannya dengan cokelat kenamaan dari Swiss atau Belgia. Oleh karena itu, kamu bisa menyambangi Desa Cau untuk melihat sendiri perkebunan cokelat serta belajar membuatnya. Cau Chocolates adalah satu-satunya perusahaan cokelat di Bali yang dimiliki oleh warga lokal. Pabrik tersebut melakukan fermentasi biji kakao langsung dari petani di Tabanan dan Jembrana. Informasi lebih lengkap bisa kamu dapatkan di situs resmi Cau Chocolates.
4. Trekking di Gunung Batur
Gunung Batur adalah salah satu gunung yang paling disakralkan di Bali. Berada di Kabupaten Kintamani, Gunung Batur menjulang tinggi dan kalderanya masuk dalam Global Geopark Network (GGN) UNESCO. Trekking mendaki Gunung Batur adalah hal yang wajib dilakukan jika kamu adalah pecinta wisata alam. Pendakian biasa dimulai pada malam hari, sehingga kamu bisa beristirahat sejenak di puncaknya sebelum matahari terbit. Begitu sunrise hadir,panoramanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Kaldera Batur tampak gagah, berdampingan dengan Danau Batur yang airnya tampak tenang. Jangan lupa kunjungi Desa Trunyan yang terletak di salah satu sisi Danau Batur, untuk melihat sisa-sisa tengkorak dan tulang-belulang dari warga lokal yang dibiarkan begitu saja (tanpa kremasi layaknya tradisi umat Hindu di Bali).
5. Bersepeda Kintamani – Ubud (atau sebaliknya!)
Begini kondisinya. Kabupaten Kintamani berbatasan langsung dengan Ubud, yang berada di Kabupaten Gianyar. Kintamani menempati dataran yang lebih tinggi dibanding Ubud. Sehingga untuk bersepeda, Kintamani – Ubud termasuk downhill alias turun bukit. Sepanjang bersepeda dari Kintamani menuju Bali, kamu akan melewati berbagai jenis trek: jalanan, pedesaan, pesawahan, serta tanjakan dan turunan. Kamu akan melewati Istana Tampaksiring yang merupakan salah satu istana kepresidenan, serta menyelami kehidupan warga lokal yang tak tersentuh wisatawan. Jika berjiwa petualang dan kuat fisik, kamu juga bisa mengambil rute sebaliknya lho! Kamu bisa mengikuti tur dari Bali Go Bike, Bali Cycling, Bali Green Tour, juga membeli tiketnya di Klook.
 6. Helicopter Ride
Menikmati panorama Pulau Dewata dari balik jendela pesawat, itu sudah biasa. Tahun ini, saatnya elevate pengalaman kamu dengan menikmati Bali dari helikopter! Beberapa tur operator seperti Mason Sky Tours dan The Luxury Bali menyediakan paket helicopter ride di beberapa titik. Mulai dari berkeliling di sekitar Garuda Wisnu Kencana, Gunung Baturdan Kintamani, sampai Uluwatu dan Tanah Lot.
7. Underwater scooter
Siapa bilang kamu tidak bisa naik skuter di bawah air? Inilah pengalaman unik yang bisa kamu lakukan di Bali: underwater scooter. Wahana ini terletak di Pulau Serangan. Naik alat yang mirip skuter, kamu bisa berkeliling bawah laut yang indah bersama pasangan atau keluarga. Skuter yang digunakan sudah terhubung dengan tabung oksigen, tidak terpisah seperti sea walker. Kamu bisa mengikuti tur unik ini di operator tur Aqua Star, atau membeli vouchernya di Klook.
8. Naik balon udara di Tanah Gajah
Dulu resor ini bernama The Chedi Club Ubud, namun kini berganti nama menjadi Tanah Gajah, A Resort by Hadiprana. Di resor mewah yang terletak di tengah sawah ini, kamu bisa naik satu-satunya operator balon udara di Pulau Dewata. Di sini, balon udara akan membawamu hingga ketinggian 50 meter di atas permukaan tanah. Jadwal balon udara di Tanah Gajah adalah setiap hari saat matahari terbit (06.30 – 07.30 Wita) atau matahari terbenam (17.30 – 18.30 Wita). Dengan harga Rp 1,2 juta untuk pasangan, kamu bisa menikmati naik balon udara dengan durasi 7 – 10 menit. Sarapan tersedia sebelum atau sesudah naik balon udara untuk jadwal pagi, sementara makan malam tersedia pasca naik balon udara untuk jadwal petang. Kamu bisa melihat informasi lebih lengkapnya di situsresmi Tanah Gajah.