icon
article-hero

8 Pengalaman Baru Nan Seru di Hong Kong yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Liburan ke Sana

avatar-name

Tiara Ismail •  Dec 19, 2022


Hong Kong dikenal sebagai destinasi liburan keluarga yang punya banyak tempat wisata alam, museum, dan landmark bersejarah. Kota ini terus berkembang dan punya semakin banyak tempat menarik dan pusat perbelanjaan baru yang menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. 

Jika kamu berencana berkunjung ke Hong Kong dalam waktu dekat, berikut ini adalah 8 tempat menarik terbaru yang wajib kamu kunjungi!

Follow HHWT di Telegram untuk mendapatkan info terbaru: https://bit.ly/3LnFN1F

1. Belanja di Central Market yang baru dibuka

Kredit foto: 中環街市 Central Market di Facebook

Setelah direnovasi selama empat tahun, Central Market Hong kong yang bersejarah akhirnya kembali dibuka untuk publik! Gedungnya sendiri dikategorikan sebagai bangunan bersejarah Grade 3. Artinya, berbagai upaya telah dilakukan untuk mempertahankan bagian bangunan yang bersejarah, bahkan ketika renovasi dilakukan.

Di lantai pertama, kamu akan disambut oleh 500 lampu gantung perunggu yang melambangkan suasana asli pasar paling terkenal dalam sejarah Hong Kong ini.

Kredit foto: 中環街市 Central Market di Facebook

Kini, Central Market telah direvitalisasi dan dijadikan tempat berkumpul masyarakat. Di sini, ada berbagai toko, restoran, tempat acara, dan masih banyak lagi. 

Ada begitu banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di sini. Namun, pastikan kamu mengunjungi toko lokal seperti Bathe to Basics yang menjual berbagai produk perawatan kulit organik yang berada di lantai dua. Kalau kamu mencari souvenir tradisional, kamu bisa mampir ke toko Seon Hong Kong untuk membeli berbagai aksesoris buatan tangan yang terinspirasi dari Hong Kong tempo dulu.

Central Market

Alamat: 80 Des Voeux Road Central, Central, Hong Kong

Website | Instagram

Makanan halal terdekat

  • SAFFRON

Inilah restoran Persia pertama di Hong Kong! SAFFRON menyajikan berbagai makanan autentik seperti kambing panggang dengan roti naan, ayam asam manis, dan masih banyak lagi. Suasana restorannya juga nyaman, jadi cocok untuk beristirahat setelah jalan-jalan di Central Market seharian!

Status halal: Bersertifikat halal

Alamat: Shop E, Garley Building, 53 Graham St, Central, Hong Kong

Jam operasional: Setiap hari; 11:45–15.00, 17.00–22.00

Website

2. Naik ke puncak gunung dengan Peak Tram

Jika kamu sudah pernah ke Hong Kong, tentu sudah tidak asing lagi dengan Peak Tram. Semua orang setuju bahwa naik Peak Tram adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan alam Hong Kong. Berada di ketinggian 396 meter di atas permukaan laut, Peak Tram adalah salah satu tempat wisata tertua di kota ini.

Setelah satu tahun ditutup, Peak Tram kembali dibuka dengan sejumlah perbaikan. Misalnya, akses kursi roda yang lebih baik serta gerbong yang lebih panjang untuk menampung lebih banyak penumpang.

Sesuai namanya, Peak Tram akan membawa kamu ke puncak bukit. Selain menikmati panorama indah dari atas, kamu juga bisa mencicipi fenomena “The Peak Tram Illusion”. Fenomena ini pun dijelaskan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh The University of Hong Kong. Para penumpang yang naik Peak Tram akan merasakan ilusi visual yang unik. Ketika menanjak, gedung-gedung di sekitarnya seolah mendekat ke tram. Hal ini disebabkan oleh persepsi tubuh manusia terhadap lingkungan karena jalurnya begitu curam. Sebuah pengalaman unik yang patut dicoba!

