icon
icon
article hero

9 Tempat Belanja Murah yang Terbaik di Singapura (Selain Mustafa Centre loh!)

AvatarName

Maf Ismail  •  Sep 07, 2019

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Amira Rahmat. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Bukan hal yang asing lagi kalau Singapura terkenal sebagai salah satu kota termahal di dunia.Berjalan-jalanlah ke Orchard Road dan kamu akan tahu harga-harga di sana mungkin gakramah di kantong kita. Tempat-tempat belanja untuk para fashionista yang punya pertimbanganbudget pasti ada kalau dicari. Jadi, kami mencarikannya untuk kamu! Kami merangkum tempat-tempat belanja favorit kami di artikel ini agar kamu gak perlu khawatir kantongmu jebol! Kredit: GIPHY
1. Bugis Street
Kredit: @djqrius di Instagram Hanya selangkah dari Stasiun Bugis, kamu akan menemukan surga belanja murah untuk para shopaholic. Dengan lebih dari 600 toko, Bugis Street adalah tempat paling seru dan terbaik untuk berbelanja di pinggir jalan di Singapura. Deretan pakaian, makanan, minuman, dan suvenir berwarna-warni yang begitu banyaknya bisa membuat kamu tersesat di labirin lorong-lorong Bugis Street ini!
Kredit: Bugis Street di Facebook  Di lantai satu tidak terdapat AC, jadi kami sarankan kamu untuk naik ke lantai yang lebih tinggi yang memiliki AC agar tidak kepanasan, plus banyak item-item lucu dengan harga murah di sana! Kamu bisa memilih pasangan baju atau sepatu yang trendi dan modelnya tak lekang oleh waktu untuk koleksi di lemari kamu. Di sana bahkan ada zona khusus yang didesain ala Korea!  Tips #HHWT: Cobalah berkeliling ke toko-toko di sana. Kadang-kadang, kamu bisa menemukan barang yang sama dengan harga lebih murah di bagian lebih dalam Bugis Street. Alamat: 3 New Bugis Street, Singapore 188867 Jam operasional: Setiap hari, 11.00 – 22.00
2. Lucky Plaza
Seperti namanya, “lucky”, di sini kamu bisa beruntung mendapatkan baju atasan atau sepatu yang pas buat kamu! Di akhir pekan tempat ini memang cukup ramai, tapi terdapat banyak toko-toko perhiasan, jam tangan, pakaian, dan aksesoris di sini. Bahkan, barang-barang loak juga kadang-kadang diperjualbelikan di sini.
Kredit: @maryk610 di Instagram
Saat kamu berjalan-jalan di Orchard – jalanan paling mewah di Singapura – mampirlah ke Lucky Plaza untuk melihat-lihat barang non-branded sembari mengistirahatkan dompet. Di sini banyak sekali baju-baju dan aksesoris cantik yang wajib kamu lihat. Harganya termasuk murah, jadi tidak ada salahnya kalau kamu membeli satu atau dua baju untuk menambah koleksi di lemari. Kamu juga bisa mencoba peruntungan dengan menawar harga ke penjualnya! Selain pakaian, banyak juga suvenir khas Singapura dan snack-snack unik yang bisa kamu bawa pulang. Jangan lupa mampir Lucky Plaza sebelum kembali ke tanah air ya.
Kredit: Mhelody Olga di Facebook  Meskipun sedang berbelanja di Singapura, kamu bisa tetap salat 5 waktu! Berikut beberapa tempat salat yang ada di sekitar spot-spot yang biasa dipadati turis. Alamat: 304 Orchard Rd, Singapore 238863 Jam operasional: Setiap hari, 10.00 – 22.00
3. IMM Outlet Stores
Kredit: @when.in.singapore di Instagram
Siapa bilang belanja barang mewah harus selalu mahal? Pernah dengar ada tempat yang diskon sepanjang tahun? Kalau kamu mencari barang branded dengan penawaran harga yang menarik, IMM adalah tempatnya! Mal factory outlet ini wajib kamu kunjungi. Baik brand lokal maupun internasional ada di sini, misalnya Nike, Timberland, Outlet by Club 21, COACH, Furla, dan Kate Spade. Selain itu, toko-toko yang menjual koper, barang elektronik, sepatu, perlengkapan rumah tangga, dan baju untuk musim dingin juga ada di sini!
