icon
icon
article hero

8 Hal yang Bikin Kita Kangen Liburan ke Korea Selatan

AvatarName

Tiara  •  Jun 15, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Faruq Senin. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Meski belum ada tanda-tanda akan segera berakhir, pandemi ini tidak seharusnya mematikan semangat kita untuk melihat dunia. Salah satu negara yang menjadi favorit para traveler adalah Korea. Suasana kota, pemandangan alamnya, sampai makanannya memang bikin kangen. 😍 Meski kita belum bisa ke sana sekarang, tidak ada salahnya untuk mengenang kembali perjalanan kita ke Korea. Kami bertanya kepada pembaca HHWT di Traveler Thursday (segmen mingguan HHWT di Instagram stories) tentang apa yang paling dirindukian dari Korea dan inilah jawabannya!
1. Makanan Korea halal yang lezat
Banyak pembaca yang bilang makanan Korea adalah hal yang paling dirindukan. Aroma sedap di restoran Korea itu memang sulit dilupakan. 😊 Ayam goreng Korea, barbeque, sampai ttekbokki yang lezat. Korea memang negara yang cocok untuk wisata kuliner. Bahkan ada juga yang bilang kangen makan gurita mentah khas Korea.
Belum lagi jajanan yang dijual di pinggir jalan seperti oden (perkedel ikan), hotteok (dadar manis), dan gyeranbang (roti telur). Selain itu, ada juga jajanan minimarket seperti samgak kimbap (bola-bola nasi) dan susu pisang Binggrae! Untuk melepas kangen akan makanan Korea, kamu bisa membacaartikel berikut ini:
2. Belanja sepuasnya!
Dengan berbagai pilihan tempat untuk berbelanja sesuai budget, Korea adalah surga belanja bagi para traveler. Pandemi memang membuat kita harus berbelanja secara online. Jadi, tentu saja kita kangen menyusuri pertokoan di Seoul dan pusat perbelanjaannya! Apapun yang kamu cari, semua bisa dibeli di Seoul! 😍Mau beli aksesoris keren? Hongdae dan Edae jawabannya. Mau beli baju banyak? Langsung ke Dongdaemun. Skincare dan kosmetik? Tentu di Myeongdong! Selalu ada jalan untuk berbelanja di Korea. Karenanya, simpan dulu informasi dalam artikel berikut ini untuk bekal belanja di Korea nanti!
3. Pemandangan indah dan tempat Instagramable
Pemandangan di Korea memang sungguh memanjakan mata, tidak heran kalau banyak yang kangen ke sana. 😍 Pepohonan yang berbaris di Pulau Nami dan Gunung Seorak, sampai pantaiJeju dan Seong san Sunrise Peak sudah menunggu untuk kamu datangi lagi! Bukan hanya pemandangan alam, cakrawala kotanya juga tidak kalah memukau. Ada begitu banyak tempat Instagramable di sana, mulai dari Namsan Park, jalanan Ikseon-dong, Starfield Library yang ikonik, dampai Dongdaemun Design Plaza yang futuristik! Lihat juga artikel ini untuk persiapan sesi foto kamu di sana!
4. Kebudayaan Korea yang menarik
Meski bukan pertama kalinya ke Korea, kita masih saja terkesan dengan kebudayaan Korea. Istananya yang megah sarat akan nilai sejarah dan cerita kerajaan. Salah satunya adalah Gyeongbokgung, istana terbesar di Korea, yang berada tepat di jantung kota. Selain itu, ada pula Bukchon Hanok Village, sebuah kawasan tradisional yang telah direstorasi.
Jangan lupakan momen saat kamu mencoba memakai hanbok. Bukan hanya sebagai cara untuk menghargai budaya Korea, aktivitas ini pun membuat kamu merasa seperti sedang berada di film kolosal Korea. 😝 Kami pun pernah mencoba berkunjung ke desa tradisional Korea dan mempelajari cara hidup masyarakatnya. Ada beberapa desa tradisional di Korea dan yang terdekat dari Seoul adalah di kawasan Yongin.
