icon
icon
article hero

Rindu Masjidil Haram? Kamu Bisa Tur Virtual ke Sana, juga 6 Masjid Terkenal Lainnya

AvatarName

Sastri  •  Sep 16, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Siapa yang tidak rindu dengan Masjidil Haram, tempat paling suci bagi umat Muslim? Masjid yang menjadi kiblat shalat ini berlokasi di tengah Kota Mekah, Arab Saudi. Jika kamu pernah menyambangi Masjidil Haram baik dalam rangka umrah maupun haji, pasti ada banyak hal yang membuatmu rindu akan tempat itu. Namun apabila kamu belum pernah menyambanginya, tak perlu berkecil hati. Kamu bisa mulai mengenal Masjidil Haram lewat tur virtual yang tersedia di sini. Lewat tur virtual 3D ini, kamu bisa melihat suasana Masjidil Haram dari layar ponsel maupun komputer/laptop. Caranya, kamu bisa membuka link ini kemudian klik gambar di bagian tengah. Jangan lupa aktifkan Adobe Flash Player-mu sebelum memulai. Kamu bisa mengarahkan kamera ke berbagai arah, dan melihat berbagai sudut Masjidil Haram. Selain menjadi tempat tersuci bagi umat Muslim, Masjidil Haram juga merupakan masjid terbesar di dunia diikuti oleh Masjid Nabawi di Madinah. Selain menjadi kiblat, Masjidil Haram juga menjadi tempat para jamaah untuk melakukan beberapa ritual wajib seperti tawaf dan sai. Selain Masjidil Haram, di sini kamu juga bisa tur virtual ke 6 masjid besar lainnya.
1. Masjid Nabawi, Madinah
 Masjid Nabawi atau Masjid Nabi didirikan secara langsung oleh Nabi Muhammad. Ini adalah masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam dan kini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Kamu bisa tur virtual Masjid Nabawi di  sini.
2. Masjid Al-Aqsa, Yerusalem
Masjid Al-Aqsa atau kerap disebut Baitulmaqdis terletak di Yerusalem, tempat yang disucikan oleh tiga agama sekaligus yaitu Islam, Yahudi, dan Kristen. Kamu bisa tur virtual Masjid Al-Aqsa di sini.
3. Masjid Agung Umayyah, Damaskus
Masjid Agung Umayyah yang terletak di pusat Kota Damaskus, Suriah, dibangun di atas tempat peribadatan Romawi. Dulu ini menjadi tempat menyembah Dewa Yupiter, dengan mengadopsi tipe bangunan Masjid Nabawi di Madinah. Kamu bisa tur virtual Masjid Agung Umayyah di sini.
4. Masjid Quba, Madinah
Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW pada 1 Hijriyah atau 622 Masehi. Kamu bisa tur virtual Masjid Quba di sini.
5. Masjid Al-Azhar, Kairo
Ini adalah masjid kampus tertua di dunia. Masjid ini pertama kali berfungsi sebagai universitas pada masa Daulat Mamalik, dan pada 1961 berubah menjadi universitas modern dengan beberapa fakultas. Kamu bisa tur virtual Masjid Al-Azhar di sini.
6. Masjid Sultan Ahmed, Istanbul
Masjid Sultan Ahmed, kerap disebut Masjid Biru, merupakan masjid terbesar di Turki yang merupakan Ibu Kota Kesultanan Utsmaniyah (1453-1923). Kamu bisa tur virtual Masjid Sultan Ahmed di sini.