icon
icon
article hero

8 Jenis Rujak Khas Indonesia, Sudah Coba Semuanya?

AvatarName

Sastri  •  Oct 09, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Rasanya hampir semua orang Indonesia kenal rujak. Namun, tidak semua orang mengenal rujak sebagai buah-buahan segar yang dipotong kemudian dicocol menggunakan sambal kacang. Beda daerah, beda lagi jenis rujaknya. Indonesia memang sekaya itu! Oleh karena itu, etika travelling ke beberapa daerah di Nusantara, jangan lupa cicipi rujaknya ya!
1. Rujak Juhi, Jakarta
Rujak Juhi adalah kuliner asli Betawi. Juhi pada dasarnya adalah sotong kering yang dipotong melebar, kemudian dipanggang. Dalam semangkuk rujak, juhi dipadu dengan mie kuning, irisan mentimun, daun selada, dan kentang kemudian disiram dengan sambal kacang. Nyam!
2. Rujak Es Krim, Jawa Tengah
Jika berkunjung ke kota-kota di Jawa Tengah seperti Temanggung, Magelang, dan Yogyakarta, kamu bisa mendapati pedagang Rujak Es Krim di banyak sudut. Ini adalah rujak serut yang terdiri dari potongan nanas, jambu, dan bengkuang yang diberi topping es puter. Rasanya manis, asam, asin, dan menyegarkan!
3. Rujak Petis, Jawa Timur
Sesuai namanya, rujak ini menggunakan petis (pasta udang) sehingga aroma dan rasanya sangat kuat. Rujak ini memadukan buah dan sayuran rebus dalam satu mangkuk, dengan siraman saus kacang yang sudah dicampur petis. Rujak ini awam ditemukan di Jawa Timur.
4. Rujak U Groeh, Aceh
 Jika rujak pada umumnya menggunakan buah atau sayur sebagai bahan utama, lain halnya dengan Rujak U Groeh. Rujak khas Aceh Besar ini menggunakan batok kelapa yang masih muda, sehingga terasa lembut dan renyah saat dikunyah. Bumbunya merupakan campuran dari gula merah, cabai, tepung roti, dan perasan jeruk nipis. 
5. Rujak Kuah Pindang, Bali
Banyak orang yang sudah ke Bali, namun belum mencicipi rujak kuah pindang. Ya, makanan khas Bali yang satu ini sangat unik dan sayang untuk dilewatkan. Rujak ini berisi buah seperti manga muda, papaya muda, jeruk Bali, dan kedondong yang diiris tipis kemudian disiram kuah pindang kepala ikan yang gurih dan pedas. Slurp!
6. Rujak Mie, Palembang
Rujak Mie merupakan salah satu kuliner kebanggaan Palembang. Singkatnya, ini adalah hasil “perkawinan” dari pempek dan rujak. Ada mie kuning, soun, potongan timun, dan tentunya pempek. Nah, ada atau tidaknya mie menjadi pembeda antara pempek dengan rujak mie!
7. Rujak Cingur, Jawa Timur
Cingur atau moncong sapi memiliki tekstur lembut dan kenyal. Rujak ini memadukan cingur, buah, dan sayur dalam satu piring disiram dengan sambal kacang yang gurih. Kamu bisa mencicipi rujak dengan bahan utama cingur ini di Jawa Timur, khususnya Surabaya.
8. Rujak Soto, Jawa Timur
Rujak Soto bisa ditemukan di Banyuwangi. Rujak ini terdiri dari sayuran rebus seperti kangkung dan tauge yang diulek menggunakan kacang ranah kupas, gula merah, dan petis. Setelah bahan-bahan tersebut tercampur, disiram kuah soto yang bening dan gurih. Rasanya sungguh mantap!