5. Cuaca yang nyaman
Berbeda dengan iklim tropis yang cerah dan panas di negara kita, cuaca di Korea lebih sejuk dan bikin kangen!
Kredit: Gadjo Dilo di FlickrMusim favorit kami adalahmusim semi dan musim gugur. 😍 Saat musim semi, temperaturnya sekitar 7-18 derajat Celsius dan dihiasi dengan mekarnya sakura serta bunga-bunga lainnya. Pada musim ini pun ada beberapa festival seperti Jinhae Gunhangje Festival dan Yeouido Spring Flower Festival. Saat musim gugur, daun-daun berubah menjadi merah dan kuning, sungguh sebuah pemandangan yang indah! Kamu bisa menikmati pemandangan ini di Pulau Nami dan Seoraksan National Park. 😊 Beberapa pembaca bilang, mereka kangen musim dingin Korea. Meski suhunya dangat dingin (antara -10 sampai 5 derajat Celcius), pengalaman ini tidak bisa kamu dapatkan di rumah, apalagi ketika salju turun. 😍 P.SJangan lupa untuk membaca panduan wisata Korea sesuai musim yang telah kami rangkum:
6. Nongkrong di kafe
Nongkrong di kafe sudah menjadi budaya di Korea, termasuk bisnisnya. Setiap beberapa ratus meter, kamu akan menemukan kafe keren dan unik di sana, Kehadirannya pun membantu kita untuk menghangatkan diri ketika sedang berjalan-jalan di cuaca yang dingin. Ada banyak pilihan, mulai dari kafe terkenal seperti TOM N TOMS dan dal.komm COFFEE, sampai kafe independen yang belum banyak diketahui orang. Minuman yang disajikan pun unik, ada latte ubi, coklat kayu manis, sampai kopi gula kapas! Disclaimer: Perlu dicatat bahwabelum ada kafe bersertifikat halal di Korea. Kamu hanya merekomendasikan minumannya. Jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu sebelum memesan minuman, Keputusan untuk bersantap di kafe ini kami kembalikan kepada kamu.
7. Suasananya
Banyak pembaca juga yang bilang kangen akan suasana ketika berjalan menyusuri Seoul. Pandemi ini pun membuat kita semakin bersyukur akan hal sederhana, seperti berjalan bebas di luar rumah.
Hongdae adalah kawasan menarik yang ingin kami datangi lagi! Berjalan di sekitar kawasan kampus ini membuat kamu merasa lebih muda. Selain karena pertokoannya, juga karena banyak penampilan seniman muda di kawasan ini! Untuk para K-Popers, berkunjung ke Korea adalah mimpi yang menjadi nyata. Setiap sudut di Myeongdong memutarkan lagu hits K-Pop dan seringkali ada poster idola seperti BTS!
8. Transportasi umum yang efisien
Ternyata, banyak juga pembaca HHWT yang merindukan transportasi publik Korea. Traveler yang sudah pernah ke Korea tentu tidak asing dengan subway dan Kroea Train eXpress (KTX) yang handal (hanya 2,5 jam dari Seoul ke Busan!). Mobilitas pun semakin mudah karena banyak papan petunjuk berbahasa Inggris. Kamu pun bisa mengunduh aplikasi peta seperti Naver Maps, Kakao Maps, dan Subway Korea untuk memudahkan navigasimu.
Uniknya, ada juga pembaca yang kangen tersesat di Korea. 😆 Kami tahu kok rasanya! Tersesat justru membawa kamu menjelajahi tempat baru dan bebas berkelana. Sampaitiba hari dimana kita bisa ke Korea lagi, inilah 8 hal yang paling dirindukan dari Korea. Semoga kita segera bisa makan bulgogi dan menyusuri jalanan Seoul lagi.