Kredit: @outletbyclub21 di Instagram  Mal ini juga dilengkapi supermarket besar, dan juga restoran yang bisa kamu kunjungi saat lapar. Outlet by Club 21 bahkan menyediakan produk dari brand terkenal seperti DKNY dan Marc by Marc Jacobs. Tempat ini menawarkan banyak koleksi yang sudah lewat musim tapi dengan penawaran menarik – diskon 50% – 80% loh! Meskipun letaknya kelihatan jauh, yaitu di Jurong East, perjalanan ke sini layak ditempuh. Daripada membeli barang branded favorit kamu di Orchard dengan harga penuh, di sini kamu bisa mendapatkannya dengan separuh harga. 😉  Alamat: 2 Jurong East Street 21, Singapore 609601 Jam operasional: 10.00 – 22.00
4. Far East Plaza
Kredit: Far East Plaza di Facebook Untuk street fashion, Far East Plaza adalah tempatnya. Deretan toko di lantai 6 penuh dengan aksesoris, sepatu, pakaian, salon, dan semua pernak-pernik kesukaan cewek! Kamu bisa temukan barang-barang impor unik dari Korea, China, dan Thailand. Berkelilinglah di antara toko-toko kecil di sana dan nikmati suguhan trend-trend terbaik yang bisa kamu temukan. Tempat ini sangat luar biasa karena lokasinya tepat di Orchard. Kamu bisa berbelanja sampai puas!
Kredit: @fareastplazasg di Instagram Far East Plaza juga tempat yang pas buat kamu yang sedang mencari spa dengan harga murah. Jangan tertipu dengan eksterior mal yang sedikit lusuh. Cobalah masuk lebih dalam dan temukan diskon menarik dan barang-barang keren! Kalau kamu sedang jalan-jalan ke Singapura, ini dia beberapa pilihan hotel murah untuk kamu! Alamat: 14 Scotts Road, Singapore 228213 Jam operasional: 10.00 – 22.00
5. Queensway Shopping Centre
Kredit: @vincentvinnie di Instagram
Yang suka olahraga mana suaranya?! Semua keperluan olahraga kamu ada di Queensway Shopping Centre! Di sini, kamu bisa menemukan deretan toko-toko yang menjual perlengkapan olahraga dan gym dari koleksi musim sebelumnya dengan harga diskon.
Kredit: @dacavestore di Instagram  Jangan menyepelekan penampakan mal yang tua dan berbentuk heksagonal ini. Meskipun dibangun pada tahun 1976, mal ini masih sering dikunjungi mereka yang mencari pakaian untuk skating dan olahraga, peralatan mendaki gunung, serta sepatu dan seragam sepak bola. Walaupun di Singapura banyak mal besar, Queensway Shopping Center menawarkan pengalaman unik bagi para shopaholic.  Alamat: 3 Queensway, Singapore 149073 Jam operasional: 11.00 – 21.30
6. Flea Markets
Kredit: @fleawhere di Instagram
Para pemburu barang-barang diskon dan pre-loved pasti menyukai semua pasar loak di Singapura! Pasar loak adalah tempat menemukan tumpukan pakaian yang fashionable dan trendi, sepatu dan aksesoris, dan juga berbagai barang handmade yang keren. Tempat ini mungkin tidak cocok untuk semua orang, tapi kalau kamu mau berjibaku dengan kerumunan pengunjung dan pakaian di sini, banyak "harta karun" yang bisa kamu temukan! Gunakan juga kemampuan tawar-menawar kamu di sini – kamu bisa dapat barang dengan harga kurang dari $10 loh!