Alamat: The Peak Tower, 128 Peak Road, The Peak

Website

Makanan halal terdekat

  • Ebeneezer’s Express Kebab & Pizzeria

Mencari makanan yang praktis? Ebeneezer’s Express Kebab & Pizzeria punya 17 cabang yang tersebar di Hong Kong. Restoran ini menyajikan aneka kebab dan berbagai makanan Timur Tengah yang bisa menghangatkan badan. Duduk manis dan nikmai pizza, kari, biryani, dan makanan lainnya.

Status halal: Bersertifikat halal

Alamat: G/F, Gedung Cheung Fai, 45-47 Cochrane St, Central, Hong Kong (dekat stasiun tram Lower Terminus)

Jam operasional: Setiap hari; 10.00-22.00

Website

3. Mengenang masa kecil di Hong Kong Disneyland

Selama hampir tiga tahun terakhir ini, tempat paling bahagia di bumi ini telah menyiapkan sejumlah kejutan manis untuk kamu! 

Kalau sempat ke sana, jangan lupa mampir ke Castle of Magical Dreams. Istana ini dipersembahkan untuk para Disney Princess, termasuk Anna dan Elsa dari film Frozen, dalam rangka ulang tahun ke-15 taman bermain ini. Istana ini adalah spot yang sempurna untuk foto-foto atau mengenang masa kecil kamu yang suka bermain putri-putrian.

Mengunjungi Disneyland tentu belum lengkap tanpa bertemu karakter favoritmu secara langsung. Kamu bisa menikmati pengalaman baru dalam berinteraksi dengan para karakter Disney seperti Duffy, superhero Marvel, bahkan para penjahat di sini!

Kredit foto: Hong Kong Tourism Board

Acara lain yang tidak boleh terlewatkan adalah Momentous Light Show alias The Most Magical Show on Earth! Digelar di Castle of Magical Dreams, kamu bisa menikmati pertunjukan musik dan multi-sensori yang menyenangkan sambil melihat berbagai karakter Disney dan Pixar yang berpendar di istana ini.

Siapkan kamera handphone kamu dan ambil foto sepuasnya! Psst.. Disneyland bakal memiliki lebih banyak keseruan lagi tahun depan.

Hong Kong Disneyland

Alamat: Pulau Lantau, Hong Kong 

Website

Makanan halal terdekat

  • Explorer’s Club Restaurant

Berlokasi di dalam Hong Kong Disneyland, restoran Explorer’s Club menyajikan makanan vegetarian untuk kamu. Salah satu menu yang bisa kamu pesan adalah pasta saus tomat dengan daging kepiting nabati. Suasana di restoran ini cukup mewah, membuat kamu pun seolah-olah seorang karakter Disney.

Status halal: Tersedia opsi vegetarian, keputusan untuk bersantap di sini kami kembalikan kepada pembaca

Alamat: Hong Kong Disneyland, Pulau Lantau, Hong Kong 

Jam operasional: Senin-Jumat; 12.00-19.30 | Sabtu-Minggu; 12.00-20.00

Website

4. Bersepeda di Pulau Cheung Chau 

Bicara soal Hong Kong, mungkin kamu langsung membayangkan sebuah kota metropolitan yang sibuk. Namun seperti kota modern lainnya, Hong Kong juga memiliki sisi yang bersejarah. 

Tak jauh dari sibuknya gedung-gedung pencakar langit, kamu bisa menemukan Pulau Cheng Chau yang juga dikenal sebagai Long Island. Pulau berbentuk barbel ini terkenal akan wilayah pesisirnya yang penuh dengan perahu dan restoran seafood. Uniknya, pulau ini bebas dari kendaraan bermotor!

Beberapa tahun belakang, generasi muda Hong Kong banyak yang pindah dan menetap di pulau ini. Pantainya yang indah dan jalur trekkingnya yang seru pun membuat semakin banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke pulau ini. 

