icon
icon
article hero

8 Dokumenter Travel Terbaik di Netflix untuk Binge Watching selama PSBB

AvatarName

Sastri  •  Sep 13, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Meski di rumah aja, kamu bisa melakukan banyak hal untuk menghindari rasa bosan. Apalagi bagi warga Jakarta yang mulai Senin (14/9) diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Binge watching alias menonton serial beberapa episode berturut-turut juga bisa kamu lakukan di rumah. Jika langganan Netflix, 10 dokumenter bertema travel ini pantang kamu lewatkan!
1. Travels with My Father
Ini adalah kisah stand-up comedian Jack Whitehall dan ayahnya, Michael, melakukan perjalanan di Asia Tenggara. Banyak pelajaran dan kisah menarik dari berbagai wilayah yang mereka datangi. Kamu bisa menontonnya di sini.
2. Chef’s Table
Serial dokumenter Netflix ini menampilkan profil dari para koki kenamaan dunia, antara lain Virgilio Martinez dan Swede Magnus Nilsson. Dengan sudut pengambilan gambar yang artistik dan narasi yang menggugah, ini adalah salah satu serial dokumenter terbaik untuk petualangan gastronomi. Kamu bisa menontonnya di sini.
3. Salt, Fat, Acid, Heat
Ini adalah petualangan koki sekaligus penulis kuliner Samin Nosrat. Empat bagian pada serial dokumenter satu ini berfokus pada karakteristik bahan makanan yang membuat masakan jadi enak. Misal, di Italia ia mengeksplorasi penggunaan lemak pada makanan. Di Jepang ia menemukan pentingnya rasa asin dalam masakan. Di Meksiko, karakteristik rasa itu ditemukannya pada tingkat keasaman. Kamu bisa menontonnya di sini.
 4. Midnight Diner: Tokyo Series 
Dokumenter ini berfokus pada sebuah warung makan di Tokyo, Jepang, yang buka mulai tengah malam hingga pukul tujuh pagi keesokan harinya. Lucunya, para pembeli akan memakan apa saja yang disuguhkan juru masak. Sudut pengambilan gambar yang appetizing akan membuatmu lapar seketika! Kamu bisa menontonnya di sini.
5. The Chef Show
Serial dokumenter ini bermula saat pengambilan gambar film kenamaan Jon Favreau, Chef. Kemudian, Roy Choi menjadi konsultan seri dokumenter ini sehingga mereka berdua ikut serta dalam proses memasak dalam tiap episode. Dua sosok rendah hati ini akan membawa kita jalan-jalan keliling dunia, bertemu dengan koki dan selebriti kenamaan, membuat resep masakan yang tiada duanya. Tak heran The Chef Show menjadi salah satu serial dokumenter terbaik di Netflix bertemakan makanan dan perjalanan. Kamu bisa menontonnya di sini.
6. Street Food
Serial dokumenter yang dibawakan oleh orang-orang di balik Chef Table ini membawa kita ke berbagai negara di Asia. Siap-siap mengeksplorasi makanan kaki lima khas Jepang, Thailand, Korea Selatan, Singapura, dan tentunya Indonesia. Serial Street Food menekankan hubungan personal antara penjual dan makanan itu sendiri. Ini adalah serial di mana kamu bisa mendapatkan banyak kisah human interest. Kamu bisa menontonnya di sini.
7. Tales by Light
 Mayoritas film dan serial dokumenter tidak memperlihatkan videografer, produser, atau orang-orang di baliknya. Namun dalam serial Tales by Light, kamu bisa melihat bagaimana orang-orang di belakang kamera mengambil dan mendokumentasikan gambar sehingga akhirnya bisa dinikmati.  Tales by Light akan memperkenalkan kamu pada seorang fotografer/ videografer handal pada tiap episodenya. Kamu bisa menontonnya di sini.
8. The Kindness Diaries
Jika kamu mencari dokumenter travel yang inspiratif dan penuh pesan positif, cobalah tonton The Kindness Diaries. Serial ini menceritakan seorang TV host, Leon Logothetis, traveling menggunakan motor tuanya sambil menyebarkan kebaikan ke berbagai wilayah dunia. Kamu bisa menontonnya di sini.