Kredit: @fleawhere di Instagram
Untuk kamu yang penasaran, ada beberapa pasar loak yang diadakan di Singapura sepanjang tahun. Kamu bisa follow instagram @fleawhere untuk mendapatkan informasi itu. Pasar loak The Luggage Market diadakan setiap akhir pekan. Para penjual di sini menawarkan pakaian dan aksesoris yang baru maupun pre-loved. Untuk pasar loak dengan citarasa lokal, The Local People mengadakan pasar seni setiap dua bulan sekali. Pasar lain yang mungkin membuat kamu tertarik adalah Singapore Really Really Free Market (SRRFM). (Fakta menarik: SRRFM pertama diadakan sepuluh tahun lalu, pada January 2009!)
7. City Plaza
Kredit: @Jason.__.lee di Instagram Mal ini adalah surganya para pecinta toko online karena barang-barang di sini dijual setengah harga saja. Mal grosiran ini berisi toko-toko yang menjadi penyuplai barang-barang di online shop! Karena bentuknya yang grosiran, kamu bisa menggabungkan pembelian kamu dengan beberapa teman agar dapat diskon yang lebih banyak.
Kredit: @refashsg di Instagram
Untuk kamu yang punya jiwa tawar-menawar, pasti suka karena di sini dijual begitu banyak pakaian dan sepatu pre-loved. Kamu bahkan bisa menemukan brand seperti Adidas dan Zara dalam tumpukan pakaian di sana! Alamat: 810 Geylang Road, Singapore 409286 Jam operasional: 10.00 – 21.00
8. Anchorpoint
Kredit: Anchorpoint di Facebook Buat kamu yang gak mau membeli barang branded dengan harga penuh, Anchorpoint dengan berbagai diskonnya pas buatmu. Meskipun tidak terlalu terkenal, mal factory outlet ini bisa memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan karena dekat dengan pusat kota. Pengunjungnya tidak terlalu ramai sehingga berbelanja di sini lebih nyaman!
Kredit: Anchorpoint di Facebook  Mal dengan dua lantai ini berisi brand-brand internasional favorit seperti Billabong, Charles and Keith, dan Cotton-on. Barang-barang di sini dijual dengan diskon cukup besar dan diskonnya sepanjang tahun. Pilihan item yang dijual bervariasi, mulai dari pakaian, barang untuk dekorasi rumah, barang elektronik, buku, dan pernak-pernik kado!  Alamat: 370 Alexandra Rd, Singapore 159953 Jam operasional: 10.00 – 22.00
9. Changi City Point
Kredit: Changi City Point di Facebook Di Changi City Point kamu bisa menemukan pakaian olahraga yang kamu butuhkan. Tempat ini juga menjadi pemberhentian terakhir kereta saat kamu menuju bandara – jaraknya hanya satu stasiun MRT sebelum Bandara Changi!
Kredit: Changi City Point di Facebook Untuk pakaian olahraga dan sehari-hari yang berkualitas, outlet seperti New Balance, Puma, dan Uniqlo sayang untuk dilewatkan. Meskipun desain produk di outlet-outlet tersebut bukan keluaran terbaru, kamu tetap bisa mendapatkan produk dengan kualitas terbaik! Terdapat juga toko pernak-pernik murah seperti Daiso dan Value Dollar. Produk branded? Ada. Makanan enak? Ada. Selain itu, supermarket dan bioskop juga ada. Semuanya ada di Changi City Point. Tapi yang membuat tempat ini paling berbeda adalah sesi latihan gratis yang diselenggarakan oleh Badan Promosi Kesehatan (Health Promotion Board) setiap hari Rabu dan Minggu! Alamat: 5 Changi Business Park Central 1, Singapore 486038 Jam operasional: 10.00 – 22.00  Siap untuk menyalurkan jiwa shopaholic kamu? Kunjungi tempat-tempat belanja murah di atas!