Meski jauh dari pusat kota, pulau ini juga punya banyak tempat menarik. Anak-anak muda yang tinggal di sini membuka sejumlah cafe estetik dan toko-toko yang unik. Sambil bersepeda, kamu bisa mampir ke toko roti tertua di pulau ini, yakni Kwok Kam Kee. 

#HHWT Tip: Kamu bisa bawa makanan sendiri untuk bekal jalan-jalan karena makanan halal cukup jauh dari sini.

Lokasi: Pulau Cheung Chau, Hong Kong

Website

5. Menilik skena kesenian kota di Pulau Peng Chau

Kredit foto: Vogue

Mencari tempat yang tenang di Hong Kong? Kamu bisa datang ke Pulau Peng Chau. Dikenal juga dengan nama Flat Island, pulau yang dulunya sunyi ini telah menjadi salah satu pusat budaya dan seni urban. Kamu hanya perlu naik ferry sebentar dari Central Ferry Pier untuk tiba di pulau ini.

Melihat kemeriahannya saat ini, sulit dipercaya jika pulau ini dulunya kosong dan hanya menjadi pusat perdagangan pada era Dinasti Qing. Kini, kamu bisa menemukan berbagai pertokoan dan pusat komersil yang ramai. Kamu bisa mengeksplorasi berbagai peninggalan sejarah, kesenian, mampir di cafe, atau beli pernak-pernik yang unik.

Lokasi: Pulau Peng Chau, Hong Kong

Website

6. Menikmati hidangan vegetarian yang estetik di JAJA

Makan sehat tidak harus membosankan, itulah prinsip JAJA. Didorong oleh semangat untuk menyebarkan kebahagiaan dan kesehatan, JAJA punya berbagai makanan vegetarian yang inovatif dan fotogenik. Restoran bernuansa pink ini menyajikan pancake, burger alpukat dengan roti tomat, milkshake, dan masih banyak lagi!

#HHWT Tip: Duduklah di area balkonnya untuk menikmati pengalaman bersantap ditemani pemandangan Victoria Harbour.

Status halal status: Makanan vegetarian 

Alamat: 2 Harbour Rd, Wan Chai, Hong Kong

Jam operasional: Setiap hari; 11:30-22.00

Instagram

7. Jalan-jalan menyusuri West Kowloon Promenade

Kredit foto: Hong Kong Tourism Board

Pemandangan pelabuhan di Hong Kong sungguh indah dan wajib dinikmati ketika kamu berada di sana. Salah satu tempat untuk menikmatinya adalah di West Kowloon Promenade. Di sini, kamu bisa menikmati udara segar dan pemandangan laut yang biru sambil berpiknik. Suasana di sini cukup unik karena air lautnya sangat dekat dengan daratan.

Kalau mau, kamu juga bisa menyewa sepeda dan pergi ke Art Park untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Ketika hari semakin gelap, suasana berubah menjadi romantis berkat pemandangan yang sendu. Jangan lupa foto-foto di sini!

Website

8. Mengunjungi WinterFest di malam hari

Kredit foto: Hong Kong Tourism Board

Meski tidak merayakan Natal, kamu masih bisa merasakan kehangatannya di Christmas Town dan Christmas Wonderland yang berada di distrik West Kowloon. Kamu akan terpesona oleh indahnya pohon Natal raksasa (dan pohon Natal kecil di sekitarnya!) serta pertunjukan lampu “Symphony of Lights” yang meriah. Kamu bisa jalan-jalan di sekitar dermaga sambil menunggu hari gelap untuk menikmati suasana romantis dari pohon-pohon Natal ini.

Website

Hong Kong menawarkan begitu banyak petualangann menyenangkan sepanjang tahun, mulai dari tempat bersejarah, kesenian modern dan kontemporer, serta masih banyak lagi! Dengan siapa pun kamu pergi, berbagai petualangan baru dan menyenangkan sudah menunggu kamu di Hong Kong.

Artikel ini dipersembahkan oleh Hong Kong Tourism Board.